Type something and hit enter

Dampak Bahaya Memakai HP di Ruangan Gelap - Handphone sekarang menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Ke mana pun Anda berada, benda ini seperti selalu menemani setiap saat. Tak perduli dalam situasi apapun, smartphone selalu menghiasi genggaman kita.
Dampak Bahaya Memakai HP di Ruangan Gelap

Memang, tidak jarang penggunaan handphone bukan sekedar penghilang bosan ataupun iseng, smartphone sendiri juga bisa menjadi lahan bisnis yang menambah pundi-pundi keuangan Anda.

Selain berguna agar saling terhubung, baik melalui SMS ataupun telepon, banyak hal yang bisa digunakan untuk menjadi lahan bisnis saat memiliki ponsel pintar ini.

Handphone memang seperti candu yang tidak bisa dilepaskan begitu saja, mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga terlelap kembali di malam hari, smartphone seperti susah untuk dilepaskan.

Bahkan saat menjelang tidur dan Anda sudah bersiap-siap berbaring serta mematikan lampu, tidak jarang kita selalu menyalakan handphone terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk benar-benar tidur.

Namun, apakah Anda mengetahui dampak bahaya memakai HP di ruangan gelap?

Hati-hati, inilah bahaya bermain smartphone di ruangan gelap

Bermain HP di ruangan gelap atau pada saat lampu telah dipadamkan, beresiko besar menyebabkan kebutaan. Hal ini karena pada saat menyalakan HP dalam gelap, satu-satunya yang menjadi pencahaayaan Anda hanya berasal dari smartphone ini.

Padahal, cahaya HP sendiri memiliki sinar tajam yang mampu menganggu penglihatan Anda. Selain itu, seperti yang kita tahu, handphone sendiri memiliki gelombang radiasi yang dapat mengganggu sistem kinerja tubuh kita jika terpapar secara terus menerus.

Apalagi pada saat HP menjadi satu-satunya sumber cahaya dan kedekatannya dengan mata kita tidak terlalu jauh. Akan sangat mempengaruhi kesehatan mata kita.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus berhenti memainkan HP di tempat yang gelap.

1. Merusak Retina

Pada sinar HP, terdapat sinar biru yang digolongkan sebagai high energy visible light (HEV). Ketika menyalakan smartphone dalam keadaan gelap, sinar itu akan memancarkan lurus ke mata Anda.

Menembus bagian luar mata hingga ke dalam. Hal ini jika terjadi terus menerus, akan menyebabkan kerusakan pada retina mata.

Info lainnya: Menghindari Pencurian Data dengan Cara Menyembunyikan Alamat IP di hp Android

2. Menurunkan fungsi otak

Bagi Anda yang selalu terkena paparan layar handphone, akan menyebabkan candu sehingga jam tidur pun berkurang. Situasi dimana badan dan pikiran tidak beristirahat sebagaimana mestinya, akan menyebabkan daya ingat menurun.

Otak yang selalu bekerja tanpa adanya jeda atau pengenduran pikiran, akan menyebabkan daya fungsi otak melemah. Ditambah lagi radiasi yang dipancarkan smartphone pada situasi gelap, dapat memacu otak bekerja dua kali lebih cepat.

3. Kurang tidur

Pada saat Anda terlalu asyik mengamati layar HP dengan segala aktifitas yang dilakukan. Entah itu bersosial media, browsing, chat, melakukan bisnis online dengan smartphone, maka pikiran Anda pun akan terjaga.

Waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk beristirahat dan memejamkan mata dengan mematikan lampu, menjadi percuma saat layar handphone menyala.

Sinar biru yang dipancarkan oleh smartphone ternyata dapat mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin ini merupakan hormon yang mengatur waktu istirahat, siklus bangun dan tidurnya tubuh.

Hormon melantonin juga menimbulkan rasa kantuk pada mata, serta membantu menurunkan suhu tubuh. Produksi hormon ini dapat dihambat oleh cahaya tunggal yang dinyalakan dalam kegelapan. Karena itulah, menyalakan HP dalam kegelapan memberikan dampak susah tidur.

4. Meningkatkan Resiko kanker

Bagi Anda yang terbiasa memainkan HP di dalam kegelapan dan dilakukan secara terus menerus, akan meningkatkan resiko terserang kanker.

Ada kanker yang bereaksi cepat terhadap reaksi sinar biru dari smartphone, yaitu mata dan payudara.

Untuk kanker mata, ini seperti sudah dijelaskan di atas, karena mata berhubungan langsung dengan layar HP pada saat Anda melihatnya secara terus menerus. Terlebih lagi, sinar radiasi yang dipancarkan oleh gelombang elektromagnetik HP bekerja lebih kuat pada saat Anda memandangi layarnya di saat gelap.

Pada perempuan, sinar biru yang dihasilkan oleh radiasi HP dapat menekan produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai penekan sel-sel kanker dan memicu peningkatan hormon estrogen yang dapat menyebabkan kanker payudara.

Jika sudah waktunya, biarkanlah tubuh untuk beristirahat dengan tenang. Jauhkan HP dari tubuh Anda ketika tidur. Miliki kualitas tidur agar kesehatan Anda terjaga.

Demikian, dampak bahaya memakai HP di ruangan gelap. Semoga info ini akan dapat menyadarkan Anda dari bahaya penggunaannya.