Cara TEPAT Menghemat Daya Baterai HP Android yang Boros

Jangan Salah!!! Begini Cara TEPAT Menghemat Daya Baterai HP Android yang Boros – Mempunyai smartphone Android pastinya harus siap-siap dengan daya baterai yang dimiliki masing-masing merk. Android terutama, terkenal dengan daya baterainya yang cepat habis alias boros. Harus punya baterai dua atau menyiapkan power bank.

Dan ternyata, memang sudah lumrah kalau hape Android terkenal dengan daya baterainya yang boros. Tidak sedikit orang yang kecewa dengan kelemahan Android yang satu ini, namun tetap saja Android menjadi pilihan utama gadget yang harus dimiliki.

Untuk pengguna Android, baterai yang cepat habis tentunya akan sangat mengganggu juga menghambat kegiatan sehari-hari saat menggunakan Android. Dan akan lebih menyiksa untuk Anda yang mempunyai hobi bermain game online atau offline di Android. Karena daya baterai akan dengan cepat habis tersedot akibat bermain game.

Dan berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat daya baterai Android yang boros, namun sebelumnya Anda harus pahami dahulu apa-apa saja yang menyebabkan daya baterai boros pada Android:

  1. Terlalu lama menyalakan hape, baiknya sih bila menggunakan Android harus menggunakan waktu. Agar baterai tidak cepat panas dan habis.
  2. Kebanyakan buka aplikasi yang tidak penting, tahukah Anda bahwa hape yang sering membuka aplikasi baik itu sedikitnya akan mengurangi daya baterao dari 30% sampai 70%.
  3. Sering me-restart hape
  4. Hape sudah di ROOT atau di modif.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Hp Panas Saat dicharge

Lalu bagaimana cara menjaga agar baterai tidak cepat boros? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Tips Menghemat Baterai hp Android yang boros cepat habis

1. Tidak perlu meng-update aplikasi bila tidak terlalu penting, dan matikan update otomatis pada pengaturan di playstore Anda
2. Gunakan jaringan SIM bila sudah memakai WIFI
3. Pakai wallpaper hitam bila Anda memiliki layar AMOLED
4. Atur tingkat kecerahan pada layar hape, caranya masuk ke pengaturan kemudian klik tampilan dan kecerahan. Tinggal di atur agar jangan terlalu terang.

Cara menghemat baterai Android yang benar

5. Jangan lupa matikan aplikasi yang berjalan pada background, caranya masuk ke “Setting » Battery & performance » Manage apps’ battery usage; kemudian pilih choose app dan akan muncul daftar seluruh aplikasi yang terpasang pada smartphone kamu. Pilih aplikasi yang ingin mendapatkan notifikasi secara realtime. Pilih aplikasi Telegram misalnya, kemudian pilih No restrictions. Terakhir pilih On pada POWER SAVING MODES.

Cara menghemat baterai Android yang benar

6. Matikan fitur “OK Google” bila tidak diperlukan
7. Matikan GPS bila Anda masih ingat dengan alamat dan jalan

Cara menghemat baterai Android yang benar

8. Pilih salah satu antara fitur getar pada tombol atau hanya nada tombol saja
9. Jangan pernah meletakkan hape di tempat-tempat yang cepat menghantarkan panas, seperti televisi, perangkat komputer dan kulkas
10. Pengaturan Sync yang baiknya di non-aktifkan, karena secara tidak sadar fitur tersebut dapat menguras baterai.

Cara menghemat baterai Android yang benar

Simak dulu: Cara Kalibrasi Baterai HP yang Benar (Semua Merk HP)

Demikianlah cara-cara ampuh menghemat daya baterai pada Android yang dapat Anda lakukan sendiri. Yang paling penting, jangan terlalu sering melihat layar Android karena efek dari sinarnya kurang baik bila dilihat dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *