Type something and hit enter

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung yang Tidak Berfungsi - Bukan rahasia lagi jika smartphone android, menjadi yang paling populer saat ini. Dan hal tersebut tidak mengherankan, karena faktanya, smartphone android selalu hadir dengan beragam fitur inovatif yang semakin memudahkan para penggunanya. Salah satunya terkait fitur keamanan.
Cara Mengatasi Fingerprint Samsung yang Tidak Berfungsi

Jika zaman dulu mengunci smartphone harus menggunakan kata sandi, atau dari keypad, terus berkembang lagi dengan melakukan penguncian pola, maka saat ini yang sedang naik daun adalah fitur keamanan dengan menerapkan fingerprint.

Fingerprint dianggap sebagai fitur/sistem keamanan yang mutakhir dan menjadi standar sistem keamanan smartphone saat ini. Fingerprint dianggap lebih aman, sebab  sidik jari tiap orang berbeda-beda, jadi fitur ini bisa memproteksi secara maksimal privasi pengguna.

Simak dulu: Rahasia Letak Sensor Fingerprint pada Smartphone

Nah, Samsung sebagai salah satu vendor papan atas, tentu tak mau ketinggalan. Bisa kita lihat sudah banyak smartphone baru keluaran samsung yang menggunakan fitur fingerprint didalamnya.

Namun sayangnya, setelah beberapa lama pemakaian tak sedikit pengguna mengalami berbagai permasalahan pada fitur fingerprint mereka.

Solusi atasi sensor fingerprint Samsung tidak berfungsi atau bermasalah

Lantas, bagaimana solusinya? Jangan khawatir, berikut ini telah kami rangkum beberapa cara mengatasi fingerprint Samsung tidak berfungsi, dan dijamin 100% berhasil. Mau tahu bagaimana caranya?

1. Lakukan Restart/Reboot Smartphone

Salah satu cara ampuh mengatasi fingerprint Samsung yang tidak berfungsi adalah dengan merestrat/mereboot Smartphone Samsung. Kemungkinan tidak berfungsinya fingerprint dapat disebabkan oleh beban kerja RAM yang overload.

Dan sangat disarankan ketika anda merestart smarphone, anda lepaskan terlebih dulu baterai, microSD, dan kartu SIM, lalu diamkan sejenak, hingga beberapa detik, baru setelah itu dihidupkan kembali.

Baca juga: 7 Aplikasi Pengunci Sidik Jari Terbaik di Android

2. Bersihkanlah Cache Fingerprint di smartphone 

Fitur fingerprint ini tentunya memiliki aplikasi tersendiri yang berfungsi untuk menyimpan data sidik jari pengguna. Tak jauh beda dengan halnya aplikasi lain yang juga menyimpan cache guna mempercepat pemindaian sidik jari.

Sehingga saat pengguna menempelkan jari pada home, smartphone langsung mengenali sidik jari tersebut dengan cepat.

Namun, dikarenakan cache yang terlalu banyak menumpuk, dan tidak pernah dibersihkan, aplikasi fingerprint tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Jadi, idealnya lakukan cache secara berkala agar kondisi smartphone, khususnya aplikasi fingerprint bisa selalu prima.

3. Hapuslah data pada aplikasi fingerprint

Idealnya perekaman sidik jari pada aplikasi fingerprint terutama Smartphone Samsung Galaxy hanya dapat dilakukan dua jari saja. Penumpukan data sidik jari yang terlalu banyak tentu menghambat kinerja dari sensor fingerprint.

Untuk itu salah satu cara ampuh mengatasi fingerprint Samsung yang tidak berfungsi dan 100% berhasil ialah dengan menghapus data aplikasi fingerprint dari smartphone.

Cara ini sangat mudah, anda dapat masuk ke menu Setting > Application Manager > All > Fingerprint > Clear Data. Jangan lupa untuk melakukan perekaman ulang sidik jari anda pada aplikasi. Agar sistem keamanan ini dapat anda gunakan kembali.

Tips lanjutan: Cara Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak

4. Menghapus data aplikasi fingerprint setelah di Root

Karena beberapa alasan, tak sedikit pengguna yang melakukan root pada smartphonenya. Oya, bagi anda yang belum paham apa itu root, root dapat dianalogikan sebagai sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Namun dibalik keuntungan yang didapat, root juga memiliki kekurangan atau efek buruk terkait kinerja smartphone tersebut, dan tak jarang malah membuat smartphone menjadi error. Dan salah satunya yang sering ditemukan kasus error adalah pada fitur fingerprintnya.

Nah, jika hal ini terjadi, tentunya menghapus data fingerprint adalah solusinya. Dan aplikasi yang kami sarankan untuk melakukan ini ialah Titanium Backup. Adapaun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghapus data dengan aplikasi Titanium backup ini adalah:

  • Pastikan aplikasi Titanium Backup sudah terinstall dengan baik di smartphone anda (bisa download terlebih dulu ke playstore).
  • Buka aplikasi Titanium Backup
  • Buka tab Backup/Restore
  • Lalu carilah aplikasi Fingerprint
  • Pilih Wipe Data 
  • Dan tekan OK untuk melakukan penghapusan data

5. Lakukan Factory Reset 

Jika beberapa langkah diatas belum mampu mengatasi masalah pada fingerprint ini, maka cara selanjutnya adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset. Agar smartphone kembali ke kondisi awal, seperti saat barunya dari pabrik.

Namun sebelum melakukan factory reset, pastikan anda telah melakukan bacup terhadap file-file yang dianggap penting. Baik itu file photo, video, mp3, file document dan lain sebagainya.

Nah, adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengembalikan kondisi smartphone seperti dari pabrik atau factory reset, adalah sebagai berikut:

Masuk pada menu Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset > Reset Device.

6. Jika Semua Cara Diatas Gagal, Cek Smartphone ke Service Center

Ini merupakan langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi fingerprint Samsung anda yang tidak berfungsi, yaitu dengan mendatangi service center resmi Samsung.

Biasanya di service center smartphone anda akan dicek baik secara hardware maupun software secara lebih mendetail.

Nah, itulah diatas beragam cara ampuh untuk mengatasi fingerprint samsung tidak berfungsi 100%. Good Luck.

Sumber gambar: jagatreview.com