Type something and hit enter

Cara Terbaik Melindungi Agar Akun Instagram Tidak Mudah Dihack - Seiring perkembangan jaman, sudah banyak sekali teknologi canggih yang diciptakan dan disediakan tidak lain adalah guna mempermudah segala kegiatan dan aktivitas manusia. Termasuk dalam kegiatan bertukar informasi dan melakukan komunikasi dengan sesama.
5 Cara Terbaik Agar Akun Instagram Tidak Mudah Dihack

Berbicara tentang media sebagai sarana bertukar informasi dan melakukan komunikasi, saat ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan simple dengan memanfaatkan berbagai akun media sosial online yang dihadirkan dengan variasi yang sangat lengkap. Banyak sekali pilihan akun sosmed yang sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan loyalitas manusia. Sebut saja akun Instagram yang saat ini tengah menjadi salah satu akun sosmed paling banyak diminati oleh berbagai kalangan pengguna sosmed.

Aplikasi sosmed yang satu ini mirip dengan aplikasi facebook, namun terdapat beberapa perbedaan yang ada di dalamnya. Kegemaran dalam mengolah akun Instagram pribadi, terkadang membuat seseorang lupa dengan berbagai aktivitas lainnya. Tetapi banyak kalangan yang tidak sadar bahwa akun instagaram miliknya sedang di hack oleh pihak tidak bertanggung jawab yang suka mencari masalah.

Simak dulu: Cara Menghapus Akun Profil Bisnis di Instagram

Tentunya hal ini sangat merugikan bagi pemilik akun Instagram yang asli, baik dari privasi data, maupun file yang akan atau sudah diponsting dalam akun Instagram tersebut. Untuk itu, bagi Anda pengguna media sosial Instagram, perlu mengetahui tips ampuh dalam mengamankan akun Instagram privasi supaya tidak di hack oleh pihak yang tidak dikendaki.

Cara proteksi akun Instagram agar tidak gampang kena hack

Mengingat pentingnya proteksi terhadap akun Instagram ini, di bawah ini kami hadirkan beberapa tips jitu dalam mengamankan akun Instagram Anda agar tidak mudah di hack oleh orang lain bahkan oleh programmer canggih sekalipun.

1. Gunakan Passwor yang Rumit

Cara yang pertama agar akun Instagram Anda tidak mudah di hack oleh orang lain adalah dengan membuat password serumit dan seunik mungkin. Pastikan password yang Anda buat tidak dapat ditebak oleh orang lain.

Kebiasaan buruk yang dilakukan banyak kalangan adalah membuat password dengan menggunakan tanggal lahir atau nama hal-hal atau nama orang yang berhubungan dengan pemilik akun Instagram tersebut. Padahal cara ini merupakan cara yang berbahaya, sebab pemilihan password sejenis ini memiliki potensi lebih besar untuk di hack oleh para hacker tidak bertanggung jawab, termasuk akun Instagram privasi.

Gunakan password serumit mungkin untuk mengamankan akun Instagram Anda. Bisa Anda lakukan dengan memadukan huruf-huruf kecil dan huruf capital, atau bahkan bisa ditambahi dengan selingan angka agar lebih rumit dan tidak bisa ditebak oleh orang lain. Hal ini tentunya akan sangat mengamankan akun Instagram privasi Anda.

Baca ini: Cara Menghapus History Pencarian Instagram Secara Permanen

2. Logout Akun Saat Login dengan Perangkat Orang Lain

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan seseorang adalah hanya menutup begitu saja akun Instagram yang dibuka pada ponsel orang lain atau pada komputer bukan milik sendiri. Padahal sudah bisa ditebak, kebiasaan buruk ini sangat membahayakan akun Instagram Anda. Tidak menutup kemungkinan pemilik ponsel atau komputer yang Anda gunakan untuk membuka akun Instagram akan secara sengaja atau tidak sengaja masuk ke dalam akun Instagram Anda.

Sangat direkomendasikan untuk melakukan logout akun sebelum menyerahkan ponsel atau komputer yang Anda gunakan untuk membuka akun Instagram kepada pemiliknya. Dengan melakukan logout, Anda tidak akan merasa khawatir jika sewaktu-waktu pemilik ponsel atau komputer tersebut masuk ke aplikasi Instagram dan sudah tidak berada lagi pada berAnda akun Instagram milik Anda.

3. Mengkonfirmasi Email

Beberapa kalangan menganggap konfirmasi email merupakan kegiatan yang sepele, namun ternyata hal ini juga berpengaruh terhadap keamanan akun Instagram Anda. Sehingga akan lebih baik bagi Anda untuk melakukan konfirmasi email dengan benar sebagai upaya meningkatkan keamanan akun Instagram pribadi Anda.

4. Aktifkan Two-Factor Authentication

Dengan mengaktifkan fitur ini maka akun Instagram Anda akan semakin terlindungi. Pasalnya, selain harus mengetahui password yang rumit, si hacker harus membobol autentikasi akun tersebut. Autentikasi 2 langkah ini akan memperketat akun Instagram Anda agar tidak mudah dibobol. Karena dengan mengaktifkan fitur ini, maka setiap login ke Akun Instagram, Anda akan diminta untuk mengisi kode konfirmasi (rahasia) yang akan dikirimkan langsung ke nomor ponsel Anda. Jadi, pastikan pula bahwa nomor ponsel yang dimasukkan pada profil akun Instagram, adalah nomor yang benar, bukan nomor fake.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara masuk ke Profil > Settings (titik tiga) > lalu klik Autentikasi Dua-Faktor atau Two-Factor Authentication > ON.

5. Jangan "simpan password" di browser

Diantara banyak celah hacker agar dapat menguasai akun Instagram seseorang biasanya mereka mengambil cache atau hasil penelusuran dan data-data seperti password yang tersimpan pada browser. Baik itu melalui mobile ataupun akun Instagram yang dibuka pada peramban/browser laptop/PC.

Untuk itu, saat Anda saat sedang ingin login di browser pada device manapun, jangan sekali-kali mengkilik pop-up notification yang meminta Anda untuk menyimpan password. Anda bisa mengabaikan notifikasi tersebut, atau dengan mengklik tombol "Jangan sekarang".

Cara ini juga bisa dilakukan pada akun-akun yang lain, entah itu akun sosial media lainnya, ataupun data login e-banking, website/blog, situs online shop, serta aplikasi webtools. Dengan begitu, akun Instagram Anda akan sedikit lebih aman dari serangan hacker.

Simak juga: Fitur Terbaru Instagram yang Belum Banyak Diketahui Pengguna

Mudah dilakukan bukan beberapa tips di atas?. Dengan cara yang mudah dan simple dan pastinya bisa dilakukan siapa saja, akun Instagram privasi akan aman dan tidak bisa dibobol oleh pihak yang tidak dikehendaki. Karena keamanan data merupakan hal yang dijaga, termasuk dalam akun sosmed seperti akun Instagram ini.