Cara Agar HP Android RAM 2 GB Performanya Tetap Cepat dan Ringan

Cara Agar HP Android RAM 2 GB Performanya Tetap Cepat dan Ringan

Cara Bikin HP Android RAM 2 GB Tetap Cepat/Ringan dan Ngebut! Ingin Android punya performa cepat dan ngebut walau RAM hanya 2GB? Kapasitas RAM pada Android menjadi salah satu patokan dalam menentukan pilihan HP yang akan dibeli. Pasalnya, kapasitas RAM akan mempengaruhi kecepatan Android saat digunakan.

Saat ini, RAM 2 GB terkadang masih belum bisa menunjang kepuasan pengguna untuk dapat memiliki Android yang ringan dan cepat dengan banyak aplikasi di dalamnya. Nah, untuk memuaskan kecepatan jelajah Android Anda, berikut cara agar HP Android RAM 2GB memiliki performa maksimal.

Tips Agar Ponsel Android RAM 2 GB Tetap Cepat, Ringan dan Tidak Lag

1. Menambah RAM Android Menggunakan Aplikasi Swapper & Tools

Menambah RAM pada Android akan memberikan ruang penyimpanan yang lebih banyak lagi, sehingga HP tidak akan lemot meskipun dipasang banyak aplikasi. RAM tambahan ini biasa disebut sebagai RAM virtual. Adapaun langkah-langkah dalam menambah RAM Android menggunakan aplikasi Swapper & Tools yaitu:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya mengunduh aplikasi Swapper pada playstore dan memasangnya pada Android.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi Swapper yang sudah terpasang di Android maka akan muncul beberapa pilihlan menu. Pada menu-menu tersebut, pilihlah Active Swap on Boot.
  • Selanjutnya pada bagian Swap File Position, pilih opsi SD Card FAT Partition.
  • Kemudian, pada pilihan Swap File Size, masukkanlah jumlah RAM yang ingin ditambahkan.
  • Setelah selesia dengan langkah-langkah tersebut, simpanlah perubahan yang dilakukan dengan klik simpan konfigurasi.

Aplikasi ini dapat digunakan pada semua jenis Android tanpa root, sehingga pengguna tidak perlu repot dan ribet melakukan root terlebih dahulu.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan pada Android Menggunakan Aplikasi System App Remover (ROOT)

Aplikasi bawaan pada Android tidak semua dibutuhkan oleh pengguna sehingga keberadaannya hanya menyedot penggunaan RAM karena terus berjalan meskipun tidak digunakan.

Seperti yang diketahui bahwa aplikasi bawaan tersebut tidak bisa di-unistall begitu saja dan membutuhkan bantuan dari aplikasi lain, salah satunya yaitu menggunakan aplikasi System App Remover. Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna Android root.

Cara menghapus aplikasi bawaan menggunakan System App Remover cukup mudah dan singkat. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi System App Remover dan menandai semua aplikasi bawaan yang ingin dihilangkan.

Setelah itu, klik Uninstall yang terletak di bagian paling bawah. Kemudian akan muncul kotak dialog, piluhlah Ok (Yes).

Simak juga: Cara Mengetahui Aplikasi yang Banyak Memakai RAM HP Android

3. Mengganti Launcher Bawaan pada Android

Setiap Android memiliki Launcher yang berbeda-beda sesuai dengan tipe HP masing-masing. Launcher bawaan ini biasanya cukup berat sehingga menyita RAM pengguna dan mempengaruhi kinerja Androi.

Oleh sebab itu, pengguna dapat mengganti Launcher bawaan menggunakan aplikasi Launcher yang lebih ringan. Salah satu aplikasi Launcher yang sering dijadikan pilihan yaitu Zero Launcher dimana aplikasi ini sangat ringan dengan fitur yang memadai.

Nah, itulah tadi beberapa cara menjadikan HP Android RAM 2 GB punya performa yang cepat hanya dalam waktu singkat. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *