Cara Terbaru Mengatasi “Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti” di Android

Cara Mengatasi “Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti” atau Stopped Working di HP Android – Keyboard AOSP atau Android Open Source Project merupakan keyboard yang biasa digunakan pada android. Hampir semua keyboard secara default bawaan pabrik menggunakan AOSP. Keyboard AOSP cukup simpel dan mudah digunakan, namun terkadang, keyboard AOSP suka mengalami masalah dan error yang menyatakan kalau keyboard telah berhenti. Biasanya akan muncul pesan “Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti” atau “Android Keyboard AOSP has Stopped”.

Kalau pesan ini telah muncul, itu artinya keyboard AOSP Anda tidak bisa digunakan dan tidak akan muncul. Padahal peranan keyboard jelas sangat penting pada smartphone Anda. Jika keyboard Anda telah berhenti, maka Anda pun tak akan bisa menggunakan smartphone untuk mengetik pesan apa pun. Apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Biasanya, penyebab keyboard AOSP tidak dapat digunakan karena cache dan data yang menumpuk, sehingga terjadi masalah pada RAM.

Lalu, bagaimana cara mengatasi keyboard AOSP yang error atau bermasalah? Dan berikut ini adalah cara mengatasi keyboard AOSP yang telah berhenti pada android, antara lain :

Hapus Data dan Data Cache

Mengatasi keyboard hp error telah berhenti tiba-tiba

Munculnya pesan “Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti” di android ini, sering kali terjadi karena penumpukan data cache yang tidak pernah dihapus, sehingga hal ini membuat aplikasi keyboard menjadi terganggu. Agar keyboard AOSP berfungsi kembali, segera hapus sampah data cache pada aplikasi. Caranya adalah, masuk ke pengaturan, lalu klik aplikasi, cari keyboard AOSP, Kemudian hapus cache dan data.

Matikan Smartphone dan Reboot

Jika data cache telah dihapus namun keyboard belum muncul juga, coba Anda matikan smartphone terlebih dahulu kemudian reboot. Bisa juga Anda lakukan setelah mematikan smartphone, lalu cabut baterai dan kartu SIM, kemudian diamkan beberapa detik. Selanjutnya pasang kembali dan nyalakan smartphone. Tujuannya untuk melakukan pemuatan ulang terhadap sistem android.

Menggunakan Aplikasi Keyboard Lain

Mengatasi keyboard hp error telah berhenti tiba-tiba

Jika masalah keyboard AOSP sering terjadi pada saat Anda sedang mengetik, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba menggunakan aplikasi keyboard lain, salah satunya Google Keyboard. Anda bisa pasang pada playstore, selain Google Keyboard juga banyak pilihan lain.

Factory Reset

Mengatasi keyboard hp error telah berhenti tiba-tiba

Kalau ternyata Anda telah menggunakan aplikasi lain namun masih error juga, salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah reset ulang ke setelan pabrik. Tapi sebaiknya, sebelum melakukan reset ulang, pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Simak juga: 7 Aplikasi Keyboard Android Terbaik

Setelah smartphone Anda aktif kembali, maka tampilan akan seperti setelan bawaan pabrik. Biasanya, smartphone akan bekerja dan digunakan lagi dengan baik. Demikian ulasan mengenai cara mengatasi “Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti“ di android. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *