Cara Ampuh Menghapus Virus Malware di Android Susah Hilang

Cara Menghapus Virus Malware di Android Susah Hilang – Mungkin Anda kadang kurang berhati-hati saat menginstal aplikasi dari pihak ke-tiga. Akibatnya, Android terserang virus dan sulit sekali dihilangkan meskipun sudah menggunakan anti virus.

Efeknya pun sangat menyebalkan; lola, nge-lag dsb. Nah, sebenarnya ada cara ampuh menghapus virus malware di Android susah hilang dilansir dari Gadget Hack.

Simak juga: 18 Virus Malware Paling Berbahaya di Smartphone

Cara Menghilangkan Virus Malware di Android Susah Hilang

Melakukan ‘Boot’ Ke ‘Safe Mode’

Membersihkan virus malware Android yang bandel

Langkah booting ke posisi ‘safe mode’ akan jauh lebih efektif ketimbang harus membeli antivirus mahal. Atau ketimbang Anda memakai smartphone yang menguras kesabaran, cara ini dinilai sangat efektif.

Modus ‘Safe Mode’ ini fungsinya sederhana, yaitu mematikan aplikasi non Play Store atau pihak ke-tiga, bahkan malware. Namun demikian, fitur ini berbeda untuk setiap smartphone-nya. Sebagian besar kita bisa menemukannya menu power kemudian pencet sedikit lama sampai muncul ‘Power Off’. Setelah itu akan muncul pilihan apakah mau boot atau ‘Safe Mode’. Pilih opsi terakhir dan smartphone akan segera melakukan reboot.

Membersihkan virus malware Android yang bandel

Tips: beberapa orang sulit menemukan fitur ‘Safe Mode’ di smartphone Android. Untuk menemukan ini bisa menggunakan cara yang lain, yaitu dengan memaksa mematikan smartphome melalui Setting–> Apps. setting –> Security –> Device Administrators. Setelah itu coba disable aplikasi yang terinfeksi virus melalui Device Administrator. Bilah sudah cepat kembali ke menu aplikasi dan masuk Setting untuk meng-uninstall. Jika memang benar-benar tidak bisa, terpaksa harus melakukan factory riset.

Uninstall Aplikasi Bermasalah

Membersihkan virus malware Android yang bandel

Setelah melakukan langkah di atas adalah dengan menghapus aplikasi bermasalah. Langsung saja ke menu setting dan temukan kumpulan aplikasi di sana. Biasanya aplikasi yang terinfeksi malware akan ada di sesi ‘Downloaded’. Lakukan scroll dan teliti aplikasi yang mencurigakan dan kurang familiar.

Namun bila tombol ‘Uninstall’ tidak bisa di klik, ini artinya aplikasi ini sudah diaktifkan menjadi administrator. Karena itu kita harus mendeaktifnya. Cukup ke ‘Device Administrator’ dan hapus centang di kotak aplikasi yang mencurigakan. Setelah itu, uninstall.

Reboot Smartphone

Membersihkan virus malware Android yang bandel

Setelah semua aplikasi yang terinfeksi virus sudah di-uninstall, saatnya kembali ‘reboot’ perangkat Android ke modus normal. Caranya cukup matikan perangkat lalu hidupkan lagi. Saat sudah hidup, pindahkan ‘Safe Mode’ ke modus normal.

Selain cara ampuh menghapus virus malware di Android susah hilang di atas, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memakai aplikasi Easycap Viewer. Namun demikian, cara di atas jauh lebih mudah tanpa harus capek-capek mden-download lagi aplikasi.

Kalau menurut Anda, bagaimana tentang cara ampuh menghapus virus malware di Android susah hilang di atas? Aplikasi apa yang Anda hapus? Silahkan berbagi di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *