Cara Backup File Gambar dan Video di HP Android ke Google Drive

Cara Upload/Backup File Gambar dan Video ke Google Drive di HP Android – Layanan Google Drive saat ini sudah menjadi komputer penyimpan data berjalan yang bisa Kamu akses dimanapun dan kapanpun. Nggak perlu lagi berbagi data via flashdisk, dengan Google Drive Kamu bisa menyimpan sekaligus berbagi file dengan orang lain. Apalagi layanan cloud storage dari Google ini bisa Kamu nikmati secara gratis dengan kapasitas mencapai 15 GB. Tentu saja semua orang bisa menggunakan layanan ini asalkan memiliki akun Google.

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan berbagi file dokumen saja, Google Drive juga bisa digunakan untuk menyimpan file musik, video dan gambar. Jadi dengan layanan ini akan memudahkan Kamu dalam menyimpan dan berbagi file tanpa harus repot-repot membawa penyimpan data eksternal.

Baca dulu: Cara Mengatasi Memori Penyimpanan Data Penuh di Android

Dihapus sayang, mending backup semua file (Video, foto, dll) di Smartphone ke Google Drive

Meskipun Google Drive sudah familiar di kalangan pengguna Android, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara upload file gambar dan video ke Google Drive di HP Android, atau untuk backup semua file di HP yang sudah menumpuk yang sangat disayangkan untuk dihapus. Untuk cara upload file gambar dan video ke Google Drive di HP Android bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, unduh dan instal Google Drive di ponsel Kamu. Biasanya sih aplikasi ini sudah ada dalam sistem Android, alias tinggal pakai aja. Namun jika belum, bisa Kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store.

2. Selanjutnya buka aplikasi Google Drive dan Kamu akan diminta login dengan akun Gmail. Kalau ponsel Android kalian sudah terkoneksi dengan gmail, maka biasanya akan terhubung secara otomatis.

Cara Upload/Backup File ke Google Drive di Android

3. Untuk memulai meng-upload file gambar dan video, tap icon tambah di pojok kanan bawah. Setelah dialihkan ke tampilan selanjutnya, pilih icon upload. Pastikan koneksi internet Kamu sudah aktif dan stabil.

Cara Upload/Backup File ke Google Drive di Android

4. Kamu akan dialihkan ke tampilan perintah selanjutnya untuk mengambil file yang akan di upload. Pilih file yang akan diunggah bisa berupa file aplikasi, dokumen, video, gambar, musik dan file lainnya. Asalkan ukuran file tidak lebih dari 15 GB. Setelah file dipilih, maka secara otomatis file akan diunggah.

Cara Upload/Backup File ke Google Drive di Android

5. Proses upload selesai.

Diatas tadi merupakan cara upload file gambar dan video ke Google Drive di HP Android. File-file yang Kamu unggah melalui Google Drive tidak akan hilang, kecuali dihapus. Kamu bisa berbagi dengan siapapun melalui Google Drive. Gimana? Program ini sangat praktis bukan? Tidak perlu takut akan kebobol atau kena cyber crime, karena layanan ini sudah didukung dengan enkripsi SSL (HTTPS) sehingga keamanan data yang di upload sangat terjamin.

Fyi, SSL ini merupakan sebuah protokol keaman  untuk mengakses website yang dialihkan ke HTTPS secara otomatis. Fitur semacam ini juga dimiliki Youtube, Gmail dan produk Google lainnya. Jadi Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengunggah dokumen-dokumen penting di Google Drive.

Simak juga: 5 Cloud Storage Terbaik untuk Backup Semua File di Smartphone

Demikian tutorial dan informasi tentang cara backup semua file gambar/foto dan video di smartphone Android dengan upload ke Google Drive. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *