Berbagai Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Berbagai Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara Kalibrasi Baterai HP Android tanpa Root – Seperti yang Anda ketahui, baterai merupakan sumber daya demi keberlangsungan atau selalu menyalanya smartphone Anda. Baterai merupakan penyimpan daya agar android Anda selalu berjalan sebagai mana fungsi.

Adapun cara kalibrasi baterai Android kali ini dapat Anda terapkan pada semua smartphone Android, mulai dari kalibrasi baterai Samsung, kalibrasi baterai Xiaomi, Oppo, Asus Zenfone, Vivo, Google Pixel, Blackberry Android, Nokia Android, Huawei, One Plus dan smartphone Android lainnya.

Setiap baterai memiliki kapasitas sendiri yang dipasang oleh para vendor smartphone. Masing-masing smartphone memiliki kapasitas daya yang berbeda-beda. Namun, kapasitas ini tidak bisa dilihat secara langsung. Biasanya bar baterai hanya menunjukan persentase kapasitas yang dimiliki.

Pada saat membeli, bisa saja pembacaannya akan bisa terlihat dengan benar, namun seiring berjalannya waktu, persentase tersebut bisa saja berbeda dengan kapasitas baterai yang dimiliki. Pada saat hal ini terjadi, maka kalibrasi baterai sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat akurasi pembacaan persentase baterai.

Dengan melakukan kalibrasi baterai, selain mengetahui secara akurat kapasitas daya baterai Anda, hal ini juga akan membantu untuk meningkatkan performa baterai smartphone. Kinerja baterai akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan dalam melakukan kalibrasi baterai tanpa root yang bisa dicoba.

Cara kalibrasi baterai android secara manual (tanpa root)

Ini termasuk cara paling umum yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Gunakan smartphone Anda hingga baterai habis dan perangkat android Anda mati dengan sendirinya.

2. Isi ulang atau charger smartphone Anda hingga 100% atau full dan jangan sampai terjadi pemutusan pengisian dengan alasan apapun. Atau Anda sebaiknya mengulang kembali.

3. Diamkan selama satu jam sebelum Anda menyalakannya kembali. Selesai. Anda melakukannya secara berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang memuaskan Anda.

Simak juga: Cara TEPAT Menghemat Daya Baterai HP Android yang Boros

Kalibrasi Baterai Dengan Aplikasi Tanpa ROOT

Aplikasi kalibrasi baterai Android tanpa root bisa Anda temukan langsung di Google Play Store. Untuk saat ini, kita akan coba gunakan salah satu aplikasi kalibrasi Android terbaik, yaitu CurrentWidget: Battery Monitor. Begini cara menggunakan aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor untuk kalibrasi baterai di HP Android.

1. Setelah terpasang widget tersebut di smartphone Anda, akan ada tampilan update kapasitas baterai Anda. Seperti yang ditandai di gambar.

Kalibrasi Baterai Dengan Aplikasi

Ada bisa mengklik laporan kemampuan baterai Anda tersebut, untuk melihat hitungan pengukuran secara berbeda-beda. Bisa dengan persentase, satuan mA, ataupun satuan V. Tergantung senyaman dan sepahaman apa akan kapasitas daya baterai Anda.

2. Charger smartphone Amda hingga menunjukan angka optimal kapasitas smartphone Anda atau hingga performa baterai mencapai 100%. Kemudian restart.

3. Selesai. Sekarang pinsel Anda sudah terkalibrasi dan tidak memiliki masalah lagi.

Demikian dua cara yang bisa Anda gunakan untuk kalibrasi baterai HP android tanpa root. Mudah, bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *