RANGKUMAN: Cara Reset Ulang/Factory Reset Hp Android

Cara Reset Ulang/Factory Reset Hp Android Ke Pengaturan Pabrik – Reset ulang atau factory reset adalah cara untuk menyelesaikan masalah software pada HP Android. Reset ulang sendiri bertujuan untuk mengembalikan software pada Android ke kondisi awal, seperti saat baru keluar dari pabrik. Jika Anda melakukan factory reset atau reset ulang, maka akan menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal akan terhapus seluruhnnya.

Selain itu, reset ulang atau factory reset ini juga biasa dilakukan jika orang tersebut ingin mengganti dengan perangkat lain. Dan biasanya, setiap perangkat akan terhubung dengan Google email atau Gmail yang berhubungan dengan semua akun Google milik Anda, seperti Google playstore, Google Maps, Youtube, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya reset ulang Android Anda agar akun Gmail tidak terkoneksi lagi pada perangkat android tersebut dan bisa Anda gunakan lagi pada perangkat yang baru.

Cara reset ulang smartphone Android berikut ini dapat diterapkan pada semua vendor HP OS Android, baik itu HP Samsung, Asus Zenfone, Xiaomi, Oppo, Huawei, Sony, Vivo, One Plus, dan lainnya

Ada banyak cara untuk melakukan reset ulang atau factory reset, yaitu dengan menu Backup & Reset, menggunakan kode rahasia, atau melalui Recovery Mode pada Android.

Berbagai Cara Hard/Factory Reset untuk Smartphone Android

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara reset ulang atau factory reset secara umum dengan menggunakan menu Backup & Reset pada android.

1. Pertama, masuk ke menu Setting atau Setelan pada hp android Anda.

2. Kemudian cari menu “Backup & Reset” atau “Cadangkan & Setel Ulang”, lalu klik menu tersebut.

cara reset ulang hp Android

3. Selanjutnya, tekan “Kembalikan ke setelan pabrik” atau “Factory data reset”. Biarkan tanda ceklist untuk menyalin ke server Google milik Anda. Hal ini bertujuan untuk mengamankan data dan menyalin kembali file Anda jika ingin ganti perangkat lain dan tetap menggunakan akun Google yang sama.

cara reset ulang hp Android

4. Yang terakhir, langsung tekan “reset phone” atau “Setel ulang telepon”. Selanjutnya tinggal tunggu proses resetnya sampai selesai, kurang lebih 3-10 menit tergantung dari banyaknya data dan aplikasi yang terdapat pada android Anda.

cara reset ulang hp Android

Jika sudah mengikuti cara-cara di atas, maka Android Anda akan restart kembali, atau jika tidak, Anda bisa nyalakan kembali secara manual. Dengan cara reset ulang atau factory reset ini, HP Android Anda yang memiliki masalah pada software akan kembali seperti baru lagi saat pertama kali membeli. Karena semua data dan aplikasi dengan sendirinya akan terhapus.

Cara Masuk Recovery Mode Semua Merk Hp

ACER
Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal:
Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar

ADVAN
Advan T1c:
Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.

CROSS
Cross A1 Tabmate:
Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode).

HUAWEI
Huawei X3 dan X5:
Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power

IMO
IMO Tab Z5:
Takan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).

IVIO
IVIO DE88:
Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.

LG
LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.

SAMSUNG
Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit:
Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.

Samsung Galaxy 551:
Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.

Samsung Galaxy Pro:
Tekan tombol T + Tombol Power.

Samsung Galaxy Y (Young) GSM:Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.

Samsung Galaxy W (Wonder):Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).

Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200): Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.

Samsung Galaxy Note N7000: Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.

Samsung Galaxy Mini II S6500: Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.

Samsung Galaxy Chat GT-B5330: Tekan tombol Volume Down + Home + Power.

Samsung Galaxy Ace Plus: Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jgn ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol.

SMARTFREN
Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4.

Simak juga: Cara Masuk Recovery Mode HP Android Semua Merk (Dilengkapi Gambar)

Bisa dipastikan HP Android Anda akan ringan kembali atau tidak lambat lagi karena data yang terlalu penuh dan berat. Semoga ulasan ini bisa menjadikan manfaat untuk Anda semua. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada orang-orang terdekat Anda. Selamat mencoba!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *