Navigation
Navigation
Cara Menghapus/Hidden Menu Developer Options di Settings Android - Developer Option (pilihan pengembang) merupakan salah satu menu yang ada pada Android yang didalamnya terdapat beberapa pilihan menu untuk mengembangkan Android. Fitur developer options ini sebenarnya tersembunyi pada Android yang bisa diaktifkan atau disembunyikan sesuai keinginan pengguna.
Menghilangkan menu developer options hp Android

Namun, beberapa orang biasanya tidak sengaja mengaktifkannya dan menekan salah satu fiturnya sehingga terjadi perubahan pada ponsel. Oleh sebab itu, berikut akan kami ulas tentang cara menyembunyikan menu developer options di settings Android untuk mengembalikan ponsel seperti semula.

Apa Itu Menu Developer Options?

Sebagian orang mungkin masih belum paham terkait developer options karena kebanyakan Android menyembunyikan fitur ini saat dipasarkan. Hal itu dikarenakan user normal tidak akan membutuhkan fitusr tersebut. Biasanya pengguna fitur ini adalah orang-orang yang menyukai programmer yang sudah tidak canggung lagi dengan teknologi. Beberapa orang yang menyukai teknologi dan suka coba-coba juga seringkali memanfaatkan developer option untuk mempercanggih smartphonenya.

Di dalam developer options terdapat sekitar 34 menu tersembunyi dengan berbagai kegunaannya. Adapun menu yang ada pada pilihan pengembang meliputi USB debugging, desktop backup password, bug report, HCI snoop log Bluetooth, membuat layar Android tetap menyala selama melakukan pengisian baterai, tampilan CPU usage overlay dan masih banyak lagi menu-menu lainnya.

Manfaat developer option yang umum digunakan yaitu mengetahui jumlah sentuhan pada Android, mengatur rendering Android, meningkatkan sensitifitas perangkat, membuat alamat palsu, mengatur animasi dan mengatur terkait debugging Androdi atau USB.

Cara Hilangkan Menu Developer Options di Settings Smartphone Android

Cara untuk menyembunyikan menu developer options di setting Android dapat dilakukan dengan dua metode yaitu dengan menghapus cache pada menu settings atau menggunakan factory data reset. Keduanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat hanya melalui menu settings pada Android.

Metode Pertama

1. Membuka menu setting pada Android.
Menghilangkan menu developer options hp Android

2. Setelah itu pilihlah menu Manajemen Aplikasi dan pilihlah untuk menampilkan semua aplikasi pada Adnroid (All).

3. Pilihlah aplikasi setting atau pengaturan, maka akan muncul jendela informasi terkait aplikasi setting.
Menghilangkan menu developer options hp Android

4. Kemudian pilihlah clear data atau hapus data beserta cache, maka secara otomatis developer option akan hilang dari menu pengaturan.
Menghilangkan menu developer options hp Android

Simak juga: Cara Mengaktifkan USB Debugging di Semua Perangkat Android

Metode Kedua

Metode kedua ini biasanya dilakukan jika metode pertama tidak berhasil. Namun, perlu diperhatikan jika metode ini akan menghapus semua data yang ada pada perangkat. Jadi, data yang penting sebaiknya dipindah dan disimpan pada perangkat lain. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

1. Membuka menu setting pada Android.

2. Memilih opsi Backup dan Reset.
Menghilangkan menu developer options hp Android

3. Akan muncul beberapa pilihan opsi dan pilihlah factory data reset atau reset data pabrik. Pastikan untuk mencentang kolom backup data, akun dan restore otomatis untuk membackup data dan mengembalikannya setelah di reset.
Menghilangkan menu developer options hp Android

4. Setelah itu akan muncul pemberitahuan konfirmasi tindakan, maka pilihlah Reset Device atau Perangkat. Kemudian perangkat Android Anda akan direset ulang dan kembali seperti saat membeli dari pabrik.
Menghilangkan menu developer options hp Android

Baca lainnya: Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Gratis Tanpa Harus Ngoding

Demikian cara meneyembunyikan menu developer options di settings Android. Semoga bermanfaat.
 

Type something and hit enter