Cara Cek IMEI HP Xiaomi Biar Gak Diblokir

Smartponsel.idCara Cek IMEI HP Xiaomi – Kalau masih ingat, beberapa waktu yang lalu, sempat tersiar kabar bahwa pemerintah akan memberlakukan pemblokiran pada perangkat ponsel yang ketahuan merupakan barang hasil dari pasar gelap atau black market. Hal ini sempat menghebohkan masyarakat, pasalnya barang-barang BM atau black market, kalau dilihat dari harga sangat jauh lebih murah dibanding harga di pasaran.

Buat kamu pengguna Xiaomi, ayo kita bahas cara cek IMEI HP Xiaomi biar kamu merasa HP kamu aman.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi yang Paling Mudah

IMEI biasanya ada 14 angka yang dijadikan kode untuk  pengidentifikasian bahwa ponsel kamu beneran asli atau hasil pasar gelap. Biar kamu merasa aman, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa cara.

Cara Cek Imei HP Xiaomi dengan Nomor Seri IMEI di Kardus dan di Belakang Body HP

Cara cek IMEI HP Xiaomi yang paling mudah banget kamu lakuin, bahkan saat HP Xiaomi kamu belum nyala saat beli, yaitu dengan cek nomor seri IMEI yang ada di kardus dan di belakang body HP kamu. Tugas kamu adalah mencocokkan, apakah nomor IMEI tersebut sama tidak dengan seri nomor yang ada di body belakang HP kamu.

Kalau sama, berarti kamu nggak perlu khawatir, artinya HP kamu resmi terdaftar. Tapi, kalau berbeda, sebaiknya jangan kamu beli ya, karena bisa jadi HP itu adalah hasil selundupan.

Dengan Menekan Kode Angka di Dial Telpon

Cara cek IMEI HP Xiaomi yang berikutnya yaitu kamu bisa cek dengan menekan angka *#06# pada menu panggilan telepon kamu, lalu klik tombol hijau yang biasa kamu pakai buat menelpon.  Jika keluar seri kode IMEI lalu dicocokkan dengan seri di kardus sama, maka tidak perlu khawatir. Untuk cara ini bisa dilakuakn buat semua ponsel yang basis operasionalnya adalah Android, dan jika ponsel kamu dual simcard, maka nomor IMEI yang muncul akan ada dua.

Baca Juga  Cara Kirim Pulsa TRI ke Telkomsel: Cara Mudah dan Praktis

Memanfaatkan Menu Setting di Ponsel

  • Klik menu “Pengaturan” atau “Setting” di handphone Xiaomi kamu
  • Setalah masuk ke menu pengaturan, selanjutnya kami pilih “Tentang Telepon” atau “About Phone”
  • Selanjutnya kamu klik “Keseluruhan Spesifikasi” atau “All Spesification”
  • Scroll turun layar ponsel kamu samapai akhirny kamu ketemu “Status” silakan klik
  • Langkah terakhir, silakan pilh “Informasi IMEI” atau “IMEI Information”, nantinya akan muncul serial nomor IMEI HP kamu.

Melalui Website

Langkah lain guna mencari cara cek IMEI HP Xiaomi dengan mengeceknya di website, ada dua pilihan website yaitu website milik Xiaomi sendiri dan juga dari Kemenperin. Mari kita bahas cara-caranya

1. Website Online Xiaomi

  • Buka internet di HP kamu, dan masukkan link mi.com/verify/IMEI di web browser kamu
  • Masukkan angka seri dari S/N atau kode IMEI HP kamu di kotak bertuliskan “IMEI atau nomor seri S/N”
  • Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang berupa kode captcha pada sisi kanan
  • Klik “Verifikasi”. Setelah itu akan muncul di situs website tersebut tentang HP kamu apakah asli atau tidaknya.

2. Website Kemenperin

  • Buka link IMEI.kemenperin.go.id pada web browser di HP kamu
  • Akan muncul tulisan “Cek IMEI”, silakan kamu memasukkan nomor IMEI dari HP Xiaomi kamu. Setelah itu klik kotak bawahnya dengan logo kaca pembesar.
  • Setelah itu akan muncul keterangan apakah ponsel milikmu masuk kedaftar daya di website pemerintah atau tidak.

Keempat cara cek IMEI HP Xiaomi di atas dapat kamu gunakan kalau kamu ingin memenuhi rasa penasaran kamu apakah HP kamu asli atau tidaknya. Selamat mencobba!