Cara Terbaru Mengetahui Negara Asal Pembuatan iPhone Asli

Cara Mudah Mengetahui Kode Negara Asal Pembuatan iPhone Asli – Masih banyak orang yang salah kaprah tentang ketika mendapati label “assembled in China” di bagian kotak iPhone, itu berarti produk tersebut buatan China. Bahkan ada yang menganggap, saat dia membaca label tersebut bahwa iPhone-nya palsu dan buatan China. Apakah Anda juga pernah memikirkan hal yang sama?

Sebenarnya, label “assembled in China” hanya mengutarakan bahwa produk tersebut dirakit di China, bukan buatan China. Jadi, selama Anda membeli di toko resmi dan mendapati pada bagian box kemasan kata-kata seperti itu, bukan berarti iPhone Anda palsu atau ada “something” yang mengkhawatirkan. iPhone Anda tetap dibuat ditempat lain, hanya karena faktor bisnislah maka ada produk smartphone iPhone dirakit di kota tersebut.

Jika masih belum mempercayai bahwa iPhone Anda berasa dari negeri lain, ada cara mudah mengetahui negara asal pembuatan iPhone. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan cara yang sederhana.

Cara mudah mengetahui asal iPhone Anda dari negara mana

Berikut ini beberapa cara mengetahui negara asal produksi iPhone Anda. Caranya sangat gampang. Patut diketahui sebelum dan sesudah membeli iPhone. Karena cara mengetahuinnya juga dapat dilakukan baik sebelum maupun telah membeli iPhone baru.

Cara ini dapat dilakukan pada semua tipe dan iOS iPhone, baik itu iOS 11, iOS 10, iOS 9, iOS 8 dan seterusnya. Entah itu pengguna iPhone SE, iPhone 6s plus, iPhone 6s, iPhone 6 plus, iPhone 6, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone X, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone SE, iPhone 6s Plus, iPhone 6s, iPhone 6 Plus, iPhone 6, iPhone 5 dan lainnya.

Simak juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik di iPhone

Mengecek Melalui Pengaturan iPhone

Langkah pertama yang haru Anda lakukan untuk mengetahui asal negara iPhone Anda adalah :

  1. Masuklah ke setting atau bagian pengaturan iPhone Anda.
  2. Pilih General, kemudian About
  3. Setelah Anda menekan About, akan ada deretan menu yang berjajar. Cari kata Model di deretan tersebut dengan men-scroll hingga ke bawah. Akan terdapat kode di baris kata Model tersebut.

Kode yang tertera di bagian Model tersebut merupakan kode asal negara di mana iPhone Anda dibuat. Perhatian dua huruf terakhir dari kode tersebut. Karena kode tersebutlah yang menunjukan nama Negara asal iPhone Anda.

Misal kode tersebut bertuliskan ME033A/A. Maka A/ merupakan kode negara Kanada. Di situlah iPhone Anda pertama kali dibuat.

Simak dulu: Cara Memperkuat Sinyal iPhone Field Test Mode

Berikut adalah beberapa kode negara tempat iPhone di produksi:

KODE NEGARA
AB Mesir, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab
B Irlandia, Inggris, Juga digunakan untuk replacement
BR Brazil (Dirakit di Brazil)
BZ Brazil (Dirakit di Cina)
C Kanada
CH Cina
CZ Republik Ceko
D Jerman
DN Austria, Jerman, Belanda
E Meksiko
EE Estonia
FB Perancis, Luksemburg
FD Austria, liechtensein, Swiss
GR Yunani
HN India
ID atau SA Indonesia
IP Italia
HB Israel
J Jepang
KN Norwegia
KS Finlandia, Swedia
LA Kolombia, Ekuador, El Savador, Guatemala, Honduras, Peru
LE Argentina
LL Amerika Serikat
LZ Chili, Paraguay, Uruguay
MG Hongaria
NF Belgia, Perancis, Luksemburg
PL Polandia
PO Portugal
PP Philiphine
RO Rumania
RS Rusia
SL Slovakia
SO Afrika Selatan
T Italia
TA Taiwan
TU Turki
X Australia, Selandia Baru
Y Spanyol
ZA Singapura
ZP Hong Kong, Macau

Sebenarnya, tanpa melalui pengaturan dari smartphone iPhone langsung, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui box dari kemasan handphone Anda. Di belakang box tersebut, selain terdapat nomor IMEI dan penjelasan lain, ada kode model yang tertera.

Jadi, jika Anda baru ingin membeli iPhone dan kemasan belum dibuka, bisa mengecek negara asal pembuatan melalui bagian belakang kotak kemasannya.

Mengecek Melalui Website

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek asal pembuatan iPhone adalah dengan mengujungi situs atau webside yang menyediakan layanan pemerikan asal negara pembuatan iPhone. Seperti webiste iPhoneFrom.com.

Pada situs ini, jika Anda masih tidak memiliki keyakinan dengan menggunakan kode, bisa melakukan pemeriksaan kembali atas kepemilikan iPhone Anda. Banyak sudah pengguna iPhone yang menggunakan situs ini untuk mengecek asal-muasal pembuatan iPhone. Jadi situs ini termasuk yang bisa dipercaya informasinya.

Namun yang harus Anda ketahui, situs ini tidak melakukan pengecekan dengan memasukan serial number atau IMEI untuk pengecekan kode asal, namun menggunakan kode model handphone atau iDevice.

Lainnya: Cara Mengatasi WiFi iPhone Tidak Bisa Diaktifkan

Penggunaan situs ini juga tidak akan terlalu membuat Anda bingung. Langkah-langkahnya termasuk yang sederhana. Setelah Anda berada pada layar website tersebut, akan ada kolom yang harus Anda isi dengan kode model. Cara mendapatkan kode model telah diterangkan di atas atau bisa melalui bagian belakang kotak iPhone.

Setelah Anda memasukan kode model iPhone di tempat yang telah ditentukan, tekan check dan tunggu beberapa saat. Layar akan menunjukan hasil, yang bukan hanya akan menunjukan negara asal pembuatan iPhone Anda saja, namun berbagai informasi lain yang tidak kalah pentingnya.

Demikian cara mudah mengetahui negara asal pembuatan iPhone. Semoga cara ini dapat membantu Anda dan demi kehati-hatian dalam pembelian. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *