Cara Terbaru Private File yang Diupload ke Google Drive

Cara Private File yang Diupload ke Google Drive – Google Drive merupakan layanan dari Google yang sebenarnya bisa Kamu maksimalkan untuk berbagai kepentingan, terutama untuk menyimpan dan berbagi file. Tidak hanya untuk file dokumen saja, di Google Drive dengan kapasitas 15 GB bisa Kamu gunakan untuk menyimpan file video, musik, audio dan juga gambar. Namun buat kalian yang sering upload-upload file ke Google Drive, pasti pernah punya file yang ingin di privasi. Privasi file juga berguna untuk melakukan lock pada file-file lama agar tidak mudah dicuri atau disalahgunakan.

Sudah tahu cara privare file yang diupload ke Google Drive? Perlu diketahui, bahwa file-file yang kalian upload melalui layanan ini pada kondisi defaultnya bisa dilihat dan dibagikan untuk semua orang. Sehingga jika kalian ingin menyembunyikan file yang di upload di Google Drive, perlu mengatur settingan agar file menjadi diprivat. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menyembunyikan File yang Diunggah di Google Drive

Memprivasi file yang diunggah di Google Drive memang sangat penting. Mengingat file-file penting bisa saja dibaca atau disalahgunakan oleh orang lain. Layanan untuk memprivasi file sebenarnya sudah ada pada sistem file manager pada ponsel.

Namun bagaimana dengan file-file yang ada di Google Drive kita? Bisakah disembunyikan? Sayangnya, cara privare file yang diupload ke Google Drive ini bisa dilakukan dari komputer/PC atau laptop dan juga Smartphone Android. Berikut step by stepnya:

1. Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengakses akun Google Drive Kamu dan pastikan file yang ingin di privasi sudah ada dalam folder Google Drive. Selain itu, pastikan juga tidak ada file dengan nama atau akses yang sama dengan file yang akan kita sembunyikan.

Cara private file di Google Drive

2. Langkah selanjutnya, cari file yang ingin Kamu privasi atau sembunyikan. Kemudian klik icon bagikan dan tunggu hingga muncul POPUP pengaturan status seperti yang terlihat pada gambar berikut:

Cara private file di Google Drive

3. Step selanjutnya untuk mengubah pengaturan file agar terprivasi adalah dengan mengubah ikon yang berwarna hijau menjadi abu-abu. Seperti ikon-ikon pada umumnya dimana hijau berarti status “on” dan abu-abu berarti status “off” Pengaturan ini bertujuan untuk membuat opsi “Berbagi link” menjadi tidak aktif. Jika masih bingung bisa melihat ilustrasi berikut.

Cara private file di Google Drive

4. Selesai. Dengan mengikuti langkah diatas, maka orang lain tidak dapat membuka file kalian yang sudah terlanjur dibagikan URL-nya. Namun jangan khawatir, Kamu tidak akan kehilangan file tersebut, dan masih bisa membukanya.

Simak lainnya: Cara Mengatasi Limit Download di Google Drive

Itulah cara privare file yang diupload ke Google Drive. Sehingga dengan cara ini, file tertentu atau peting yang Kamu upload di Google Drive tidak bisa diakses oleh orang lain. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *