Cara Daftar UMKM Online 2021 Lewat HP

Menjadi Resmi dan Terdaftar

Sobat Smart Ponsel, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Saat ini, UMKM menjadi salah satu sektor usaha yang berkembang pesat. Karena itu, pemerintah turut mendukung pengembangan UMKM dengan mendirikan program yang memberikan kemudahan kepada para pengusaha UMKM dalam melakukan usahanya. Salah satunya adalah dengan cara mendaftar UMKM secara online melalui HP yang cepat dan mudah.

Peluang bagi UMKM tumbuh dan berkembang cukup baik dengan adanya sistem pendaftaran online ini. Proses pendaftaran yang mudah dan cepat membuat UMKM bisa langsung meresmikan usahanya dengan lebih cepat. Namun, pastikan juga untuk memperhatikan kekurangan dan kelebihannya dalam memilih cara daftar UMKM online 2021 lewat HP.

Kelebihan Cara Daftar UMKM Online 2021 Lewat HP

1. Praktis dan Mudah

Tidak perlu keluar rumah dan menemui instansi terkait. Karena cukup dengan menggunakan HP dan mengakses internet. Proses daftar UMKM akan lebih praktis dan mudah.

2. Efisien dan Cepat

Proses registrasi UMKM melalui sistem digital sangat efisien dan cepat. Karena tidak terganggu oleh waktu dan jarak untuk melakukan verifikasi pada instansi terkait. Sehingga dalam waktu beberapa menit setelah mendaftar, maka UMKM sudah terdaftar resmi.

3. Hemat Biaya

Sistem pendaftaran UMKM online melalui HP ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda hanya akan dikenakan biaya umum sekitar 100-150 ribu rupiah untuk UMKM yang belum memiliki NIB Terbit.

4. Tidak Memakan Waktu yang Lama

Dibandingkan cara pendaftaran konvensional, cara daftar UMKM online lebih efektif dan efisien. Proses registrasi yang cepat dan mudah, membuat anda bisa menyelesaikan proses dalam waktu kurang dari 30 menit.

5. Memudahkan Pemerintah Dalam Monitoring

Dengan adanya sistem daftar UMKM online, pemerintah dapat memudahkan dalam melakukan proses monitoring terhadap perkembangan UMKM di Indonesia. Hal ini, karena pemerintah memerlukan data akurat yang dapat diambil langsung dari sistem daftar UMKM online.

6. Terdaftar dalam Wadah Resmi

Dengan mengikuti cara daftar UMKM online, maka UMKM Anda akan didaftarkan secara resmi pada badan resmi dan terpercaya dari pemerintah (system OSS).

7. Meningkatkan Akurasi Data

Dalam pencatatan data UMKM akan ada pengisian data dengan ketentuan yang jelas dan rinci. oleh karena itu, proses registrasi UMKM melalui sistem digital ini akan sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan akurasi data.

Kekurangan Cara Daftar UMKM Online 2021 Lewat HP

1. Dibutuhkan Koneksi Internet

Baca Juga  Cara Cek Saldo Bank BPD Lewat HP

Saat ini, daftar UMKM online hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki koneksi internet dan di dalam area yang memiliki sinyal yang baik.

2. Tidak Bisa Dilakukan Tanpa HP

Cara daftar UMKM online hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki dan aktif menggunakan HP. Jadi, mereka yang tidak memiliki HP tidak dapat mengikuti cara daftar UMKM online.

3. Butuh Waktu Untuk Verifikasi

Proses verifikasi UMKM membutuhkan waktu yang cukup lama oleh pihak berwenang, sekitar 3-5 hari kerja. Hal ini disebabkan karena proses verifikasi UMKM bisa dilakukan oleh semakin banyak orang yang ingin memiliki UMKM, akhirnya memberikan beban pada pihak terkait yang pada akhirnya memeriksa semua dokumen yang diperlukan.

4. Banyaknya Persyaratan

Persyaratan yang dibutuhkan untuk daftar UMKM online cukup banyak dan ketat. Hal ini bisa menjadi kendala bagi UMKM yang tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah.

5. Tidak Ada Petunjuk Teknis yang Jelas

Beberapa persyaratan pada sistem daftar UMKM online bisa membingungkan bagi pengguna kebanyakan. Selain itu, tidak semua orang bisa menggunakan teknologi untuk mengisi formulir yang berwenang. Oleh karena itu, mereka membutuhkan panduan teknis yang jelas dalam menggunakan sistem daftar UMKM online.

6. Kendala Teknis

Saat melakukan pendaftaran UMKM online, seringkali kita mendapati kendala-kendala semacam error pada server, koneksi yang lambat, dan lain-lain. Hal ini bisa menghambat proses pendaftaran.

7. Rentan Adanya Penipuan

Dalam melakukan proses pendaftaran yang dilakukan secara online mempunyai potensi rentan adanya penipuan, hal ini berakibat dalam hilangnya data-data penting terkait UMKM sobat.

Daftar UMKM Online 2021 Lewat HP

Langkah-langkah Mendaftar UMKM Online Deskripsi
1. Persiapan Berkas Siapkan seluruh dokumen yang berhubungan dengan UMKM, seperti KTP, garis bersurat, hingga foto produk
2. Buka Portal Resmi Masuk ke portal resmi OSS. Terdapat 2 portal, yaitu online maupun ofline. Pilihlah portal online untuk mendaftar UMKM dengan cara online
3. Pilih Layanan Pilih ‘layanan izin usaha berusaha’ dalam opsi layanan yang diberikan
4. Pembuatan Akun Jika belum memiliki akun OSS, daftarkan akun OSS ini terlebih dahulu
5. Isi Formulir Masukkan data identitas pribadi, data UMKM, hingga foto produk pada formulir yang telah disediakan
6. Verifikasi Dokumen Setelah mengirimkan formulir, verifikasi dokumen akan langsung dilakukan dan pihak OSS akan menginformasikan kepastian dalam waktu 3-5 hari kerja
7. Pengesahan Jika dokumen UMKM Anda disahkan, akan ada NIB (Nomor Induk Berusaha) yang dikeluarkan dan akan menjadi tanda bahwa UMKM Sobat telah menjadi resmi
Baca Juga  Cara Membersihkan Sampah di HP

FAQ tentang Cara Daftar UMKM Online 2021 Lewat HP

1. Apa itu UMKM?

UMKM adalah usaha kecil dan menengah, yaitu usaha yang dikelola secara mandiri dan individual dengan memiliki jaringan pasar yang terbatas.

2. Apa itu Sistem Daftar UMKM Online?

Sistem daftar UMKM online adalah cara daftar UMKM yang dilakukan secara daring dan menggunakan Sistem OSS Digital Tanpa Biaya Administrasi Daftar Yang Banyak Sebagai Kesulitan.

3. Bagaimana mengakses portal OSS?

Anda bisa mengakses portal OSS melalui laman resminya di https://oss.go.id/.

4. Apa itu NIB?

NIB merupakan Nomor Induk Berusaha yang diterbitkan oleh DINAS yang berwenang dan menjadi tanda bahwa UMKM Sobat telah menjadi resmi.

5. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaftar UMKM online?

Biaya administrasi yang diperlukan untuk mendaftar UMKM online terhitung cukup terjangkau. Biayanya sekitar 100-150 ribu rupiah untuk UMKM yang belum memiliki NIB Terbit.

6. Apakah harus memiliki HP terbaru untuk mendaftar UMKM online?

Tidak harus bagi Sobat mengikuti tren HP terbaru. Namun, pastikan HP yang Sobat miliki mumpuni dalam membuka portal OSS dan koneksi internet yang stabil dan cepat.

7. Data yang harus dilengkapi saat mendaftar UMKM online adalah?

Data UMKM yang harus dilengkapi antara lain seperti persyaratan atau dokumen pengusaha dan produk yang dijual.

8. Kapan waktu operasional dari portal OSS?

Portal OSS beroperasi selama 24 jam sehari dan siap dibuka kapan saja dalam sehari.

9. Pendaftaran UMKM online hanya berlaku secara nasional atau internasional?

Pendaftaran UMKM online hanya berlaku bagi UMKM yang berada di wilayah Republik Indonesia yang ingin melakukan pendaftaran sesuai ketentuan UMKM.

10. Apa saja persyaratan membuat UMKM yang bisa didaftarkan secara online?

Beberapa persyaratan daftar UMKM online adalah KTP, Surat Izin Usaha, dan data lainnya.

11. Bisa tidak pendaftaran UMKM online dibantu oleh pihak lain?

Beberapa rumah binaan bisnis malah membuka Jasa Pendaftaran Online UMKM, dengan menawarkan tarif dengan harga yang cukup mahal.

12. Apakah daftar UMKM online bisa dicabut?

Iya, bisa dicabut melalui cancel layanan pada akun OSS Sobat sendiri.

13. Berapa lama proses verifikasi dokumen pada saat pendaftaran UMKM online?

Proses verifikasi dokumentasi dibutuhkan sekitar 3-5 hari kerja setelah data diterima.

Baca Juga  Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power: Solusi Mudah dan Efektif

Kesimpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan serta langkah-langkah untuk daftar UMKM online 2021 lewat HP, kita bisa menyimpulkan bahwa cara ini merupakan cara yang praktis, mudah, efisien, dan efektif dalam membantu UMKM resmi. Tetapi kita juga perlu memperhatikan kekurangan serta persyaratan yang diperlukan dalam mendaftar UMKM secara online dan mengendalikan risiko penipuan dalam prosesnya. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk memanfaatkan sistem ini secara efektif dan bijak.

Jadi, bagi Sobat Smart Ponsel yang ingin membuka Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, daftar UMKM online 2021 lewat HP dapat menjadi alternatif yang bisa diandalkan. Dengan cara ini, UMKM sobat bisa resmi dan terdaftar pada badan resmi dan tepercaya dari pemerintah.

Sekali lagi, pastikan langkah-langkah yang diperlukan agar proses mendaftar UMKM online dapat berjalan lancar dan tidak menemui kendala. Terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel ini.

Disclaimer: Artikel ini hanya sebagai informasi umum dan berkaitan dengan isi artikel yang ada. Oleh karena itu, Upaya pengecekan yang sangat teliti agar informasi sesuai dengan data dan situasi saat ini telah kita lakukan. Tapi apa yang disajikan tidak dapat dijadikan sebagai referensi dokumen resmi dalam melakukan pembukaan dari UMKM. segala konsekuensi dari penggunaan informasi ini menjadi tanggung jawab pembaca ataupun pengguna secara pribadi .