Faktor dan Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat Dicharge

Faktor dan Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi Saat di Charge – Sebagian besar pengguna smartphone, pasti sering mengalami yang namanya pengisian baterai yang lama saat sedang di-charge. Memang sudah banyak sekali kasus mengenai kelemahan pada baterai smartphone ini, dari mulai baterai yang mengembung, baterai cepat panas, dan sampai baterai yang terisi lama saat sedang di-charge.

Anda pasti langsung menganggap kalau baterai smartphone Anda sudah rusak dan bocor, sehingga menjadi lama terisi saat di-charge. Memang banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai smartphone jadi terisi lama ketika sedang di-charge. Bahkan, para pakar juga sudah banyak yang mengulas tentang penyebab terjadinya baterai lama terisi saat di-charge.

Ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan baterai smartphone Anda terisi lama saat sedang di-charge, yaitu antara lain :

1. USB Longgar

Salah satu penyebab baterai smartphone Anda lama terisi adalah bisa jadi karena USB smartphone Anda longgar. Jika USB smartphone atau USB kabel charger-nya longgar, tentu itu menyebabkan daya arus listrik ke baterai menjadi terhambat. Sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru, karena jika dibiarkan malah akan membuat baterai smartphone Anda menjadi rusak.

Simak juga: Penyebab Baterai HP Cepat Habis Serta Cara Mengatasinya

2. Kabel USB Bermasalah

Selain USB yang longgar, ternyata penyebab selanjutnya yang sering terjadi adalah kabel USB yang bermasalah. Hal ini bisa disebabkan karena kabelnya terbakar atau terputus saat smartphone sedang di-charge, dan Anda tak menyadari bahwa kabelnya sering tertarik.

3. Charger Beda Merk

Charger beda merk dengan smartphone juga ternyata dapat memengaruhi daya arus listrik yang masuk ke baterai. Hal ini disebabkan karena daya hantar tiap baterai smartphone itu berbeda atau bisa dikatakan tidak semua cocok, meskipun slot USB pada tiap smartphone sama. Faktor inilah yang sering membuat baterai smartphone Anda jadi terisi lama.

4. Adaptor Charger Rusak

Faktor lain lagi yang menyebabkan baterai smartphone terisi lama adalah karena adaptor charger Anda rusak. Jika Anda sudah merasa baterai terisi lama, coba Anda cium adaptor lewat USB, jika tercium bau gosong kemungkinan memang adaptor Anda yang rusak. Hal ini disebabkan karena charger tidak langsung dicabut dari terminal listrik setelah digunakan.

Setelah Anda mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab baterai smartphone Anda jadi terisi lama, Anda sebaiknya juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya, agar hal itu tidak terjadi lagi. Ada beberapa cara mengatasi agar baterai Anda tidak terisi lama, yaitu :

Baca dulu: 7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Download Aplikasi Tambahan

Cara atasi agar baterai tidak terisi lama saat dicharge

1. Gunakan charger bawaan dari pabrik smartphone tersebut. Hal itu memang sudah seharusnya, agar kasus pengisian baterai lama tidak akan terjadi.

mengatasi baterai lama mengisi

2. Gunakan charger dengan baik dan sesuai kebutuhan. Ada baiknya Anda men-charge smartphone dalam kondisi dimatikan, agar pengisian baterai terisi penuh dengan cepat. Kadang banyak sekali yang mengisi baterai smartphone-nya dalam kondisi hidup dan smartphone tetap dimainkan, hal ini tentu dapat membuat baterai jadi lama terisi.

mengatasi baterai lama mengisi

3. Jika sudah digunakan, sebaiknya charger digulung dengan benar. Agar tak ada bagian-bagian kabel yang terputus dan menjadi rusak.

mengatasi baterai lama mengisi

4. Jika ternyata kabel bawaan pabriknya atau baterainya yang rusak, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru dan beli di toko resmi smartphone Anda, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

mengatasi baterai lama mengisi

Simak dulu: Penyebab HP Cepat Panas dan Boros Baterai Serta Cara Mengatasinya

Itu adalah sedikit penjelasan mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi baterai smartphone yang terisi lama saat di-charge. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *