Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Tiba-tiba Rusak Minta Diformat

Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Minta Diformat

Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Tidak Terbaca dan Minta diformat – Teknologi seringkali mengalami beberapa problematika tanpa tahu penyebabnya, salah satunya yaitu kerusakan pada SD Card. SD Card biasanya tiba-tiba mengalami eror sehingga tidak bisa terbaca di Android.

Hal ini tentu menjadi hal yang cukup mengerikan terutama jika di dalamnya terdapat file-file penting. Nah, buat kamu yang pernah mengalami hal tersebut, simak cara menyelamatkan file di SD Card yang tiba-tiba rusak tidak terbaca berikut ini.

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca dan Minta Diformat tanpa Hilang Datanya

Keberadaan kartu memori eksternal pada Android sangat dibutuhkan terutama untuk HP dengan spesifikasi yang cukup rendah. Dengan adanya SD Card ini maka kau bisa memberikan ruang lebih untuk menyimpan file lebih banyak lagi. Selain itu, kartu memori ini juga akan membantu keep data atau file lainnya dari memori internal di Android saat dilakukan reset factory.

Namun, saat menggunakan SD Card ini juga perlu berhati-hati karena rentan terhadap eror dimana yang paling sering terjadi yaitu tidak terbaca Android sama sekali. Nah, saat tiba-tiba SD Card mengalami kerusakan sehingga tidak dapat terbaca di Android, kamu tidak perlu merasa gelisah lagi.

SD Card tersebut juga tidak perlu dibuang karena sebenarnya kartu memori tersebut masih bisa digunakan. Beberapa SD Card yang tidak terbaca di Android juga masih bisa terbaca di C.

Untuk memperbaiki SD Card yang tidak terbaca dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut ini.

1. Membersihkan Kartu Memori

SD Card yang tidak terbaca kemungkinan disebabkan karena kondisinya yang kotor, terutama pada bagian lempengan tembaganya. Oleh sebab itu, cara termudah yang bisa dilakukan agar kartu memori bisa terbaca lagi yaitu dengan membersihkan bagian lempeng tembaga tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan penghapus pensil berwarna putih untuk membersihkannya dari goresan-goresan maupun kotoran yang menempel.

Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Minta Diformat

Baca juga: Mengatasi File di Kartu Memori Tiba-tiba Hilang di HP Android

2. Cek Eror Menggunakan PC

Jika langkah pertama tadi tidak berhasil, maka bisa menggunakan bantuan PC untuk melakukan pengecekan pada SD Card. Adapun langkah-langkah cek eror menggunakan PC yaitu:

a) Langkah awal yang harus dilakukan yaitu menghubungkan Android dengan PC dalam mode Mass Storage Mode (MSC).
b) Setelah itu, bukalah Windows Explorer pada PC, maka akan terdapat beberapa pilihan Drive dan pilihlah Drive SD Card kamu.
Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Minta Diformat
c) Pada Drive SD Card tersebut, klik kanan dan pilihlah opsi Properties.
Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Minta Diformat
d) Kemudian klik pilihan Tools.
Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Minta Diformat
e) Selanjutnya pilih dan klik Error Checking, maka secara otomatis PC akan melakukan pengecekan terhadap SD Card kamu.
Cara Menyelamatkan File di SDcard yang Minta Diformat
f) Setelah proses checking selesai, eject kartu memori kamu dari PC dan lakukan pengecekan menggunakan Android apakah SD Card tersebut sudah bisa terbaca atau belum.

Simak lainnya: Cara Terbaru Partisi Memori Micro SD Card HP Android tanpa PC

Nah, itulah tadi beberapa cara mudah untuk menyelamatkan SD Card yang tidak terbaca di Android. Semoga informasi di atas dapat membantu mengatasi masalah kerusakan kartu memori kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *