Cara Sembunyikan History Browser dari Pantauan Operator di HP Android

Cara Sembunyikan History Browser dari Pantauan Operator di HP Android

Cara Sembunyikan History Browser dari Operator (ISP) Nakal di HP Android – Beberapa orang lebih suka menyembunyikan history browser agar orang lain tidak mengetahui apa saja yang telah kita cari. Selain itu, menyembunyikan history browser juga bertujuan untuk menghindari kenakalan yang dapat dilakukan operator.

Seperti yang kita ketahui bahwa telah muncul isu bahwa beberapa operator dapat menjual history browser seseorang untuk keuntungannya. Untuk menghindari hal tersebut, berikut kai ulas cara menyembunyikan history browser dari operator nakal.

Cara Menyembunyikan Riwayat Pencarian pada Browser dari ISP Nakal

1. Sembunyikan History Pencarian di Browser dengan Pakai Mode Incognito

Cara Menyembunyikan Riwayat Browser dari ISP Nakal di HP Android

Mode incognito merupakan cara yang paling mudah dan simple dala menyembunyikan history yang ada pada sebuah browser. Mode incognito atau yang biasa disebut dengan modus penyamaran ini akan menjadikan history browser Anda tetap bersih.

Jika mode ini dinyalakan, maka semua situs yang pernah dikunjungi tidak akan tersimpan. Mode incognito ini memiliki ikon topeng mata dimana pada UC browser ikon ini akan berwarna biru jika dinyalakan.

2. Hilangkan Riwayat Pencarian, Browsing Menggunakan Aplikasi Tor Browser for Android

Cara Menyembunyikan Riwayat Browser dari ISP Nakal di HP Android

Selain melakukan pengaturan pada browser, cara menghindari operator nakal dapat dilakukan dengan menggunakan browser dengan keamanan yang tinggi seperti Orfox: Tor Browser for Android.

Aplikasi ini dilengkapi dengan enkripsi yang tinggi terhadap lalu lintas internet penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga secara otomatis akan menyimpan history browser dengan memantulkannya pada serangkaian komputer yang ada diseluruh dunia.

Baca dulu: 5 Browser Terbaik di Android Super Cepat dan Ringan

3. Browsing Menggunakan VPN agar Operator Nakal Tak Bisa Pantau

Cara Menyembunyikan Riwayat Browser dari ISP Nakal di HP Android

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menyembunyikan history browser yaitu dengan memanfaatkan teknologi VPN. VPN (Virtual Private Network) meruakan teknologi jariangan pribadi yang bersifat virtual dan tidak bisa diketahui oleh orang lain. VPN ini akan mengenkripsi lalu lintas internet pada perangkat secara otomatis sehingga tetap aman digunakan.

Hal ini akan membuat data Anda terhindar dari pencurian. Selain itu, dengan menggunakan VPN yaitu bisa melakukan akses terhadap situs yang biasanya diblokir. Kelebihan lainnya yaitu bisa memberikan batasan akses untuk negara tertentu sehingga mempermudah pencarian informasi.

Simak juga: Cara Terbaru Menggunakan VPN di Android Untuk Internet Gratis

Sebenarnya, history browser tidak perlu disembunyikan jika melakukan pencarian terhadap sesuatu yang bersifat umum dan tidak terlalu penting. Namun, jika pencarian yang kita lakukan berkaitan dengan data-data penting maka menyembunyikan history browser merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk menghindari operator nakal.

Meskipun menyembunyikan history browser akan menjamin keamanan data penggunanya, namun langkah ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu kesulitan mengunjungi kembali laman yang telah ditutup.

Jika kita menyimpan history browser, pengguna dapat membuka kembali situs yang telah ditutup sebelumnya dengan memilihnya pada history. Sedangkan jika kita tidak menyimpan riwayat penelusuran, maka harus mengulang pencarian dari awal.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan history browser dari operator nakal pada smartphone Android. Semoga bisa membantu melindungi data Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *