Type something and hit enter

Membedakan Charger iPhone Asli (original) dan Palsu/KW/Bajakan (fake) - Bagi sebagian orang, penggunaan charger sembarangan mungkin merupakan hal yang sepele. Asalkan bisa mengisi ulang baterai smartphone atau iPhone, tidak masalah menggunakan charger apapun. Termasuk penggunaan charger palsu yang memang memiliki harga yang lebih murah.
Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Mahalnya harga charger original iPhone, menjadi alasan bagi pengguna untuk memilih charger bajakan sebagai pengganti charger yang memang sudah tidak berfungsi lagi ataupun hilang. Selain itu, banyaknya charger yang beredar di toko-toko juga tidak diketahui keaslian dan kepalsuannya.

Terkadang penjual mengatakan hal jujur bahwa itu merupakan harga palsu. Ada juga pengguna menyadari bahwa itu barang palsu namun tidak masalah menggunakannya.

Apakah Anda tahu, menggunakan charger sembarangan bisa berdampak buruk pada smartphone Anda? Ada beberapa sebab yang akan terjadi pada iPhone Anda jika memakain charger sembarangan atau charger palsu.

  • Sensitifitas layar iPhone akan terganggu
  • Melakuakn isi ulang baterai menjadi lama
  • Port USB akan mudah rusak
  • Baterai cepat habis dari biasanya

Jika Anda sudah mengetahui kerugian yang bisa terjadi pada iPhone ketika menggunakan charger palsu, sudah saatnya Anda melirik charger asli produksi Apple. Walaupun harganya lebih mahal, namun akan membuat Anda merasa nyaman pada saat menggunakannya tanpa ada kekhawatiran lagi.

Hanya saja, banyaknya charger yang beredar di pasaran tidak diketahui keaslian dan kepalsuannya. Penjual nakal juga bisa saja menipu Anda pada saat membeli dengan mengatakan barang palsu menjadi asli, hanya untuk mengeruk keuntungan.

Cara Mudah Membedakan Charger iPhone Original atau Palsu

Berikut ada beberapa cara yang bisa menjadi panduan Anda untuk mengetahui cara membedakan charger iPhone asli dan palsu. Pastikan sebelum Anda membeli charger iPhone, pastikan ciri-cirinya.

Cara ini dapat dilakukan pada semua tipe charger iPhone, mulai dari iPhone SE, iPhone 6s plus, iPhone 6s, iPhone 6 plus, iPhone 6, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone X, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone SE, iPhone 6s Plus, iPhone 6s, iPhone 6 Plus, iPhone 6, iPhone 5 dan lainnya.

Sebelum lanjut, simak dulu: 5 Tips Membeli HP iPhone Second atau Bekas

Serial Number Pada Kabel USB

Untuk mengetahui keaslian charger iPhone, perhatikanlah kabel USB yang menyertai pembelian adaptor charger. Jika produk tersebut asli, akan terdapat serial number 12 digit yang tertulis pada kabel. Selain serial number tersebut, negara pembuatan atau negara perakitan dari charger tersebut akan tertulis bersamaan dengan 12 digit tersebut.

Ukuran Panjang USB

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu
Untuk mengetahui keaslian dari charger, dapat dilakukan dengan mengukur panjang dari kabel USB. Ukuran kabel USB asli memiliki panjang 17,78 CM atau 7 inchi, yang dihitung dari mulai konektor USB.

Simak juga: Cara Gampang Membedakan iPhone Asli dan HDC

Logo Kemasan Charger

Tidak jarang Anda akan menemui charger Asli dengan logo Mfi yang tertera pada kemasannya. Ini juga merupakan charger asli. Hanya saja diproduksi oleh pihak ketiga yang memang bekerja sama dengan Apple resmi.

Merk di Konektor

Kabel USB yang berasal dari perusahaan pihak ketiga yang resmi bekerja sama dengan Apple, akan terdapat merek perusahaan tersebut pada lightning konektornya. Ada baiknya Anda memeriksa bagian ini sebelum memutuskan untuk membeli charger tersebut.

Kabel Lightning

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Jika Anda memiliki pengamatan yang sangat detail, cobalah untuk membandingkan kabel lightning yang terdapat pada charger iPhone asli dan juga palsu.

  • Pada kabel lightning asli, Anda akan melihat batangnya yang berwarna emas utuh dan bulat. Saat diraba pun akan terasa halus di kulit. Berbeda dengan charger iPhone palsu yang terdapat di pasaran. Kabel lightning palsu ujungnya tidak tunggal, terasa kasar dan tidak konsisten dalam pembuatannya. Terkesan nampak sembarangan.
  • Ukuran dari boot selalu konsisten, baik panjang maupun lebarnya. Biasanya jarakan ukuran yang dibuat adalah 7,7 mm x 12 mm. Berbeda halnya dengan charger palsu, ukuran boot tidak konsisten dan terkesan asal dibuat. Panjang, lebar dan ketebalannya berbeda-beda.
  • Jika Anda memperhatikan faceplate yang terdapat lightning asli, disisipkan faceplate berwarna putih atau abu-abu. Sedangkan pada lighning palsu, faceplatenya biasa berwarna hitam.

Tips lainnya: Cara Terbaru Mengetahui Negara Asal Pembuatan iPhone Asli

Bentuk Body Adapter

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu
Sebaiknya, jika Anda membeli charger baru, tidak ada salahnya membawa charger lama yang sudah tidak bisa dipakai. Perhatikan dengan detail, jika saja ada sedikit saja perbedaan yang terjadi.

Biasanya, tulisan pada adaptor charger akan terlihat perbedaan. Di mana yang asli akan terlihat lebih rapi hingga tulisan terakhir, namun palsu akan terkesan sembarangan. Warna tulisan juga lebih pudar dari yang asli. Body dari charger palsu juga lebih ramping ketimbang aslinya.

Menggunakan Aplikasi

Untuk membedakan charger asli dari yang palsu, bisa diketahui dari besaran ampere yang masuk pada saat melakukan charger. Besaran ampere ini bisa dilihat di adapter charger. Untuk megetahui besaran ampere yang masuk ke smartphone, diperlukan aplikasi penghitungan ampere yang bisa diunduh di toko aplikasi.

Perhatikan besaran ampere yang masuk ke smartphone dengan menggunakan aplikasi tersebut. Jika terjadi perbedaan besar antara perhitungan ampere di aplikasi dengan yang tertera di adapter, bisa dipastikan charger Anda palsu.

Demikian cara membedakan charger iPhone asli dan palsu yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.