Type something and hit enter

Menghapus Virus di hp Android Tanpa Antivirus - Banyaknya aplikasi yang dikembangkan para developer, membuat sistem operasi smartphone Android tergolong sangat rentan terhadap ancaman virus.
Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus

Biasanya, virus tersebut disisipkan pada aplikasi yang kemudian secara perlahan menginfeksi smartphone Android Anda hingga rusak atau tidak berfungsi normal. Tentu saja cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi serangan virus adalah menggunakan antivirus.

Namun, bagaimana kalau justru ternyata virus tersebut disematkan pada aplikasi antivirus? Mengerikan, bukan? Nah, maka dari itu, sangat penting untuk mengenali smartphone Android yang terjangkit virus serta mengetahui cara menghapus virus di smartphone Android tanpa antivirus.

Tips Mengenali Smartphone Android yang Terjangkit Virus

Berikut ini adalah tanda-tanda jika smartphone Android Anda telah terserang virus.
  • Tiba-tiba muncul iklan pop-up yang mengganggu 
  • Boros kuota
  • Waktu booting lebih lama
  • Baterai smartphone Android terasa boros dan cepat habis
  • Kerap menerima dan mengirim SMS aneh
  • Smartphone Android menjadi lemot, padahal hanya sedikit aplikasi yang digunakan dan RAM juga terbilang cukup lapang.

Simak dulu: Ciri-ciri HP yang Terserang Virus atau Malware

5 Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus

Jika merasakan tanda-tanda smartphone Android Anda sudah terjangkit virus seperti di atas, maka Anda bisa menerapkan cara menghapus virus di smartphone Android tanpa antivirus dengan jalan masuk safe mode. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

1. Masuk ke Safe Mode

Sama seperti pada komputer Windows, smartphone Android juga mempunyai fitur safe mode. Keuntungan menggunakan fitur safe mode adalah membuat sistem operasi pada smartphone Android akan terasa lebih ringan, karena Android hanya akan menjalankan aplikasi inti yang penting atau bawaan sistem.

Selain itu, ketika Anda berada pada tampilan safe mode, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengecek dan membersihkan file-file yang sekiranya tidak penting, seperti cache atau bahkan untuk menghapus virus pada smartphone Android.

Lantas, bagaimana cara  masuk ke menu safe mode?
  1. Untuk Android dengan  OS Android 2.3 Ginger Bread kebawah serta memakai removable battery, masuk safe mode cukup dilakukan dengan menekan tombol power, hingga beberapa detik, sampai \ beberapa saat kemudian muncul opsi untuk masuk safe mode.
  2. Sedangkan untuk pengguna Hp Android yang memakai OS Jelly Bean ke atas, maka bisa dengan mematikan hape, dan kemudian dihidupkan lagi. Setelah terlihat logo Hp saat proses booting tersebut, segera pencet tombol volume up atau down berkali-kali hingga bisa masuk ke homescreen. Dan perlu diketahui, proses booting masuk ke safe mode ini biasanya akan memakan waktu lumayan lama, tandanya kalau sukses, akan muncul tulisan safe mode dan apabila gagal, tinggal mengulang dari awal.

2. Cek Aplikasi

Nah, setelah sukses masuk safe mode, maka silahkan Anda cek aplikasi yang ter-install ketika berada dalam tampilan safe mode tersebut. Caranya silahkan masuk ke dalam menu setting, lalu pilih Apps dan tekan tab downloaded.

Semua aplikasi pihak ketiga akan menghilang saat berada di tampilan safe mode. Namun, karena malware termasuk dalam sistem, maka malware tetap bisa menjalankan fungsi sistem sebagai aplikasi pihak ketiga.

Apabila smartphone Android Anda sudah terjangkit virus atau malware, maka Anda akan melihat aplikasi asing yang sebelumnya tak pernah Anda install.

Tips lainnya: Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total

3. Hapus Aplikasi Asing

Jika Anda sudah menemukan aplikasi yang mencurigakan tersebut, klik dan pilih uninstall. Hal ini merupakan salah satu cara menghapus virus di smartphone Android tanpa antivirus.

Namun, pada beberapa kasus, Anda mungkin akan kesulitan dalam meng-uninstall aplikasi tersebut karena Anda diharuskan untuk mengakses sistem Administrator.

4. Hapus Akses Administrator

Setelah menemukan aplikasi yang mencurigakan namun tak dapat menghapusnya, maka cara menghapus virus di smartphone dapat Anda lakukan adalah dengan menghapus akses administrator aplikasi tersebut.

Caranya, Anda harus keluar dari menu Application Settings. Kemudian masuk pada menu setting, tekan Security, lalu langkah selanjutnya adalah memilih Device Administrator.

Setelah itu, untuk menghilangkan akses administrator aplikasi yang mencurigakan tersebut, maka hilangkan centang administrator yang terdapat pada aplikasi tersebut.  Langkah selanjutnya, Anda dapat kembali ke menu Application Settings serta memeriksa apakah ada aplikasi yang mencurigakan tersebut. Seharusnya, Anda sudah dapat menghapus aplikasi tersebut.

5. Keluar Safe Mode

Setelah semua cara menghapus virus di smartphone Android menggunakan save mode diatas telah Anda lakukan, selanjutnya Anda hanya perlu untuk keluar dari safe mode. Caranya sangat mudah, Anda tinggal melakukan proses restart smartphone Android Anda seperti biasa.

Itulah beberapa tanda jika smartphone Android Anda terkena virus dan juga cara menghapus virus di smartphone Android tanpa antivirus yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Eits, untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda membuat back up aplikasi serta data-data penting, sebelum memutuskan melakukan trik diatas.