Type something and hit enter

Tips smartphone kali ini tentang cara mengenali atau mengetahui hp yang terkena virus dan malware. Kalau Anda meyakini bahwa ponsel Android atau iPhone Anda benar-benar aman dari virus, tunggu dulu! Apakah sudah benar demikian?
Ciri-ciri HP yang Terserang Virus atau Malware

Sebab, pada awalnya keberadaan virus memang tidak akan langsung terdeteksi oleh sistem keamanan (security) smartphone. Terutama pada malware atau virus Trojan terbaru, terbilang masih sangat sulit diidentifikasi oleh security system di hp.

Lalu bagaimana mengetahui jika smartphone kita terserang virus atau telah disusupi oleh malware jahat ini? simak penjelasannya berikut.

Menganalisa Ciri-ciri HP yang Terserang Virus 

Berikut adalah beberapa ciri HP atau smartphone yang terjangkit virus. Diantaranya adalah:

1. Penggunaan Kuota Internet Tidak Wajar alias Boros

Apabila smartphone Anda terjangkit virus, biasanya ciri-ciri yang tampak, salah satunya kuota menjadi boros. Kondisi ini merupakan akibat dari malware yang sengaja diciptakan untuk mengambil informasi yang terdapat pada HP Anda.

Seringkali, malware ini bertugas untuk mencuri informasi pemilik perangkat, mengenai password, nomor kartu kredit, daftar kontak dan data penting lainnya.

Setelah data-data tersebut berhasil dicuri, maka malware akan mengirimkannya lewat akses internet kepada si pembuat malware. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan internet menjadi tidak wajar alias boros. Tak ingin data-data penting Anda dicuri, kan?

Anda dapat mengatisipasi hal tersebut dengan cara membersihkan virus di HP secara total, seperti yang telah kami ulas diatas.

Baca dulu: Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total

2. Hp Sering Crash dan lemot

Saat smartphone Anda terserang virus, salah satu ciri-cirinya adalah smartphone sering crash dan performanya semakin lambat atau lemot. Hal ini disebabkan adanya aktivitas malware yang tergolong memberatkan proses pengoperasian sistem android.

Selain itu, dengan keberadaan virus tersebut akan mengakibatkan daya baterai menjadi cepat terkuras habis walaupun Anda tidak menggunakannya untuk apa-apa. Tentu saja,  untuk menghindari terjadinya hal fatal, sebaiknya Anda segera menghapus malware dengan cara membersihkan virus di HP secara total.

3. Gangguan Pada Program

Sifat dari virus adalah dapat menyelinap dan merusak program atau aplikasi dengan sembunyi-sembunyi, tanpa diketahui. Contohnya, jika Anda sedang asyik menelpon, tiba-tiba terputus namun bukan karena sinyal yang buruk ataupun pulsa, maka Anda patut untuk curiga.

Umumnya, hal ini diakibatkan oleh malware yang sengaja memutuskan sambungan telepon dengan sendirinya.

Bukan hanya telepon saja yang dapat terkena dampak dari malware, beberapa aplikasi yang ada di dalam smartphone juga rentan disabotase oleh malware. Oleh karena itu, Anda wajib tahu tentang cara membersihkan virus di HP secara total.

Itulah diatas ulasan tentang beberapa cara menganalisa/mengetahui ciri-ciri HP yang terserang virus atau malware. Semoga bermanfaat.