Berbagai Dampak HP Android Sering Menggunakan Tethering Hotspot

Dampak Negatif Tethering Smartphone, Amankah Menggunakan HP Untuk Modem? Tethering Hotspot merupakan fitur berbagi WiFi dengan mudah melalui perangkat smartphone. Hampir semua smartphone sudah dibekali dengan kemampuan ini. Dibanding menggunakan modem, tentu Tethering Hotspot lebih simpel dan bisa dilakukan dimana saja. Kamu bisa berbagi koneksi internet dengan teman dengan mudah.

Akan tetapi, dibalik kemampuan ponsel pintar tersebut, ternyata Tethering Hotspot menimbulkan dampak berbahaya yang bisa merusak ponsel Android sobat. Buat kalian yang hobi menyalakan Tethering Hotspot, ini dampak HP Android yang sering menggunakan Tethering Hotspot.

3 Dampak Fatal Jika Kamu Sering Menggunakan Tethering Hotspot

1. HP Kamu Jadi Gampang Rusak

dampak negatif tethering smartphone

Pernahkah ponsel Kamu mengalami panas berlebih atau overheat saat menyalakan Tethering Hotspot? Panas ini bisa menyebabkan komponen hardware dan software HP Kamu cepat rusak. Panas berlebihan dapat berdampak pada terganggunya komponen processor, termasuk software didalamnya. Dampak yang paling terasa adalah ponsel Kamu jadi semakin lemot alias suka ngelag.

2. Koneksi Internet Menjadi Terganggu

dampak negatif tethering smartphone

Tethering Hotspot juga berdampak pada terganggunya koneksi internet menjadi tidak stabil. Jika Kamu terlalu sering menggunakan Tethering Hotspot dapat menyebabkan sinyal mudah putus nyambung atau bahkan hilang sama sekali. Sehingga biasanya untuk mengatasi sinyal hilang, ponsel Kamu perlu dilakukan reset pabrik.

Baca juga: Cara Membuat Android Menjadi Modem Untuk PC/Laptop

3. Daya Baterai Melemah

dampak negatif tethering smartphone

Tahukah kalian, Tethering Hotspot ternyata juga menyebabkan dampak buruk pada kemampuan daya baterai ponsel Kamu. Panas yang ditimbulkan akibat sering menyalakan Tethering Hotspot dapat menyebabkan sel-sel baterai melemah. Bahkan pada kondisi terburuk, hal tersebut bisa menyebabkan ledakan.

Daya baterai yang melemah menjadi salah satu akibat terburuk dan paling sering dialami para pengguna smartphone yang sering menyalakan ponselnya untuk Tethering Hotspot. Karena secara tidak langsung, mau tidak mau ponsel Kamu akan mengeluarkan kemampuan dua kali lipat untuk mendapatkan sinyal cukup, sinyal untuk ponsel dan sinyal untuk perangkat yang ditethering.

Setelah membaca 3 akibat mengaktifkan mode Tethering Hotspot diatas, yakin Kamu masih mau sering-sering pakai fitur ini? Namun sebenarnya hal tersebut masih bisa diakali dengan beberapa tips agar Tethering Hotspot tidak terlalu menimbulkan dampak berbahaya bagi ponsel. Tips yang pertama, pertahankan suhu ponsel sobat dengan cara meletakkannya di lantai atau di ruangan ber-AC.

Simak lainnya: Cara Agar Hemat Tethering di HP Android, 100% Working!

Sehingga ponsel Kamu tetap terjaga suhunya dan tidak mudah panas. Tips yang kedua, usahakan untuk tidak menyalakan Tethering Hotspot terlalu lama, sehingga tidak mempengaruhi kinerja ponsel kesayangan sobat.

Nah itulah beberapa dampak yang bisa terjadi jika Kamu sering menggunakan Tethering Hotspot untuk berbagi WiFi. Tentu sobat nggak mau kan jika smartphone Kamu jadi rusak gara-gara fitur hotspot tersebut. Semoga informasi bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *