Cara Kalibrasi Baterai HP yang Benar (Semua Merk HP)

Cara Kalibrasi Baterai Smartphone yang Benar – Berlaku untuk semua vendor HP, baik itu HP Samsung, Asus Zenfone, Xiaomi, Oppo, Huawei, iPhone, VIvo, One Plus, dan lainnya. Jika menilik permasalahan baterai HP yang boros, sering ngechas, tidak bisa dichas atau indikator baterai yang tidak sesuai, sebenarnya ini bukan merupakan permasalahan yang baru bagi sebuah ponsel pintar seperti Android. Semakin lama digunakan, semakin berkurang kemampuan baterai ponsel untuk bertahan. Disinilah pentingnya melakukan kalibrasi baterai HP untuk membantu meningkatkan kinerja baterai ponsel kalian.

Apasih kalibrasi baterai? Kalibrasi baterai HP merupakan suatu tindakan untuk melakukan pengaturan ulang atau mereset baterai dengan cara yang benar. Sebenarnya di ponsel Android sudah dibekali dengan fitur kalibrasi bernama battery stats yang berguna untuk memonitoring penggunaan kapasitas baterai yang direpresentasikan dalam bentuk persentase.

Namun sayangnya fitur ini belum dapat dimaksimalkan untuk mendeteksi kondisi baterai, sehingga diperlukan cara kalibrasi manual. Sobat ada yang mengalami permasalahan pada baterai ponsel? Begini cara kalibrasi baterai HP yang benar agar lebih awet.

Begini Cara Kalibrasi Baterasi HP yang Benar Agar Lebih Awet

Cara kalibrasi baterai HP yang benar agar baterai ponsel lebih awet dan tahan lama, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pastikan untuk mengikuti step by step dengan benar.

1. Pertama-tama yang perlu Kamu lakukan adalah dengan menghabiskan seluruh daya baterai hingga ponsel kalian mati sendiri alias nol persen. Namun perlu menjadi catatan bahwa untuk menghabiskan daya ini, ponsel tidak boleh sambil digunakan. Gunakan secara normal saja misalnya SMS atau menelpon. Jangan digunakan untuk bermain game.

2. Pastikan benar-benar bahwa ponsel kalian memang sudah mati karena kehabisan daya dengan menekan-menekan tombol power. Jika baterai memang sudah kosong, maka tidak akan ada reaksi saat ditekan tombol power.

Cara tepat kalibrasi baterai HP

3. Langkah selanjutnya adalah melakukan isi ulang pada baterai dengan cara di chas seperti biasa. Isi daya baterai ponsel hingga terisi penuh 100% dan biarkan pengisian tetap berlanjut dalam 4 jam. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa baterai ponsel kita benar-benar terisi penuh layaknya melakukan pengisian pada ponsel baru.

Cara tepat kalibrasi baterai HP

4. Jika memang dirasa sudah cukup, Kamu bisa menyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol power.

Simak juga: Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP tidak Bisa Dicharge

5. Untuk mengecek apakah kalibrasi baterai sudah berhasil atau belum, adalah dengan melihat indikator prosentase baterai HP. Jika baterai langsung berubah ke 99%, maka kalibrasi belum berhasil sehingga harus mengulangi proses diatas dari awal.

Cara tepat kalibrasi baterai HP

Namun jika baterai tetap 100% dalam jangka waktu lama, berarti proses kalibrasi sudah berhasil dilakukan.

Nah, itulah tadi cara kalibrasi baterai HP yang benar untuk membuat baterai ponsel kalian lebih awet layaknya HP baru. Jika kalian melakukan setiap proses dengan benar, maka kemungkinan besar kalibrasi baterai akan berhasil. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *