Cara Bikin Lamaran Kerja Lewat Email di HP

Pendahuluan

Dalam era digital seperti saat ini, teknologi telah mengubah banyak hal termasuk dalam mencari pekerjaan. Salah satu cara yang semakin populer adalah mengirim lamaran kerja lewat email di HP. Proses ini lebih praktis dan efisien karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja menggunakan perangkat mobile. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lamaran kerja Anda lewat email di HP tetap profesional dan berhasil. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang cara bikin lamaran kerja lewat email di HP.

Kelebihan Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP

1. Praktis dan efisien. Dengan mengirim lamaran kerja lewat email di HP, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pencarian dan pengiriman lamaran. Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja asalkan ada koneksi internet.
💼

2. Cepat sampai ke pihak perusahaan. Email memiliki keunggulan dalam pengiriman yang lebih cepat dibandingkan dengan surat fisik yang memerlukan waktu lebih lama untuk sampai ke tujuan. Dalam dunia bisnis yang serba cepat seperti sekarang, kecepatan menjadi faktor penting.
🚀

3. Biaya lebih murah. Mengirim lamaran kerja lewat email di HP tidak memerlukan biaya pengiriman seperti surat fisik. Anda hanya perlu bayar biaya internet. Ini dapat menghemat pengeluaran Anda dalam mencari pekerjaan.
💵

4. Kemungkinan mendapatkan respons lebih cepat. Dalam beberapa kasus, perusahaan dapat langsung merespons lamaran kerja via email karena kemudahan kerja di era digital. Hal ini bisa mempercepat proses seleksi dan panggilan wawancara.
📲

5. Bisa menyertakan portofolio digital. Dalam email lamaran kerja, Anda dapat menyematkan link portofolio atau CV digital Anda dalam bentuk URL atau file terlampir. Hal ini memudahkan pihak perusahaan untuk melihat karya-karya Anda dengan lebih mudah.
📁

6. Tersimpan secara digital. Email lamaran kerja akan tersimpan secara digital di kotak masuk Anda maupun di server penyedia email. Hal ini memudahkan Anda untuk mencari dan melacak lamaran-lamaran yang telah Anda buat.
💾

7. Lebih ramah lingkungan. Dalam hal ini, mengirim lamaran kerja lewat email di HP lebih ramah lingkungan karena tidak memerlukan kertas dan penggunaan bahan-bahan lain yang umumnya digunakan dalam proses pengiriman surat fisik.
♻️

Kekurangan Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP

1. Terbatasnya tampilan visual. Dalam email lamaran kerja, terkadang tampilan visual maupun format dokumen tidak dapat dijaga dengan baik. Hal ini bisa mempengaruhi kesan pertama pihak perusahaan terhadap lamaran Anda.
🖥️

2. Kemungkinan tersesat atau masuk ke folder spam. Email yang dikirim dari HP mungkin memiliki peluang yang lebih tinggi untuk disaring oleh sistem ke dalam folder spam. Sehingga, lamaran kerja Anda bisa tertunda atau bahkan tidak terbaca oleh pihak perusahaan.
📧

3. Terbatasnya informasi yang dapat disampaikan. Dalam lamaran kerja via email, Anda terbatas dalam jumlah kata atau karakter yang dapat Anda sampaikan. Anda harus mampu menuliskan informasi penting secara padat dan jelas.
✏️

4. Kurangnya privasi. Email merupakan sarana yang rentan terhadap kebocoran data. Oleh karena itu, perlu ekstra hati-hati dalam melindungi informasi pribadi yang terdapat dalam lamaran kerja via email.
🔐

5. Tidak semua perusahaan menerima lamaran melalui email. Meskipun semakin banyak perusahaan yang menerima lamaran via email, masih ada kemungkinan bahwa beberapa perusahaan memilih untuk tidak melakukannya. Sehingga, Anda perlu mengikuti aturan dan instruksi yang diberikan oleh perusahaan terkait.
⚠️

6. Sulit menonjolkan diri. Dalam email, sulit bagi Anda untuk menonjolkan diri dengan visual dan desain yang menarik seperti dalam format fisik. Anda harus mengandalkan kemampuan menulis yang baik untuk mendapatkan perhatian pihak perusahaan.
💡

7. Tidak semua email dapat diakses di HP. Meskipun sebagian besar email dapat diakses di HP, masih ada beberapa email tertentu yang fitur-fiturnya tidak dapat ditampilkan dengan baik di perangkat mobile. Hal ini bisa mengurangi kenyamanan Anda dalam mengirim lamaran kerja.
📱

No. Informasi Deskripsi
1 Subjek Email Tuliskan subjek email yang jelas dan singkat, mencerminkan tujuan lamaran Anda.
2 Nama Lengkap Tulis nama lengkap Anda di bagian awal email sebagai identitas diri Anda.
3 Informasi Kontak Sertakan informasi kontak yang valid seperti nomor telepon dan alamat email yang mudah dihubungi.
4 Penjelasan Singkat Berikan penjelasan singkat tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja Anda.
5 Tujuan Lamaran Sampaikan dengan jelas tujuan Anda mengirim lamaran kerja dan posisi yang ingin Anda lamar.
6 Unggahan CV dan Portofolio Sertakan CV dan portofolio dalam format yang mudah diakses oleh pihak perusahaan.
7 Kesopanan dan Bahasa Jaga bahasa dan kesopanan yang baik selama penulisan email lamaran Anda.

FAQ Tentang Cara Bikin Lamaran Kerja Lewat Email di HP

1. Bagaimana cara membuat subjek email yang menarik?

Anda dapat membuat subjek email yang menarik dengan memasukkan kalimat singkat yang mencerminkan keinginan dan keahlian Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar.

2. Apakah alamat email harus menggunakan nama lengkap?

Idealnya, alamat email Anda sebaiknya mencerminkan nama lengkap Anda untuk memberikan kesan profesional. Namun, jika alamat email nama lengkap Anda tidak tersedia, pilihlah alamat email yang mudah diingat dan tetap profesional.

3. Apakah harus menyertakan foto dalam email lamaran?

Sebaiknya, Anda menyertakan foto dalam email lamaran jika hal ini diminta oleh perusahaan. Pastikan foto yang Anda sertakan adalah formal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Bagaimana jika file terlampir terlalu besar untuk dikirim lewat HP?

Jika file terlampir terlalu besar, Anda dapat menggunakan layanan pengirim file besar melalui email atau menyematkan tautan unduhan file dari layanan cloud storage.

5. Apakah mencantumkan kontak referensi dalam email lamaran diperlukan?

Jika kontak referensi Anda dianggap relevan dan penting oleh perusahaan, maka Anda dapat mencantumkannya dalam email lamaran Anda. Namun, pastikan Anda telah meminta izin terlebih dahulu kepada kontak referensi Anda untuk menyebutkan nama dan kontak mereka dalam email lamaran.

6. Berapa banyak kata atau karakter yang ideal dalam email lamaran?

Idealnya, email lamaran kerja Anda tidak boleh terlalu panjang. Usahakan agar email tersebut dapat dibaca dengan mudah dalam waktu singkat dan sampaikan informasi yang penting saja. Gunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan langsung ke intinya.

7. Apakah boleh mencantumkan link ke profil media sosial dalam email lamaran kerja?

Jika profil media sosial Anda terkait erat dengan posisi yang Anda lamar, misalnya profil LinkedIn atau portfolio desain di Behance, Anda dapat mencantumkan link tersebut di email lamaran Anda. Pastikan konten di profil media sosial Anda bersih dan profesional.

8. Apakah ada batas waktu dalam mengirim lamaran kerja via email?

Setiap perusahaan mungkin memiliki batas waktu yang berbeda dalam menerima lamaran. Usahakan untuk mengirim lamaran sesegera mungkin setelah iklan lowongan kerja dipublikasikan agar Anda memiliki peluang yang lebih tinggi dalam seleksi.

9. Bisakah saya mengirim email lamaran saat sedang dalam perjalanan?

Tentu saja, Anda dapat mengirim email lamaran saat sedang dalam perjalanan asalkan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan memastikan email yang Anda tulis tetap terstruktur, singkat, dan jelas.

10. Bagaimana cara mengetahui apakah email lamaran sudah terbaca oleh pihak perusahaan?

Tidak semua layanan email memberikan konfirmasi pembacaan. Jika Anda ingin mengetahui apakah email Anda telah terbaca atau tidak, Anda dapat menggunakan layanan pesan elektronik yang menyediakan fitur konfirmasi pembacaan.

11. Bisakah saya mengirim ulang email lamaran jika ada kesalahan dalam penulisan atau lampiran?

Selama batas waktu yang ditentukan oleh perusahaan belum terlewat, Anda dapat mengirim ulang email lamaran yang telah diperbaiki. Namun, pastikan Anda memberi tahu pihak perusahaan tentang pengiriman ulang tersebut agar mereka tidak bingung dengan email duplikat.

12. Apakah ada risiko email lamaran terlalu sering masuk ke folder spam?

Terkadang pesan dari alamat baru atau tidak dikenali cenderung masuk ke folder spam. Pastikan subjek email dan konten Anda terhindar dari kalimat atau kata yang terindentifikasi sebagai spam.

13. Apakah saya perlu mencetak email lamaran yang sudah terkirim sebagai bukti?

Anda dapat mencetak email lamaran sebagai bukti jika perusahaan meminta Anda melampirkan bukti pengiriman. Namun, dalam kebanyakan kasus, cetak ulang email lamaran tidak diperlukan.

Kesimpulan

Dalam era digital yang semakin maju, mengirim lamaran kerja lewat email di HP merupakan cara yang praktis dan efisien untuk mencari pekerjaan. Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan cara bikin lamaran kerja lewat email di HP serta informasi lengkap tentang langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam proses pengiriman lamaran tersebut. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan Anda dapat membuat lamaran kerja yang profesional dan berhasil. Persiapkan dokumen-dokumen penting dan tautan portofolio Anda dengan baik, gunakan bahasa yang jelas dan sopan, serta pastikan email Anda mencerminkan ketertarikan dan kemampuan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan melalui email di HP!

Kata Penutup

Pada akhirnya, cara bikin lamaran kerja lewat email di HP menjadi solusi praktis dan efisien untuk memperluas peluang kerja Anda. Meski terdapat kelebihan dan kekurangan dalam metode ini, tetaplah berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Pastikan Anda menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan dan tetap profesional dalam setiap tahapan. Tetap semangat dan berusahalah semaksimal mungkin dalam mengirimkan lamaran kerja lewat email di HP. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan!