Cara Cek Saldo Bank BPD Lewat HP

Selamat datang, Sobat Smart Ponsel!

Bank Perkreditan Desa atau yang lebih dikenal dengan singkatan BPD merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan yang banyak ditemui di Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat, bank ini dianggap sebagai tempat yang nyaman dan mudah untuk melakukan transaksi keuangan.

Banyaknya kegiatan transaksi yang dapat dilakukan di bank BPD ini, membuat sebuah layanan baru bermunculan yakni layanan cek saldo melalui ponsel. Pada dasarnya, layanan ini mempermudah proses pengecekan saldo nasabah tanpa harus pergi ke kantor bank BPD secara langsung.

Tahukah Sobat Smart Ponsel bahwa saat ini setiap orang dapat mengetahui saldo rekening BPD dengan menggunakan HP? Ya, layanan ini biasa disebut dengan SMS banking. Tidak seperti yang belakangan ini banyak digunakan masyarakat, layanan SMS banking bank BPD sudah tersedia sejak lama dan terbukti efektif digunakan.

Berikut adalah uraian lengkap mengenai cara cek saldo BPD melalui ponsel.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Saldo Bank BPD Lewat HP

Seperti halnya kelebihan dan kekurangan dari sebuah inovasi, penggunaan SMS banking untuk cek saldo di BPD juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya:

Kelebihan

1. Praktis dan mudah digunakan

👍

Dalam beberapa kasus, pengecekan saldo melalui ATM atau teller bank menjadi suatu hal yang merepotkan. SMS banking hadir untuk memudahkan Anda, karena hanya dengan beberapa langkah sederhana, saldo Anda dapat diketahui dalam waktu yang sangat singkat.

2. Hemat waktu dan tenaga

👍

Dengan melakukan pengecekan saldo melalui ponsel saja, waktu dan energi Anda yang biasanya terbuang untuk pergi ke bank dapat dihemat. Dengan hanya membuka aplikasi SMS di ponsel, Anda sudah dapat mengecek saldo rekening Anda dengan mudah.

3. Transaksi dapat dilakukan kapan saja

👍

Tidak dibatasi oleh jam operasional, penggunaan SMS banking memungkinkan nasabah bank melakukan cek saldo kapan saja, bahkan diluar jam kerja bank.

4. Biaya relatif murah

👍

Untuk menggunakan layanan SMS banking biasanya bank BPD tidak mengenakan biaya ataupun dengan biaya yang relatif murah dibandingkan dengan biaya penarikan dana di ATM dengan kartu debit.

5. Mudah dipahami dan mudah diakses

👍

Tidak butuh langkah yang rumit agar bisa mengecek saldo melalui SMS banking karena pembahasannya yang tidak banyak. Bahkan, dengan adanya panduan di website resmi bank, pengguna diberikan kemudahan untuk memahami beberapa hal yang belum dimengerti.

6. Cepat dan Pelayanan lebih baik

👍

Bukan rahasia lagi, SMS banking merupakan salah satu solusi canggih yang mempercepat proses pengecekan saldo dan pelayanan nasabah dengan sangat mudah dan tidak merepotkan.

Baca Juga  Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email di HP

7. Keamanannya cukup terjamin

👍

Bank BPD memberikan layanan SMS banking yang cukup canggih untuk penggunaan yang memudahkan dalam proses pengiriman SMS dengan saldo yang aman dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan

1. Diperlukan kuota internet

👎

SMS banking memerlukan koneksi yang baik untuk dapat melakukan transaksi pengiriman SMS berupa pengecekan saldo. Oleh sebab itu, untuk dapat mengakses SMS banking Anda membutuhkan kuota internet di HP Anda.

2. Batas transaksi dalam sehari

👎

Untuk beberapa jenis bank, penggunaan SMS banking terdapat batasan dalam melakukan transaksi pengecekan saldo dalam sehari sedangkan untuk beberapa bank lainnya tidak membatasinya.

3. Masalah teknis

👎

Meskipun memang sangat jarang terjadi, ada kemungkinan bahwa terjadi gangguan teknis pada sistem operasi ketika mengakses SMS banking. Hal ini dapat menghambat proses pengecekan saldo.

4. Perlunya mengikuti langkah-langkah yang benar

👎

Pada awal penggunaan, cara menggunakan SMS banking untuk mengecek saldo membutuhkan beberapa tahapan yang mungkin tidak familiar bagi sebagian masyarakat. Oleh karena itu, pengguna harus mengikuti langkah-langkah yang benar agar bisa mengecek saldo dengan benar dan tidak terkena biaya tambahan.

5. Keterbatasan seperti tidak bisa melakukan transaksi lain selain saldo

👎

SMS banking pada Bank BPD hanya berfungsi untuk transaksi saldo saja, jadi jika nasabah ingin melakukan transaksi seperti penarikan atau transfer, perlu pergi ke bank atau mengakses menu ATM Bank BPD terdekat.

6. Terkena biaya

👎

Bagi pengguna SMS banking dalam melakukan pengecekan mode pesan terkadang dikenakan biaya sebesar 100 per pesan. Anda harus melakukan pengecekan ketersediaan saldo pada sms banking atau melalui website resmi bank.

7. Tidak seluruh smartphone mendukung layanan tersebut

👎

Tidak semua tipe smartphone mendukung layanan SMS banking, Jadi Sobat Smart Ponsel mesti memeriksa terlebih dahulu jenis tipe handphone Anda pada layanan SMS Banking yang Anda pilih.

Tabel Informasi Lengkap Tentang Cara Cek Saldo Bank BPD Lewat HP

Cara Syarat Keuntungan
Menghubungi Call Center – Nomor Rekening Bank BPD
– Nomor indentitas diri
Praktis – Hemat Waktu – Bisa Ditanyakan Jumlah Transaksi Lainnya
Melalui SMS Banking – Nomor Telpon Yang Terdaftar
– Nomor Rekening Bank BPD
Bisa Dilakukan Kapan Saja – Mudah dipahami – Cepat
Melalui Aplikasi Mobile Banking – Aplikasi Bank BPD
– Nomor Rekening Bank BPD
– HP pintar yang terkoneksi internet.
Praktis – Hemat Waktu – Lebih Canggih – Aman

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa saja yang diperlukan untuk menggunakan SMS banking?

Untuk menggunakan SMS banking pada Bank BPD, Selain memiliki nomor handphone yang sudah terdaftar, Anda juga harus mengaktifkan layanan SMS Banking pada Bank BPD, jika belum aktif, silahkan mengaktifkannya ke Customer Service Bank BPD Terdekat.

Baca Juga  Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri

2. Bagaimana cara mendaftar SMS banking melalui Bank BPD?

Untuk mendaftar SMS banking pada Bank BPD cukup datang ke Cabang Bank Terdekat atau dengan cara menghubungi Call Center Bank BPD.

3. Apakah penggunaan SMS banking pada Bank BPD akan dikenakan biaya tambahan?

Untuk penggunaan layanan SMS banking nasabah tidak dikenakan biaya tambahan apapun.

4. Apakah setelah melakukan pengecekan saldo, bisa langsung melakukan transaksi seperti transfer?

Tidak, SMS banking bank BPD hanya berfungsi untuk melakukan cek saldo saja, jika ingin melakukan transaksi seperti transfer dana atau penarikan tunai, harus menggunakan kartu debit atau keluar dari fitur SMS banking ke fitur lain.

5. Bagaimana jika sama sekali tidak bisa melakukan cek saldo melalui SMS banking?

Jika hal tersebut terjadi, silahkan menghubungi Customer Service Bank BPD terdekat terkait kesulitan yang ditemui.

6. Apa yang harus dilakukan jika SMS dari Bank BPD tidak muncul?

Beberapa hal yang mungkin terjadi adalah nomor handphone salah atau tidak terdaftar dan pihak bank teroulebih sudah menonaktifkan layanan tersebut, untuk itu tanyakan Customer Service atau silakan cek kembali panduan penggunaan SMS banking pada website resmi Bank BPD.

7. Bagaimana jika saldo tidak memunculkan nominal lebih atau kurang?

Apabila saldo yang dilihat lebih atau kurang dari jumlah yang seharusnya, cek kembali panduan yang diberikan dan lakukan penginputan kembali jumlah yang sesuai.

8. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk personel bank dalam memproses pesan dari pengguna SMS Banking?

Personil bank akan menyelesaikan dalam waktu 1×24 jam sejak data diterima. Tetapi biasanya akan cepat tergantung koneksi internet di hp atau sejauh mana jaringan handphone kuat.

9. Apakah ada batasan waktu penggunaan layanan SMS banking dan mobile banking?

Tidak, penggunaan layanan SMS banking dan Mobile banking di bank BPD tidak terbatas waktu penggunaan atau bisa dilakukan kapan saja jika ada kebutuhan.

10. Apakah SMS Banking dapat menyimpan data-data nasabah?

Untuk nasabah, penggunaan SMS banking tidak membutuhkan data nasabah selain nomor rekening bank BPD dan nomor handphone yang sudah terdaftar. Sehingga data nasabah tidak tidah tersimpan di server bank.

11. Apakah SMS banking bisa berfungsi untuk transaksi non-finansial?

Ya, SMS banking pada bank BPD bisa digunakan untuk transaksi seperti pengecekan data transaksi, serta pengecekan saldo.

12. Bisakah SMS Banking digunakan untuk semua produk perbankan BPD?

Iya, SMS banking bisa digunakan untuk semua produk perbankan Bank BPD, beberapa layanan terkait menjadi pelanggan lebih mudah dalam mendapatkan produk perbankan.

Baca Juga  Cara Update Saldo E Money di HP Tanpa NFC

13. Apakah BPD memiliki Call Center yang dapat dihubungi jika terjadi kerusakan pada layanan SMS banking?

BPD memiliki Customer Service yang selalu siap sedia dihubungi jika terjadi kendala atau kerusakan pada layanan SMS banking.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan ini, dapat disimpulkan bahwa layanan SMS banking sangatlah praktis dalam mengecek saldo rekening Bank BPD melalui ponsel. Penggunaanya pun cukup mudah karena hanya memerlukan beberapa tahapan sederhana saja. Meski begitu, layanan ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan terutama terkait dengan masalah teknis pada sistem operasi atau batas transaksi. Sebagai salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin melakukan pengecekan saldo, layanan SMS banking dapat menjadi solusi yang tepat.

Untuk pengguna yang ingin menikmati kemudahan layanan SMS banking, penting untuk mengikuti langkah-langkah yang benar dan diawali dengan registrasi terhadap bank terkait. Dengan begitu, maka layanan SMS banking dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Smart Ponsel dalam melakukan transaksi perbankan. Lakukan transaksi dengan bijak dan pastikan keamanannya selalu terjaga.

Salam hangat,

Penulis

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan beberapa sumber yang sudah dijadikan referensi. Seluruh opini dalam artikel ini adalah milik penulis, bukan mewakili dari Bank BPD.