Type something and hit enter

Solusi Sederhana Mengatasi Hp Panas Saat di Charge - Anda patut waspada bila hp terlalu panas saat di charge, karena bisa jadi ada yang salah dengan gadged anda tersebut. Mungkin bisa sedikit membantu bila anda bertanya kepada rekan atau orang lain yang pernah mengalaminya.
Cara Ampuh Mengatasi Hp Panas Saat dicharge

Namun faktanya, pemicu/penyebab panas saat hp di charge tidak selalu sama antara hp yang satu dengan lainnya.

Nah, untuk membantu anda, berikut akan kami bagikan beragam cara mengatasi hp panas saat di charge dengan terlebih dahulu mengenali penyebabnya. Silahkan disimak.

Cara Mengatasi Hp Panas Saat di Charge Sesuai dengan Penyebabnya

1. Posisi Jack Charger Kurang Pas
Pastikan posisi jack pada charger terpasang pas agar arus listrik mengalir sempurna. Jika kurang pas bisa menyebabkan hp panas.

2. Data Seluler Masih Menyala
Data seluler yang masih menyala meskipun hp tidak digunakan bisa menyebabkan sistem pada hp terus bekerja terutama untuk memperbaharui aplikasi sehingga baterai terkuras. Ini akan menyebabkan hp panas ketika dicharge dalam kondisi masih tersambung dengan internet.

Tips lainnya: 12 Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot dan Cepat Panas

3. Aplikasi Yang Belum Ditutup
Keluarlah dari aplikasi apapun saat akan memasang charger pada hp. Jika tidak, hp akan menjadi panas karena baterai terkuras.

4. Aplikasi Tidak Sesuai Dengan OS
Jangan memaksa untuk memasang suatu aplikasi bila memang tidak sesuai dengan sistem operasi pada hp anda. Jika dipaksa, justru akan membuat hp bekerja terlalu keras sehingga mudah panas.

5. Baterai Rusak
Ciri dari baterai hp yang rusak adalah sering mati mendadak atau cepat habis dayanya walaupun baru diisi penuh. Ditambah panas ketika dicharge, maka bisa dipastikan beterai hp anda benar-benar rusak. Segera ganti dengan yang baru.

6. Sumber Panas Dari Luar
Panas pada hp tak selalu berasal dari hp itu sendiri. Mungkin anda memilih tempat yang salah untuk meletakkan hp ketika di charge, seperi di atas televisi, di dekat oven, atau di samping kipas laptop yang mengeluarkan suhu panas. Sebaiknya hindari tempat-tempat semacam itu untuk meletakkan hp ketika di charge.

Solusi lainnya: Penyebab Baterai HP Cepat Habis Serta Cara Mengatasinya

7. Tetap Digunakan Ketika Dicharge
Sebaiknya tinggalkan hp anda ketika dicharge. Jangan terus dipakai terutama untuk bermain game. Selain waktu yang dibutuhkan baterai untuk terisi penuh menjadi semakin lama, ini juga menyebabkan hp panas.

8. Koneksi Yang Masih Menyala
Koneksi seperti bluetooth, GPS, atau wifi memakan daya beterai yang tidak sedikit. Karena itu, matikanlah semua koneksi ketika sudah tidak digunakan agar hp tidak bekerja terlalu keras.

9. Sinyal Buruk
Ketika berada di tempat yang minim sinyal, hp akan bereaksi dengan terus menerus bekerja mencari sinyal sehingga mudah panas.

10. Aplikasi Berjalan Tidak Normal
Terkadang, terdapat aplikasi yang membuat CPU pada hp bekerja terus meski tidak dipakai. Ada juga yang berjalan tidak normal. Ini akan membuat kerja baterai yang tidak semestinya sehingga menyebabkan panas. Bukalah task manager secara berkala untuk memantau semua aplikasi anda.

11. Casing Tambahan Yang Terlalu Tertutup
Casing tambahan yang menutup sebagian besar body hp sebenarnya menjadi penghalang bagi hp untuk mendapatkan sinyal. Ini membuat hp bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal. Tidak hanya casing tambahan, meletakkan hp dalam tas dalam waktu lama pun akan menyebabkan hal yang sama.

Untuk mengatasinya, lepaskan saja casing tambahan pada hp atau keluarkan hp dari dalam tas dan letakkan di tempat terbuka.

12. Tangan Yang Terlalu Lama Memegang Hp
Memegang hp untuk menonton video ketika dicharge juga semakin mempercepat hp menjadi panas. Sebaiknya hp jangan digunakan ketika dicharge. Bila terpaksa, gunakan holder agar tangan anda tidak langsung bersentuhan dengan hp.

Simak dulu: Penyebab HP Cepat Panas dan Boros Baterai Serta Cara Mengatasinya

13. Overclock 
Overclocking dimaksudkan untuk meningkatkan kerja hp. Namun ini justru memakan banyak daya baterai yang membuat hp cepat panas. Jika ini yang terjadi, gunakan set CPU untuk underclock saja.

14. Hp Tak Pernah Beristirahat
Bila terus dipakai, tentu saja Hp akan panas dan performanya menurun. Istirahatkan hp dengan cara dimatikan, lalu lepaskan baterainya. Tunggulah sampai benar-benar dingin dan hidupkan kembali.

Demikianlah diatas beragam cara mengatasi hp panas saat di charge.  Salah satu penyebab di atas bisa jadi merupakan penyebab panas pada hp anda ketika dicharge. Semoga ulasan ini bermanfaat dan hp anda kembali dalam kondisi baik.