Cara Lain Menyelamatkan HP Terendam Air, 100% Work!

Tips dan Trik Mengatasi HP Terendam Air – Apa yang akan Kamu lakukan pertama kali jika tahu bahwa ponsel kesayangan kalian masuk atau bahkan terendam air? Sudah pasti kaget dan panik bukan, mengingat air yang masuk ke HP bisa saja menyebabkan HP konslet, rusak atau bahkan mati total. Terutama jika smartphone tersebut bukan jenis smartphone/ponsel yang anti air. Tenang, sebenarnya sobat nggak perlu panik berlebihan atau heboh saat tau HPnya masuk ke air. Coba beberapa tips dan trik menyelamatkan handphone terendam air berikut ini untuk membantu meminimalisir kerusakan akibat air.

HP Terendam Air? Coba Tips dan Trik Mengatasi Handphone Terendam Air

1. Jangan Nyalakan HP Sesaat Setelah Terendam Air

Pengalaman menunjukkan bahwa rata-rata orang yang panik karena HP-nya terendam biasanya langsung menyalakan HP karena khawatir dan ingin mengecek ponsel apakah rusak atau mati total. Padahal justru cara seperti ini tidak dibenarkan. Karena air yang masuk di dalam perangkat ponsel bisa menyebabkan konslet karena bereaksi dengan aliran listrik pada HP yang menyala. Saat tau HP terkena air, cukup diamkan saja dan bersabar.

2. Lepas Baterainya

Cara mengatasi handphone terendam air

Langkah kedua adalah dengan melepaskan baterainya untuk menghindari kerusakan baterai. Lepas baterai dan bersihkan dari air dengan lap. Bersihkan juga HP Kamu yang masih ada sisa-sisa air. Untuk kasus baterai tanam, bisa dengan di lap saja sampai benar-benar kering karena umumnya bagian baterailah yang paling basah.

Simak juga: Cara Kalibrasi Baterai HP yang Benar (Semua Merk HP)

3. Lepaskan Memori dan SIM Card

Cara mengatasi handphone terendam air

Lanjutkan dengan melepaskan memori dan SIM card dari ponsel. Tujuannya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada kedua komponen tersebut dan menyelamatkan data-data penting yang ada di memori eksternal ponsel.

4. Rendam HP Dengan Beras

Cara mengatasi handphone terendam air

Tips dan trik menyelamatkan handphone terendam air dengan beras sudah menjadi cara turun temurun yang paling sering diandalkan. Di lap saja tidak cukup untuk menghilangkan air di ponsel, sehingga perlu bantuan beras. Ini karena beras memiliki sifat untuk menyerap air. Namun, dalam perendamannya membutuhkan waktu 2-3 hari untuk hasil yang optimal dan air benar-benar terserap sempurna. Jika tidak ingin menggunakan beras, bisa dijemur saja di bawah sinar matahari dan jangan hadapkan layar  HP ke arah datangnya sinar. Jemur minimal 3-4 jam.

5. Pasang Kembali Komponen Ponsel

Jika sudah dipastikan benar-benar kering, maka sobat bisa langsung merakit kembali baterai, sim card dan memori card pada ponsel. Coba nyalakan ponsel, apabila memang tidak terjadi kerusakan parah akibat air, maka ponsel dapat nyala kembali tanpa ada gelembung di layar.

Baca lainnya: 7 Tips Agar Smartphone Selalu Kelihatan Baru

So, itulah tips dan trik menyelamatkan handphone terendam air. Cara ini 95% berhasil diterapkan untuk menyelamatkan ponsel yang belum terlalu lama terendam air. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *