Tips Atasi Lag di Android dengan Fitur Developer Options Tanpa Root

Tips Atasi Lag di Android dengan Fitur Developer Options Tanpa Root

Cara Mengatasi Lag di Android dengan Fitur Developer Options Tanpa Root –¬†Responsivitas Android merupakan salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna karena akan mempengaruhi kinerjanya. Jika responsivitas Android menurun tentunya pengguna tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat.

Bahkan, seringkali pengguna dibuat bad mood karena kondisi lag ini tidak bisa membuatnya melakukan proses dengan multitasking. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut kami berikan tips mengatasi lag di Android dengan fitur developer options tanpa root.

Setting Fitur Developer Options untuk Atasi Lag di Android

Lag di Android biasanya terjadi karena kondisi smartphone yang lelah akibat banyaknya sistem maupun aplikasi yang berjalan. Selain itu, lag juga bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang sehingga menyedot kapasitas RAM. Bahkan, lag ini seringkali terjadi ketika digunakan untuk bermain game-game yang cukup berat.

Untuk mengatasi Android lemot, beberapa orang biasanya menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga untuk melakukan booster sehingga perangkat terhindar dari lemot. Aplikasi yang paling sering digunakan yaitu DU speed booster. Namun, dengan menggunakan aplikasi tentunya akan sedikit menguras memori pada perangkat.

Sebenarnya, lag di Android bisa diatasi dengan melakukan beberapa settingan pada fitur developer options atau opsi pengembang. Fitur ini sudah ada pada perangkat tanpa perlu melakukan root, namun keberadaannya disembunyikan oleh pihak pengembang Android. Fitur ini sangat berguna untuk mempercanggih smartphone kamu seperti USB debugging, bug report, CU usage overlay serta beberapa kecanggihan lainnya.

Tips mengatasi lag di Android tanpa root dengan menggunakan fitur developer options sangat cepat dan mudah. Namun, hal yang perlu diperhatikan yaitu pemilik perangkat harus menampilkan fitur ini terlebih dahulu sebelum melakukan setting.

Langkah-langkah dalam setting fitur developer options untuk atasi lag di Android

1) Langkah pertama yaitu masuklah ke menu pengaturan (setting) yang ada di Adnroid.
2) Kemudian geser layar ke bawah sampai menemukan menu developer options (opsi pengembang). Selanjutnya pilih dan klik opsi pengembang tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan untuk mempercanggih Android kamu.
Tips Atasi Lag di Android Tanpa Root
3) Untuk bisa melakukan setting pada fitur developer option, kamu perlu mengaktifkan menu opsi pengembang terlebih dahulu yang terletak pada bagian paling atas sebelah kanan. Jika muncul kotak dialog pemberitahuan, klik OK.
Tips Atasi Lag di Android Tanpa Root
4) Pada opsi skala animasi jendela, skala animasi transisi dan skala durasi animator, ubahlah askala animasinya menjadi 0,5.
Tips Atasi Lag di Android Tanpa Root
5) Setelah itu, scroll layar ke bawah dan centang pada opsi paksakan perenderan GPU, aktifkan 4x MSAA dan nonaktifkan overlay perangkat.
Tips Atasi Lag di Android Tanpa Root
6) Selanjutnya, scroll layar ke bawah lagi dan centang pada opsi jangan simpan aktivitas dan tampilkan semua ANRs. Selain itu, ubah opsi batasi proses latar belakang menjadi paling banyak 3 proses.
Tips Atasi Lag di Android Tanpa Root
7) Langkah terakhir yaitu melakukan restart pada Android dan lag tidak akan terjadi lagi setelah perangkat menyala.

Simak juga: Cara Menyembunyikan Menu Developer Options di Settings Android

Nah, itulah tadi informasi menarik terkait tips mengatasi lag di Android dengan fitur developer options yang bisa kau praktekkan saat perangkat mulai lemot. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *