Type something and hit enter

Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak - Sebagaimana kita ketahui, sensor sidik jari pada smartphone dibuat dengan tujuan/maksud untuk meningkatkan keamanan dan membuat privasi penggunanya lebih terjamin. Dan pastinya, menjadi lebih praktis, karena tidak memerlukan pin atau pola garis sebagai pembuka kunci layar.
Cara Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak

Namun dibaik keunggulannya, sensor sidik jari pada smartphone juga memiliki kelemahan salah satunya mudah sekali rusak atau error. Namun anda tak perlu khawatir, berikut akan kami share beberapa cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak. Nah, silahkan disimak.

Tips Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak

1. Jangan Gunakan Saat Jari Basah

Keringkan dulu jari anda yang basah ketika akan mengakses sensor sidik jari pada smartphone. Air membuat panel fingerprint cepat rusak. Seperti yang kita tahu, air sangat mudah merusak barang-barang elektronik termasuk smartphone.

2. Jangan Mendaftarkan Terlalu Banyak jari

Walaupun sebuah smartphone biasanya mampu menyimpan sidik jari sebanyak lima buah, namun alangkah baiknya jika anda hanya menyimpan dua sidik jari saja agar sensor pada smartphone anda berfungsi baik.

Simak juga: Rahasia Letak Sensor Fingerprint pada Smartphone

3. Hindari Terkena Air Hujan

Jika jari yang basah dapat memicu kerusakan, maka air hujan bisa lebih berbahaya. Tepian fingerprint panel akan menjadi celah masuk untuk air hujan dan merusak sensor yang ada didalamnya.

4. Pindai Jari  Saja Jangan Yang Lain

Selain jari, sebaiknya jangan gunakan bagian kulit yang lain pada fingerprint scanner karena bisa membuatnya mengalami malfunction.

5. Hindarkan Benda Tajam Pada Scanner Fingerprint.

Scanner fingerprint pada smartphone hanya dirancang untuk mengenali pola unik pada ujung jari. Jika sampai tergores benda tajam maka besar kemungkinan tidak bisa dipakai lagi.

6. Jangan Men-Scan Jari Dalam Keadaan Kotor

Kotoran pada jari akan menghalangi smartphone membaca sidik jari, bisa juga menjadi tidak berfungsi karena debu-debu halus yang terlalu banyak masuk ke dalam sensor melalui celah pada panel fingerprint. Sebaiknya bersihkan dulu jari anda sebelum mengakses fingerprint.

Nah, itulah diatas beberapa cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak. dan berfungsi dengan baik. Namun bagaimana jika sudah terlanjur rusak? Jangan panik, kami juga akan bagikan solusinya untuk anda.

Lainnya: 7 Aplikasi Pengunci Sidik Jari Terbaik di Android

Solusi sensor sidik jari yang terlanjur rusak

1. Restart Smarphone

Dengan restart, seluruh sistem pada smartphone akan disegarkan kembali. Bila fingerprint tidak berfungsi karena salah satu komponen pada perangkat lunaknya mengalami crash atau berjalan tidak semestinya, maka cara ini efektif untuk membuatnya normal kembali.

2. Bersihkan Cache Pada Fingerprint

Masuklah ke menu Pengaturan kemudian buka Kelola Aplikasi dan temukan aplikasi fingerprint anda. Setelah itu, klik Hapus Cache. Selain untuk menghapus history sidik jari anda, cara ini juga bisa membuat perangkat lunak fingerprint berjalan normal kembali.

3. Hapus Data Yang Tersimpan Pada Fingerprint

Hampir sama dengan cara membersihkan cache di atas, masuklah terlebih dahulu ke Pengaturan, lalu buka Kelola Aplikasi dan temukan aplikasi fingerprint anda kemudian tekan Hapus Data. Ini akan membuat semua sidik jari yang terekam sebelumnya akan hilang. Setelah fingerprint normal kembali, silahkan rekam ulang sidik jari anda.

4. Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Bila semua cara di atas sudah anda coba namun fingerprint masih belum berfungsi, maka cobalah cara terakhir ini yaitu dengan mengembalikan seluruh sistem smartphone ke pengaturan awal atau setelan pabrik. Sistem pada smartphone akan kembali seperti ketika pertama dibeli.

Semua pengaturan termasuk semua akun beserta password yang sudah anda tambahkan akan hilang. Karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menyetel ulang smartphone ke pengaturan pabrik, sebaiknya simpan dulu semua data penting anda ke dalam micro sd. Pindahkan juga semua nomer telepon yang tersimpan dalam smartphone ke dalam sim card.

Anda akan diberi dua pilihan setelah anda menekan Kembali Ke Pengaturan Pabrik pada smartphone yaitu mengatur ulang smartphone saja atau sekalian dengan mico sd-nya. Pilihlah pengaturan pabrik hanya untuk smartphone saja agar file-file dalam micro sd tidak ikut hilang.

Demikianlah beragam cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak beserta langkah memperbaikinya bila fingerprint pada smartphone anda sudah terlanjur rusak. Semoga bermanfaat untuk anda.