Cara Mengatasi Kamera Gagal (Error) di Semua Merk HP Android

Cara Mengatasi Camera Gagal (Error) Pada HP Android (Semua Merk dan Seri) – Saat ini, kamera android menjadi fitur yang memiliki peranan penting bagi seseorang dalam memilih atau memiliki smartphone. Dengan adanya sosial media yang membuat orang terhubung dengan banyak pihak, berbagi gambar keseharian ataupun hal-hal menarik lainnya, seakan menjadi keharusan untuk membagikannya dengan khalayak ramai atau sekedar kepada teman-teman yang berada di friendlist saja.

Namun, tentu akan sangat menjengkelkan jika terdapat sesuatu adegan, kejadian, spot yang sangat menarik, namun kamera android Anda mengalami masalah. Tidak bisa untuk melakukan pengambilan gambar dikarenakan error. Hal ini tentu akan sangat menjengkelkan buat Anda, bisa-bisa sesuatu yang menarik itu akan berlalu begitu saja.

Jangan buru-buru kesal ataupun panik. Lakukan beberapa cara ini untuk memperbaiki aplikasi kameramu agar bisa digunakan seperti sedia kala.

Cara cepat mengatasi kamera gagal/error di smartphone Android

1. Reboot

Mengatasi kamera hp Android error

Anda bisa melakukan reboot ulang pada smartphone Anda. Matikan beberapa saat smartphone Anda, lepas memori eksternal dan juga sim card yang Anda miliki. Diamkan sekitar satu menit sebelum Anda mulai memasang dan mengaktifkan kembali smartphone Anda. Setelah ponsel menyala, cobalah buka aplikasi kamera. Bisa jadi hal ini dapat mengatasi kamera error yang sedang terjadi.

2. Hentikan aplikasi dan hapus data

Jika saja cara pertama tidak dapat mengatasi masalah yang terjadi, Anda bisa menghentikan dengan paksa aplikasi yang sedang berjalan. Biasanya ini dimaksudkan untuk kamera bawaan dari smartphone. Setelah itu hapus data dari aplikasi ini. Penghapusan data ini juga dimaksudkan untuk menghapus cache yang ada di dalam aplikasi ini. Biasanya, suatu aplikasi menjadi error atau gagal beroperasi, bisa dikarena sampah elektroni, atau cache yang menumpuk.

Masuklah ke bagian Pengaturan kemudian pilihlah menu Aplikasi. Scroll hingga Anda menukan aplikasi Kamera, kemudian klik. Tekan Hapus Data dan juga paksa berhenti. Kemudia  keluar dan buka kembali aplikasi kamera.

Mengatasi kamera hp Android error

 

3. Download aplikasi kamera

Jika kamera bawaan smartphone mengalami masalah yang tak kunjung diketahui permasalahannya, namun  untuk membawanya ke counter service masih males melakukannya, Anda bisa gunakan aplikasi kamera dari pihak luar. Anda bisa mendownloadnya di Playstore secara gratis dan juga aman. Ada banyak aplikasi kamera yang memiliki fitur-fitur menarik tersedia di sana. Anda bisa memilih salah satunya dan instal di smartphone Anda.

Mengatasi kamera hp Android error

 

4. Scan aplikasi kamera

Aplikasi kamera bermasalah bisa jadi dikarenakan terdapat virus di smartphone Anda yang menganggu kinerja suatu aplikasi. Gunakanlah antivirus untuk melakukan scan pada smartphone Anda. Jika terdapat virus, dengan aplikasi anti virus ini akan bisa diatasi dengan segera. Sehingga aplikasi kamera yang terganggu bisa berjalan dengan normal kembali.

Mengatasi kamera hp Android error

 

5. Factory reset

Jika segala cara telah dilakukan untuk mengatasi masalah kamera error belum juga teratasi, Ada baiknya Anda melakukan factory reset pada smartphone yang dimiliki. Ini dimaksudkan agar semua pengaturan yang ada bisa kembali seperti saat pertama kali ponsel digunakan atau mengembalikan ke pegantura  pabrik.

Mengatasi kamera hp Android error

Jika dalam kelima cara di atas masih belum bisa juga mengatasi permasalaha  kamera yang error, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk membawa smartphone ke service untuk diperbaiki lebih baik.

Simak juga: Cara Mengatasi Aplikasi Android Force Closes Tanpa Root

Demikian beberapa cara mengatasi kamera error pada HP android tanpa root, semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda mengatasi permasalahan yang ada. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *