Type something and hit enter

Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total - Pada dasarnya virus merupakan sebuah program yang dibuat dengan maksud mengacau atau membuat suatu sistem/program pada sebuah perangkat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total

Adapun tujuannya, tentu berbeda-beda, tergantung motivasi si pembuatnya. Ada yang memang sengaja dibuat dengan tujuan tertentu (mendapatkan keuntungan) atau hanya sekedar iseng, menjajal kemampuan yang dimilikinya.

Namun apapun itu tujuannya, tentu keberadaan virus sangat merugikan. Dan bukan hanya menyerang laptop atau komputer PC saja, nyatanya saat ini virus juga mengincar pengguna smatphone atau hp.

Nah, bicara mengenai virus pada hp, dan bila kebetulan hp anda sedang terkena virus, kali ini kami akan bagikan tips atau cara membersihkan virus di HP secara total. Bagaimana caranya?

Tips Membersihkan Virus dan Malware di HP Secara Total

1. Menghapus Aplikasi yang Terjangkit Virus

Cara membersihkan virus di HP yang pertama bisa Anda lakukan dengan jalan menghapus aplikasi yang terjangkit virus dan aplikasi yang sekiranya telah rusak tersebut.

Adapun ciri-ciri program/aplikasi yang terindikasi terserang virus biasanya tidak dapat dibuka, atau ketika dibuka malah menyebabkan lag dan crash pada HP Android. Sehingga Anda perlu untuk menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan tips berikut ini.
  • Masuklah ke dalam Safe Mode
  • Cek aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam Safe Mode
  • Kemudian hapuslah aplikasi yang tampak mencurigakan
  • Hapus juga akses administrator aplikasi asing
  • Lalu keluar dari Safe Mode

Simak juga: 6 Tips Smartphone Android Tetap Aman

2. Menghapus Langsung Virusnya

Menggunakan antivirus merupakan salah satu cara membersihkan virus di HP secara total. Saat ini sudah banyak antivirus yang khusus untuk smartphone, baik yang gratisan dan yang berbayar. Anda bisa memilih untuk menggunakan antivirus yang terpercaya dan telah terbukti ampuh, berdasarkan review pengguna yang sudah menggunakannya.

Dengan menggunakan antivirus, smartphone Anda akan lebih terlindungi, sebab jika ada indikasi virus mulai masuk, anti virus akan melakukan proteksi terhadap smartphone Anda.

3. Apabila Kondisi Sudah Parah, Silakan Reset HP Android

Langkah selanjutnya dalam mengatasi serangan virus adalah dengan me-reset HP Android Anda. Hal ini dilakukan jika virus tersebut susah diatasi dengan antivirus, dan juga tak dapat dihapus. Tapi perlu diingat, sebelum melakukan reset HP Android.

Sebaiknya back up dulu segala data atau file yang sudah disimpan. Karena biasanya, saat melakukan hard reset, semua data akan terhapus, dan kembali pada kondisi awal dari pabriknya.

Tips lainnya: Foto dan Video di Galeri Smartphone Hilang Tiba-tiba? Ini Solusinya!

4. Lakukan Flashing sistem operasi HP

Cara terakhir untuk membersihkan virus di HP secara total, dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan instal ulang (flashing) sistem operasi android. Langkah ini merupakan cara paling ampuh dalam menghapus virus dari HP, dengan flashing maka sistem operasi android yang lama akan digantikan dengan yang baru. Sayangnya, untuk cara ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli saja.

Demikian tips smartphone tentang cara membersihkan virus di hp secara total atau menyeluruh, baik pada hp Android dan iPhone. Semoga membantu.