Type something and hit enter

Cara Gampang Membedakan iPhone Asli dan HDC - Siapa sih yang enggak tahu sama ponsel pintar iPhone? Semua pasti tahu juga ingin memilikinya. Secara iPhone adalah gadget yang keluaran dari perusahaan Apple Inc ini launching bersama dengan Android, tetapi secara keseluruhan iPhone masih memiliki kualitas di atas Android. Dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan melalui app store yang lebih dari 700.000 aplikasi buatan Apple.
Cara Gampang Membedakan iPhone Asli Dan HDC

Perhatian:
Tulisan ini berisi informasi yang sangat penting! Jadi pastikan Anda membacanya sampai akhir.

iPhone kini sudah menelurkan enam generasi modelnya, dan  masing-masing dilengkapi satu dari enam versi iOS yang tersedia. Tetapi, karena perkembangannya yang sudah pesat dan mempunyai banyak saingan, tak jarang ada oknum-oknum nakal yang membuat replika atau iPhone tiruan yang memiliki bentuk bahkan isi fitur yang hampir serupa.

Sehingga membuat beberapa orang, termasuk Anda mungkin akan lebih berhati-hati dalam memilih dan memilah gadget serinci mungkin sebelum membelinya. Handphone replika yang kini sudah banyak di temukan di Indonesia, salah satunya adalah HDC. HDC adalah produsen smartphone yang menghadirkan barang replika atau tiruan yang super copy dengan tingkat kemiripan hingga hampir 99% dengan smartphone aslinya.

Anda pun dapat memiliknya dengan harga yang cukup terjangkau, jauh dari harga asli smartphone yang ditirunya. Hal ini membuat minat para pecinta smartphone menjadi tertarik untuk memilikinya, kenapa tidak? Karena hanya dengan harga 1.5 juta saja Anda sudah dapat memiliki smartphone super canggih yang memiliki rupa 99% mirip dengan aslinya.

Hanya saja, mungkin untuk sebagian orang yang mengerti dengan speck HDC akan lebih memilih mengunggu harga smartphone aslinya turun daripada harus beli HDC (kecuali kalau kepepet). Dan untuk orang awam atau yang baru pertama kali menyentuh handphone canggih, akan mengalami kesulitan untuk membedakan mana yang asli dan mana yang replika.

7 Cara membedakan produk iPhone asli vs iPhone HDC

Pasti tidak sedikit yang bertanya, bagaimana cara membedakan iPhone asli dengan HDC agar tidak tertipu? Berikut beberapa langkah Anda sebelum membeli smartphone impian Anda, diantaranya adalah:

1. Material desain

Perhatikan material yang digunakan oleh iPhone asli dan HDC, iPhone yang asli akan menggunakan material yang lebih kuat dan kokoh bahkan salah satu generasi keluarannya yakni iPhone 4, Apple memadukan material kaca dan aluminium ke dalam perangkat. Dan juga HDC tidak akan mampu menyamai kualitas iPhone asli yang memiliki kualitas layar retina yang sangat kuat.

Layar retina itu sendiri adalah layar yang ukuran dioda sangat kecil, sehingga tidap dilihat dengan mudah oleh mata dari jarak yang agak jauh. Karena 4 di layar retina adalah pembagian dari 1 dioda di layar non-retina.

Tambahan, kalau Anda masih belum mengerti dengan layar retina. Anda dapat melihatnya dari logo-logo yang memberikan kesan tidak presisi pada iPhone, itu adalah satu bukti bahwa iPhone yang Anda lihat adalah palsu.

Simak lainnya: Cara Terbaik Membedakan iPhone Asli dan Palsu

2. Aplikasi App Store atau Play Store?

App Store pada HDC yang nampaknya terlihat sama dengan App Store iPhone, tetapi sebetulnya kalau Anda jeli, aplikasi buatan HDC terhubung pada Google Play Store. Selain itu App Store yang disediakan oleh Apple akan mengarahkan Anda pada login menggunakan Apple ID atau membuat Apple ID sebagai identitas Anda di iPhone yang asli.

3. Fitur Screenshot

Screenshot yang ditangkap oleh iPhone lebih mudah ketimbang HDC, karena di perangkat iPhone Anda hanya tinggal menekan tombol lock bersamaan dengan home button. Apabila iPhone Anda tidak dapat melakukan hal demikian, sudah dapat dipastikan bahwa iPhone yang Anda pakai adalah replika dari HDC.

Lanjut: Berbagai Cara Screenshot di HP iPhone Semua Tipe

4. Harga (price)

Harga adalah indikasi utama sebelum Anda membeli iPhone yang asli. Karena harga dari sebuah iPhone asli bisa mencapai angka 10 juta, sedangkan HDC tidak lebih dari 2 juta. Karena hal yang mustahil apabila ada seorang penjual yang menjual iPhone dengan harga sebegitu murah, walaupun ada pasti iPhone tersebut sudah banyak kerusakan di dalam perangkatnya.

5. Sistem Operasi (OS) yang digunakan

Adapun perbedaan yang paling mendasar antara iPhone asli dan iPhone HDC ialah penggunaan system operasi. Produk iPhone asli dapat dipastikan menggunakan iOS, sementara produk iPhone HDC pasti sistem operasinya ialah Android. Paling sering kami temukan ialah, iPhone HDC sering menggunakan Android Marshmallow.

6. Kamera

Selain beberap hal di atas, perbedaan mencolok lainnya yang dapat membedakan produk iPhone asli dan HDC ialah pada fitur kameranya. Kalau yang sudah familiar dengan kamera, pasti Anda akan mengetahui berbagai fitur unggulan sebagai pendukung kamera iPhone. Berbeda dengan iPhone HDC, fitur-fitur tersebut tidak lengkap, bahkan ada yang tidak berfungsi sama sekali.


7. Sistem navigasi dan kelemahan lainnya

Karena pada smartphone iPhone HDC menggunakan OS Android dan bukan iOS, maka dapat dipastikan banyak sekali navigasi yang berbeda antara keduanya. Pasti terdapat beberapa navigasi yang tidak saling support satu sama lain.

Kelemahan yang dimiliki oleh HDC lebih banyak daripada iPhone yang asli, salah satunya adalah pelayanan dari service center. Sangat jarang ditemui service center untuk HDC, karena kalaupun ada bukan merupakan service center resmi dari pengembang. Jelas itu adalah kerugian yang akan Anda dapatkan bila membeli smartphone replika seperti HDC.

Sebetulnya masih banyak lagi kelemahan-kelemahan atau kekurangan iPhone HDC yang sangat fital. Misalnya model baterai, desain komponennya, yang dapat dipastikan berbeda jauh dengan produk iPhone asli.

Untuk itu, bagi Anda yang hanya berminat untuk membeli iPhone HDC, pikir-pikir lagi deh, karena hanya akan merugikan Anda. Sebab produk-produk HDC sangat amat diragukan kualitasnya. Walaupun smartphone HDC tersebut dibuat mirip sedemikian mungkin. Karena melihat komponennya saja sudah berbeda, dan susunan komponennya sangat amat mengerikan. Rentan rusak bahkan meledak.

Lanjut baca: Cara Terbaru Mengetahui Negara Asal Pembuatan iPhone Asli

So, hanya sebagai saran untuk Anda yang masih ingin memiliki smartphone canggih dengan harga murah, ada baiknya untuk mempertimbangkan baik dan buruknya. Mengeluarkan uang yang pas dengan kantong tetapi harus mengeluarkan lebih banyak ketika rusak akan menjadi harga yang sama ketika Anda membeli produk yang asli.

Demikian penjabaran mengenai bagaimana cara membedakan iPhone asli dan HDC atau handphone replika. Semoga bermanfaat.