Cara Mengatasi Memori Penyimpanan Data Penuh di Android

Mengatasi Memori Penyimpanan Data Internal Penuh di Android – Sebagai perangkat yang sering digunakan, mungkin Android sobat pernah mengalami yang namanya “penggunaan data penuh”. Biasanya notifikasi seperti ini akan muncul saat pengaturan “data usage” di menu setting memang sudah diatur untuk batas-batas data tertentu. Fitur ini memang tersedia di perangkat Android dengan menghitung dan menampilkan grafik penggunaan data seluler yang kita gunakan.

Tujuannya sih memang baik karena untuk menghemat penggunaan kuota, namun jika terlalu sering muncul notifikasi seperti ini, pasti cukup mengganggu bukan? Sebelum semakin mengganggu aktivitas kalian, ini cara mengatasi dan menghapus penggunaan data yang penuh di Android.

3 Cara Mengatasi Penggunaan Memori Penyimpanan Data Penuh di Android

1. Mengganti Pengaturan Data Usage

Mengatasi Memori Penyimpanan Data Penuh di HP

Cara yang pertama adalah dengan mengubah peraturan di menu data usage untuk melakukan set ulang. Masuk ke menu Setting > Data Usage > Centang di “Set Mobile Data Limit”. Disini sobat bisa mengganti batasan data yang diinginkan. Sehingga agar tidak terlalu sering mendapatkan notifikasi, bisa di set minimal 1 Gb.

2. Melakukan Factory Reset

Mengatasi Memori Penyimpanan Data Penuh di HP

Factory reset atau mengembalikan ponsel ke setelan pabrik juga merupakan salah satu cara mengatasi dan menghapus penggunaan data yang penuh di Android. Factory reset akan membantu Kamu untuk menghapus seluruh riwayat penggunaan data yang memakan memori Kamu.

Tenang saja, cara ini sangat aman untuk digunakan karena tidak akan menghapus data-data penting di Memori Eksternal. Sehingga perlu dilakukan back up data terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu cara melakukan factory reset, begini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu pengaturan atau “Setting”
  • Setelah itu scroll kebawah dan temuka “Additional Settings” atau pengaturan tambahan.
  • Kemudian Pilih opsi “Backup & Riset” dan dilanjutkan memilih “Factory Data Reset”
  • Terakhir, pilih “All Files On The Phone”. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa menit tergantung banyaknya penggunaan data di ponsel kalian.

 

3. Menggunakan Root

Mengatasi Memori Penyimpanan Data Penuh di HP

Cara yang ketiga untuk mengatasi data penuh di Android, sobat bisa memanfaatkan fitur root. Cara ini bisa menghapus penggunaan data di ponsel secara permanen. Untuk penggunakannya, sobat perlu masuk ke sistem roor dan menggunakan aplikasi explorer (misalnya ES File Explorer) untuk melakukan rooting.

Simak juga: Tips Memaksimalkan Memori Internal Kecil pada Smartphone

Setelah itu tinggal membuka aplikasi tersebut dan masuk ke menu /data/system/netstats. Tunggu hingga proses selesai dan data di sistem ponsel Kamu akan terhapus. Disarankan untuk melakukan unroot kembali.

Itulah 3 cara mengatasi dan menghapus penggunaan data yang penuh di Android. Dengan cara ini, sobat tidak akan dibuat pusing lagi dengan seringnya pemberitahuan penggunaan data. Semoga infrormasi ini bermanfaat untuk pembaca yang sedang mengalami permasalahan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *