Mengenal Fungsi Google Play Service, Apa Efeknya Jika Dinonaktifkan?

Fungsi Google Play Service dan Dampak Menonaktifkan Google Play Service Tersebut – Meskipun pengguna Android saat ini sudah tak terhitung lagi banyaknya, namun ternyata tidak semuanya mengerti apa itu layanan Google Play Service. Layanan tersebut merupakan komponen yang sudah terinstal secara default dalam semua perangkat Android. Mungkin sesekali kalian akan bertanya-tanya, apa sih layanan Google Play Service, apa manfaatnya, apa efeknya jika dihapus.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sangat lumrah ditanyakan mengingat kita memang jarang menggunakan layanan tersebut. Berikut akan dibahas topik mengenal fungsi Google Play Service, apa efeknya jika dinonatifkan.

Apa Fungsi Google Play Service, Apa Efeknya Jika Dinonaktifkan? Ini Jawabannya!

Sederhananya, Google Play Service berguna untuk sebagai layanan API package untuk memperbarui aplikasi Google secara otomatis dan aplikasi-aplikasi lainnya dari Google Play. Sistem ini dapat mengakses otentikasi Google Service, pengaturan pribadi, sinkronisasi kontak dan layanan-layanan yang berbasis lokasi. Beberapa aplikasi yang dicakup dalam Google Play Service sebagian besar aplikasi dari Google seperti Google+, Gmail, Google Play, etc.

Apa Fungsi Google Play Service

Siapa bilang layanan Google Play Service hanya spam? Justru dengan layanan ini bisa meningkatkan pengalaman aplikasi pengguna seperti pencarian offline, peta yang lebih detail dan rinci serta meningkatkan pengalaman gaming. Fungsi lainnya dari Google Play Service antara lain:

  • Layanan ini mampu mendeteksi aplikasi yang dinilai berbahay bagi smartphone kalian
  • Mengelola iklan-iklan yang muncul di aplikasi gratisan
  • Memungkinkan Kamu untuk melakukan reset factory
  • Mengontrol aplikasi pihak ketiga yang terhubungan melalui akun Google kalian misalnya Google+

Sampai disini cukup dapat menyimpulkan bahwa aplikasi Google Play Service adalah legal dan bukan malware atau lainnya. Namun ada beberapa pertanyaan tentang apa akibatnya jika aplikasi atau layanan Google Play Service ini dihapus dari sistem. Sayangnya, aplikasi ini memang tidak bisa dihapus dari sistem ponsel, melainkan hanya bisa di non-aktifkan saja.

Jika memang ingin menghapusnya, maka kalian perlu melakukan root pada ponsel untuk menghilangkan aplikasi default yang disimpan dalam ROM. Tidak diketahui secara pasti apa akibatnya jika aplikasi ini dihapus. Hanya saja ponsel Android kalian tidak dapat lagi mengenali aplikasi-aplikasi berbahaya dan tidak bisa melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis.

Simak juga: 10 Aplikasi Android yang Harusnya Diblock Oleh Google Play

Dampak lainnya yang bisa terjadi jika kalian melakukan disable aplikasi Google Play Service yakni tidak bisa menjalankan beberapa aplikasi lainnya yang harus bekerja dengan layanan ini. Bagi kalian yang tetap ingin melakukan disable pada Google Play Service, bisa dengan dengan cara berikut:

Buka menu pengaturan/ settings > Applications > Slide tab All > Cari Google Play Service > Disable/ Non-aktifkan.

Apa Fungsi Google Play Service

Baca lainnya: Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Play Store Crash atau Error

Nah, itulah pembahasan terkait mengenal fungsi Google Play Service, apa efeknya jika dinonatifkan. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat buat teman-teman yang ingin melakukan disable pada layanan Google Play Service.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *