Cara Mengatasi Tombol Kembali (Back) Android Tidak Berfungsi/Error

Solusi Mengatasi Tombol BACK Rusak/Error pada Smartphone Android – Ponsel pintar atau smartphone hampir sebagian besar saat ini sudah full touch screen. Meskipun beberapa masih menyematkan hard tombol home. Tahukah kalian, seiring berjalannya waktu tentu ponsel akan mengalami penurunan kinerja, salah satunya tombol kembali/ back yang rusak.

Kerusakan tombol back biasanya ditandai dengan tombol yang kadang-kadang bisa digunakan, namun lebih sering tidak bisa digunakan atau pada kondisi parah sudah tidak bisa digunakan sama sekali. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya eror pada bagian software dan hardware ponsel. Biasanya akibat ponsel yang sering mengalami over heat.

Adapun tombol home dan tombol back tidak berfungsi/error (not working) ini bisa saja terjadi pada semua smartphone Android. Baik itu HP Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Xiaomi, Oppo, Huawei, Sony, Vivo, One Plus, dan lainnya.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memperbaiki ponsel di jasa service HP. Tentu saja membutuhkan budget dan ponsel Kamu harus dibongkar alias buka segel. Bagi kalian yang mengalami masalah seperti ini namun tidak ingin melakukan service, bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini:

3 Cara Mengatasi Tombol Kembali yang Rusak di Android

1. Unroot Ponsel Kamu

Cara ini diperuntukkan bagi sobat yang baru saja melakukan rooting pada ponsel dan beberapa hari kemudian tombol back mengalami eror. Root memang menjadi salah satu penyebab kerusakan pada software ponsel, termasuk tombol back. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan unroot atau bisa juga menggunakan custopm ROM. Tombol back yang eror juga bisa terjadi karena custom ROM yang tidak compatible.

Mengatasi tombol back Android tidak berfungsi

2. Factory Reset

Tahukah sobat, factory/hard reset pada semua jenis/merk smartphone memiliki banyak manfaat, salah satu memperbaiki  kerusakan tombol back yang terjadi karena software yang eror. Eror tersebut biasanya diakibatkan pembaruan aplikasi yang memberian bugs pada smartphone Kamu.

Factory reset akan mengembalikan setelan ponsel Kamu ke setelan pabrik. Namun, sebelumnya pastikan semua data-data penting di memori internal sudah terbackup.

Mengatasi tombol back Android tidak berfungsi

3. Gunakan Aplikasi Assitive Touch Android

Bagi pengguna iPhone atau OS iOS mungkin sudah sangat familiar dengan aplikasi Assitive Touch. Karena memang semua ponsel iPhone sudah dibekali dengan aplikasi tersebut. Untuk kalian pengguna Android juga bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai pengganti tombol back. Tenang saja, aplikasi tombol back dan home tersebut tetap bisa bekerja sekalipun tombol back yang asli eror atau tidak berfungsi sama sekali.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Assitivie Touch Android secara gratis di Play Store. Aplikasi sejenis lainnya yang memiliki fungsi sebagai penggati tombol back seperti Navigation Bar – Soft Keys, Pie Control, Button Savior No Root dan lainnya.

Mengatasi tombol back Android tidak berfungsi

Simak lainnya: Mengatasi Touch Screen tidak Berfungsi atau Error

Nah sobat, itu tadi beberapa cara yang bisa Kamu gunakan untuk mengatasi tombol kembali/ back yang rusak di ponsel Android. So, Kamu nggak perlu mengeluarkan budget lebih untuk menservice ponsel Kamu. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *