Type something and hit enter

Sinyal 4G Hilang, Apa yang Harus Dilakukan? - Sering mengalami sinyal 4G yang tiba-tiba hilang? Hilangnya sinyal 4G secara tiba-tiba terbilang lumrah dan sering terjadi. Sinyal 4G yang menghilang dan beralih ke sinyal H dan E dapat terjadi karena berbagai faktor.
Sinyal 4G Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Faktor yang dapat menyebabkan hilangnya sinyal 4G pada perangkat ponsel pintar Anda dapat disebabkan oleh cuaca yang buruk serta banyaknya pengguna yang menggunakan provider yang sama dengan yang Anda pakai.

Bisa juga karena daerah yang Anda tempati memang tidak terlalu terjangkau sinyal 4Gnya.

Cara Mengatasi Sinyal 4G yang Hilang TIba-Tiba

Saat ini, hampir semua smartphone keluaran terbaru dilengkapi dengan jaringan 4G. Dan ini dikarenakan teknologi sinyal 4G memang jauh lebih cepat dalam mengakses internet.

Tetapi masalahnya sinyal 4G belum bisa dikatakan stabil saat ini, bahkan di dalam kota pun sinyal 4G masih sering hilang.

Simak dulu: Cara Memperkuat Jaringan Sinyal 4G Tanpa Aplikasi Tambahan

Lantas, saat sinyal 4G hilang, apa yang harus dilakukan? Nah, berikut kami share solusinya.

Cara pertama; masuklah ke menu pengaturan lalu pilih opsi setelan jaringan. Atau, untuk lebih mudahnya, Anda bisa langsung tap dan tahan gambar koneksi yang ada pada shortcut di bagian atas, kemudian akan muncul setelan jaringan, kemudian tap operator jaringan.

Tunggulah beberapa saat, sinyal akan hilang sementara dan sinyal akan melakukan pencarian untuk memproses atau merefresh ulang.

Kemudian, pada layar akan muncul beberapa pilihan jaringan. Pilihlah jaringan 4G pada menu tersebut. Cara ini bisa digunakan untuk memunculkan kembali jaringan 4G di smartphone Anda.

Cara kedua; coba masuk ke menu pengaturan, setelah itu pilihlah sub menu setean jaringan > Access Point Name (Nama Titik Akses). Setelah itu, pilih WAP kemudian ubah APN dengan APN lain sesuai dengan provider yang Anda gunakan seperti telkomsel, 3data, atau APN lain yang tersedia.

Cara ketiga; cobalah merestart perangkat Android yang Anda miliki, kemudian ketik *#*#4636#*#* pada menu panggilan, lalu lakukan panggilan, selanjutnya akan menuju ke radio broadband, yang selanjutnya akan mengubah jaringan ke 4G only (hanya 4G).

Faktor penyebab hiangnya sinyal 4G pada smartphone, adakalanya dikarenakan cakupan area yang tidak terjangkau. Oleh karenanya, sinyal 4G tidak dapat Anda terima dengan maksimal.

Salah satu trik untuk mengatasinya yaitu dengan mengubah settingan jaringan menjadi 4G Only. Dengan demikian, perangkat Android Anda akan menemukan sinyal 4G meskipun sinyal tersebut cenderung lemah.

Cara Lain untuk Menangkap Sinyal 4G

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lain sebagai berikut:

Cara pertama; Anda dapat membeli sticker khusus yang fungsinya untuk memperkuat sinyal. Stiker yang bisa Anda beli diantaranya sticker PCB yang dapat digunakan dengan cara menempelkan sticker tersebut pada tutup baterai perangkat Android yang Anda gunakan.

Cara ini dapat Anda coba karena stiker tersebut terbuat dari alumunium foil dan bahan penarik sinyal sehingga dapat memperkuat jaringan 4G di smartphone Anda.

Sayangnya, cara ini tidak dapat Anda lakukan jika baterai pada perangkat yang Anda gunakan tidak dapat dilepas (irremovable battery).

Cara kedua; yaitu dengan membuat sticker sendiri. Anda dapat mencoba membuat sticker sendiri dengan menggunakan sticker tambal panci yang terbuat dari aluminium foil.

Anda juga bisa memanfaatkan bungkus kemasan makanan yang menggunakan material aluminium foil seperti pada kemasan coklat batang. Aluminium foil sangat baik untuk menangkap sinyal dari luar ruangan.

Lainnya: Cara Mencari Sinyal 4G LTE di HP Android


Penyebab Sinyal 4G Hilang Tiba-Tiba

1. Faktor Cuaca

Cuaca dapat berpengaruh pada jaringan atau sinyal smartphone Anda. Saat terjadi cuaca buruk yang ditandai dengan angina kencang, hujan lebat, dan disertai petir yang menyambar, maka sinyal akan sulit tertangkap sehingga cenderung mudah hilang tiba-tiba.

Sebaiknya, saat cuaca buruk Anda tidak menggunakan perangkat Android maupun perangkat elektronik lain yang memanfaatkan gelombang radio maupun elektromagnetik untuk keamanan Anda dan keluarga.

2. Kerusakan Pada Hardware

Kerusakan yang terjadi pada hardware perangkat Anda tentunya akan mempengaruhi seberapa kuat penangkapan sinyal yang dapat dilakukan.

Misalnya, smartphone yang masuk air. Hal tersebut akan menyebabkan sinyal menjadi tidak stabil bahkan hilang sama sekali.

Selanjutnya: Mengatasi Sinyal 4G Hilang Tiba-tiba

Itulah beberapa solusi yang dapat Anda lakukan saat sinyal 4G di smartphone Anda hilang. Semoga bermanfaat.