Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakan RAM dan Ruang Data di Android – Setiap aplikasi di Android akan menyedot ruang memori maupun RAM di dalamnya dimana semakin sering aplikasi tersebut dijalankan maka semakin banyak RAM yang digunakan. Kapasitas RAM hanya bisa berkurang oleh aplikasi yang sedang berjalan.

Penggunaan RAM yang berlebihan sangat berpengaruh terhadap performa sebuah Android. Untuk itu cara mengetahui aplikasi yang banyak memakan RAM perlu dipahami agar bisa meminimalisir Android menjadi lemot.

Cara Melihat Aplikasi dan Game yang Menyedot RAM

Pemahaman tentang aplikasi yang banyak memakan RAM sangat penting untuk mencegah RAM penuh sehingga tidak mengganggu performa Android. Jika Anda mengetahui aplikasi apa saja yang memakan RAM di Android, maka aplikasi tersebut bisa dihentikan layanannya sehingga penggunaan RAM akan berkurang. Pengguna juga bisa memilih menghapus aplikasi tersebut jika dirasa tidak diperlukan.

Untuk bisa melihat jumlah RAM yang digunakan oleh setiap aplikasi dapat dilakukan tanpa menggunakan bantuan aplikasi. Cara melihatnya sangat mudah dan cepat hanya dengan memanfaatkan fitur bawaan di Android. Adapun cara mengetahui aplikasi yang banyak memakan RAM HP yaitu:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membuka menu “Pengaturan (Setting)” pada Android.

2. Setelah itu, pilihlah opsi “Manager Aplikasi”, maka akan muncul semua aplikasi yang terinstall di Android. Jika masih belum menemukannya biasanya manager aplikasi berada di pengaturan tambahan. Setiap perangkat memiliki letak yang berbeda-beda.

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memakan RAM/Memori Paling Besar

3. Untuk melihat kondisi penggunaan RAM dan aplikasi apa saja yang memanfaatkannya dapat dilihat pada pilihan “Berjalan”. Jika tidak langsung menemukannya, geser layar Androi ke arah kiri sapai menemukan tulisan “Berjalan” di bagian atas.

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memakan RAM/Memori Paling Besar

Pada layar tersebut akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan beserta informasi penggunaan RAM untuk setiap aplikasi yang berjalan. Geserlah layar ke atas dan ke bawah untuk melihat aplikasi apa saja yang banyak memakan RAM.

4. Jika ingin menghentikan aplikasi berjalan yang menyedot penggunaan RAM, Anda bisa menghentikannya dengan mengklik aplikasi yang akan dihentikan.

5. Setelah itu, klik semua tombol yang bertuliskan “Stop” untuk menghentikan layanan.

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memakan RAM/Memori Paling Besar

6. Secara otomatis aplikasi yang telah dihentikan tidak lagi berjalan dan menggunakan RAM. Bahkan, aplikasi tersebut juga tidak ditemukan lagi pada daftar aplikasi berjalan.

Pada intinya, aplikasi yang banyak memakan RAM tidak tergantung pada berat atau ringannya aplikasi, melainkan didasarkan pada seberapa sering penggunaan aplikasi tersebut.

Aplikasi yang membutuhkan ruang data besar bisa jadi menggunakan RAM sedikit, sedangkan aplikasi ringan malah menyedot penggunaan RAM. Aplikasi yang banyak menyedot RAM biasanya adalah browser, facebook atau BBM dimana aplikasi ini sering digunakan.

Selanjutnya baca: 7 Cara Ampuh Mengatasi RAM Android Yang Cepat Penuh

Nah, itulah tadi cara mudah untuk mengetahui aplikasi yang menguras penggunaan RAM di Android tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *