Cara Buka Toko di Shopee Lewat HP

Pendahuluan

Salam Sobat Smart Ponsel! Siapa yang tidak kenal dengan Shopee? Platform e-commerce yang satu ini sangat populer di Indonesia dan memiliki banyak pengguna aktif. Tak heran jika banyak orang ingin membuka toko di Shopee untuk dapat memasarkan produknya. Apakah Sobat Smart Ponsel salah satunya?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara buka toko di Shopee lewat hp, yang seringkali dijadikan pilihan oleh para penjual yang ingin melakukan aktivitas jual-beli dengan mudah dan praktis.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang kelebihan dan kekurangan cara buka toko di Shopee lewat hp. Selain itu, kita juga akan memberikan informasi lengkap dalam bentuk tabel dan daftar pertanyaan dan jawaban tentang proses membuka toko di Shopee lewat hp.

Jadi, teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui cara buka toko di Shopee lewat hp yang benar dan efektif!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Buka Toko di Shopee Lewat HP

Kelebihan Cara Buka Toko di Shopee Lewat HP

1. Mudah dan Praktis

👍 Buka toko di Shopee lewat hp sangatlah mudah dan praktis. Sobat Smart Ponsel hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee, mendaftar akun penjual dan mengunggah produk. Tanpa harus memiliki komputer atau laptop, Sobat Smart Ponsel dapat menjalankan bisnis online dari toko Shopee.

2. Menghemat Waktu

👍 Dalam menjalankan bisnis toko di Shopee, waktu dapat dihemat karena Sobat Smart Ponsel tidak perlu membuka laman Shopee melalui browser desktop. Dengan aplikasi Shopee yang ada di hp, Sobat Smart Ponsel bisa mengelola toko dan transaksi dimana saja, kapan saja.

3. Biaya Terjangkau

👍Biaya untuk membuka toko di Shopee sangatlah terjangkau. Beberapa biaya yang perlu dikeluarkan oleh penjual di antaranya adalah biaya logistik, biaya promosi produk, biaya menjadi penjual tertentu (Shopee Mall), dan beberapa biaya tambahan lainnya. Biaya tersebut relatif lebih murah dibandingkan dengan membuka toko fisik.

4. Jangkauan Luas

👍Toko Shopee dapat diakses dari seluruh Indonesia. Pada tahun 2021, Shopee telah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh Asia Tenggara. Dengan membuka toko di Shopee, Sobat Smart Ponsel dapat memasarkan produk ke seluruh Indonesia, bahkan hingga ke Asia Tenggara.

5. Marketplace Terpercaya

👍 Shopee menjadi salah satu marketplace terpercaya dengan keamanan transaksi yang terjamin. Hal ini lantaran Shopee memiliki sistem pembayaran yang aman,dilengkapi dengan mekanisme perlindungan keamanan transaksi dan para seller atau penjual tidak harus khawatir tentang pembeli nakal atau pembohong.

6. Dilengkapi Fitur Menarik

👍Shopee memberikan beberapa fitur menarik diantaranya promo gratis ongkir, voucher diskon untuk setiap pembelian, cashback Shopee Pay, dan beberapa fitur menarik lainnya yang dapat membuat konsumen lebih tertarik dalam membeli produk dalam toko Shopee.

Kekurangan Cara Buka Toko di Shopee Lewat HP

1. Tidak Menyediakan Penjualan Langsung Produk Digital

Baca Juga  Cara Logout Gmail di Hp: Panduan Lengkap dan Praktis

👎 Walau tentunya bisa dijadikan sebagai kelebihan tapi Shopee tidak membolehkan penjualan langsung produk digital. Jadi, bagi Sobat Smart Ponsel yang ingin menjual produk digital seperti musik, film, dan ebook tidak bisa dilakukan di Shopee.

2. Persaingan Tinggi

👎 Dalam menjalankan bisnis di marketplace sebesar Shopee, Sobat Smart Ponsel harus bersiap menghadapi persaingan yang cukup tinggi. Karena begitu mudah untuk memulai berjualan, banyak penjual yang berbondong-bondong mengunggah produk.

3. Kesulitan di Tengah Kompetisi

👎 Dalam berjualan di Shopee, Sobat Smart Ponsel harus berusaha keras agar produk yang dijual cepat ditemukan oleh pembeli. Bahkan ketika produk sudah ditemukan, masih banyak hal yang bisa membuat pembeli tidak membeli produk Sobat Smart Ponsel, seperti adanya lebih banyak penjual lain yang menyediakan harga dan diskon yang lebih berpihak pada pembeli.

4. Terkadang Lambat Update

👎Terjadinya penundaan update terkadang membuat seller atau penjual agak kesulitan dalam menganalisis dan mengupdate toko mereka sendiri untuk dapat menyesuaikan dengan selera dan trend pembeli.

5. Fitur Kurangnya Support

👎Beberapa fitur dalam Shopee terkadang masih kurang dalam hal dukungan dan dukungan customer service yang dibutuhkan seller atau penjual itu sendiri. Beberapa fitur seperti aduan pengembalian dan penukaran menjadi hal yang kurang sesuai dengan harapan.

6. Penalties

👎 Shopee memberikan beberapa batasan atau sanksi yang cukup berat setiap kali pelanggaran penjual, misalnya seller yang melakukan penghinaan, spam customer, pengiriman yang telat dan salah. Dalam hal ini, penjual akan dihukum dengan denda bahkan akun akan di-shut down secara otomatis.

7. Kurang Memadainya URL

👎Beberapa penjual merasa kurang puas dengan sistem URL toko Shopee yang masih terkesan berantakan dan kurang rapi sehingga kurang memadai untuk menggunakan sebagai marketing khususnya dalam mempromosikan brand sendiri.

Tabel Buka Toko di Shopee Lewat HP

Tahapan Deskripsi
1. Unduh aplikasi Shopee Unduh aplikasi Shopee dari Google Play Store atau App Store
2. Daftar Daftar sebagai penjual dengan mengklik menu “Jual” pada halaman awal aplikasi Shopee dan ikuti instruksinya
3. Verifikasi Akun Verifikasi akun penjual dengan mengunggah identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor
4. Unggah Produk Unggah produk dengan memasukkan informasi produk seperti foto, deskripsi, harga, dan lainnya.
5. Pasang Promosi Pilih produk yang akan dipromosikan dengan memberikan diskon atau free ongkir bagi pembelian tertentu.
6. Lakukan Transaksi Verifikasi transaksi dengan mengkonfirmasi pembayaran dari pembeli dan langsung kirim barang ke alamat pembeli.
7. Kelola Toko Kelola toko dengan mengecek daftar pesanan, menambahkan produk, dan mengupdate informasi toko.

Daftar Pertanyaan dan Jawaban

1. Bagaimana cara melacak pengiriman barang?

👉 Setelah pembeli melakukan pembayaran, Sobat Smart Ponsel harus langsung mengirimkan barang ke alamat pembeli. Setelah itu, Sobat Smart Ponsel bisa melacak pengiriman barang dengan mengecek informasi nomor resi yang ada di daftar transaksi pada aplikasi Shopee.

Baca Juga  Cara Mengecek No XL di HP

2. Bisakah Sobat Smart Ponsel menjual produk internasional di Shopee Indonesia?

👉Bisa, tapi ada beberapa aturan yang harus diikuti. Pertama, Sobat Smart Ponsel harus menggunakan sistem pembayaran ShopeePay. Kedua, Sobat Smart Ponsel harus menjamin bahwa barang itu sesuai dengan standar kualitas Indonesia. Ketiga, Sobat Smart Ponsel harus mengikuti aturan pengiriman internasional yang ada di Indonesia.

3. Berapa jumlah foto maksimum untuk produk dijual di Shopee?

👉Shopee memperbolehkan hingga 10 foto pada setiap produk yang dijual. Penjual harus memastikan bahwa foto produk tersebut jelas dan menampilkan detail produk dengan lengkap.

4. Bisakah Sobat Smart Ponsel menjual produk barangan bekas di Shopee?

👉Tidak diizinkan. Menurut kebijakan Shopee, barang bekas dilarang dijual di platform ini.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi akun penjual di Shopee?

👉Setelah Sobat Smart Ponsel mengunggah data identitas yang diperlukan, Shopee akan memverifikasi akun penjual. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.

6. Bagaimana cara mengubah atau mengedit informasi produk yang sudah diunggah?

👉Sobat Smart Ponsel dapat mengubah atau mengedit informasi produk pada aplikasi Shopee. Buka tab “Jual” dan pilih produk yang akan diedit. Klik “Ubah” dan lakukan perubahan pada informasi produk yang diinginkan. Pastikan Sobat Smart Ponsel sudah menyimpan perubahan sebelum keluar dari halaman tersebut.

7. Bagaimana jika terjadi pengembalian barang?

👉Apabila terjadi pengembalian barang, Sobat Smart Ponsel harus mengikuti prosedur yang berlaku di Shopee. Silakan kunjungi laman bantuan Shopee dan pilih topik “Pengembalian” untuk informasi lebih lengkap tentang prosedur pengembalian barang.

8. Bisakah Sobat Smart Ponsel menjual produk yang belum ada di Shopee?

👉Tentu bisa. Sobat Smart Ponsel dapat membuat produk baru di Shopee dan mengunggah foto dan informasi produk yang diinginkan.

9. Bagaimana jika Shopee menolak produk yang Sobat Smart Ponsel jual?

👉Jika ada produk Sobat Smart Ponsel yang tidak disetujui oleh Shopee, sobat Smart Ponsel akan diberikan alasan kenapa produk tersebut tidak akan disetujui. Setelah itu, Sobat Smart Ponsel dapat melakukan perubahan yang dibutuhkan dan mencoba mengunggah produk kembali.

10. Bisakah Sobat Smart Ponsel menjual produk berupa makanan atau minuman di Shopee?

👉Dalam kebijakan Shopee, produk makanan dan minuman tidak boleh dijual karena keamanan dan sertifikasi yang dibutuhkan. Jadi, Sobat Smart Ponsel akan kesulitan menjual makanan atau minuman di Shopee.

11. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pembayaran masuk ke akun penjual di Shopee?

👉Waktu pembayaran masuk ke akun penjual tergantung pada metode pembayaran yang digunakan oleh pembeli. Jika pembeli menggunakan ShopeePay, pembayaran akan masuk segera setelah transaksi selesai. Jika pembayaran menggunakan metode bank transfer atau dompet elektronik lain, waktu pembayaran masuk bisa 1-3 hari kerja.

Baca Juga  Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB

12. Apakah Sobat Smart Ponsel perlu membayar biaya untuk mengunggah produk di Shopee?

👉Tidak. Sobat Smart Ponsel tidak perlu membayar biaya untuk mengunggah produk di Shopee. Biaya yang dikeluarkan hanya saat pembeli melakukan pembayaran dan ada beberapa biaya tambahan yang perlu dikeluarkan.

13. Apakah Sobat Smart Ponsel bisa menentukan harga produk sendiri di Shopee?

👉Tentu saja. Sobat Smart Ponsel bisa menentukan harga produk yang dijual di Shopee sendiri. Namun, harga yang ditentukan haruslah sesuai dengan harga pasar dan tidak terlalu merugikan pembeli.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Sobat Smart Ponsel sekarang memiliki informasi yang lengkap tentang cara buka toko di Shopee lewat hp. Dalam proses membuka toko di Shopee, Sobat Smart Ponsel dihadapkan pada beberapa kelebihan dan kekurangan, namun keuntungan jangkauan dan kemudahan pengelolaan bisnis menjadi hal yang sangat menjanjikan. Selain itu, Sobat Smart Ponsel juga telah mengetahui tata cara membuka toko di Shopee dan informasi lengkap di tabelnya.

Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Smart Ponsel dalam memulai bisnis jual-beli di Shopee dengan sukses. Yuk, jangan ragu untuk mencoba membuka toko di Shopee lewat hp sekarang!

Penutup

Artikel ini adalah karya orisinal yang dibuat oleh penulis dan merupakan panduan sesuai dengan informasi terbaru dari Shopee. Penulis dan tim tidak memegang tanggung jawab atas kesalahan informasi maupun kerugian yang timbul dari penggunaan informasi pada artikel ini. Penggunaan artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca.