Type something and hit enter

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android Tanpa Root - Semakin ke sini, para vendor smartphone seakan berlomba dalam memunculkan inovasi-inovasi menarik, agar dapat menarik minat pembeli makin banyak lagi.
Aplikasi Penghemat Memori Internal Android

Misalnya dalam penggunaan memori. Saat ini smartphone tanpa slot memori eksternal telah menjadi tren. Karena kebanyakan, untuk variant terbaru sekarang, memori internal yang disematkan sudah lumayan besar.

Nah, untuk lebih memaksimalkan lagi fungsinya, berikut kami akan bagikan beberapa aplikasi untuk menghemat memori internal android tanpa root gratis, yang wajib dicoba. Apa saja kira-kira?

Daftar Aplikasi Gratis Penghemat Memori Internal Android Tanpa Root 

1. Gallery Doctor

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android

Aplikasi penghemat memori internal Android tanpa root gratis yang wajib Anda coba adalah Gallery Doctor. Aplikasi ini diciptakan oleh tim AVG Labs yang sangat powerful untuk menghapus foto-foto yang tidak layak simpan (junk file).

Gallery Doctor sangat cocok untuk menghemat memori internal di smartphone karena secara otomatis aplikasi ini akan mencari semua foto yang tersimpan di storage dan memfilternya, kemudian menghapus yang tidak layak simpan, sehingga internal memory semakin lega.

Simak juga: Tips Memaksimalkan Memori Internal Kecil pada Smartphone

2. Cleaner for WhatsApp 

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer saat ini. Namun ada beberapa hal yang kadang-kadang membuat pengguna kurang nyaman, terutama pada pengaturan default tentang penerimaan file-file multimedia yang dikirimkan.

Karena seperti yang kita tahu, file multimedia baik berupa foto, video dan rekaman suara yang diterima saat chatting akan tersimpan di memori internal. Jadi jika dibiarkan terus akan semakin sedikit sisa ruang di internal memori.

Nah, solusinya Anda bisa menggunakan aplikasi Cleaner For WahtsApp untuk menghapus file khusus untuk menghapus file multimedia di aplikasi WhatsApp.

3. ClearMeOut

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Aplikasi ClearMeOut merupakan aplikasi rancangan Indivisible Industries. Aplikasi ini tidak memiliki interface yang begitu friendly dan cantik namun kemampuan dalam menghemat memori di smartphonemu sangat luar biasa.

Aplikasi ClearMeOut ini dapat Anda manfaatkan untuk menghapus file yang terdapat dalam sebuah folder secara berkala. Artinya Anda dapat mensetting waktu yang tepat kapan aplikasi ini akan menghapus isi/file pada sebuah folder yang dikendaki.

Simak dulu: Cara Partisi SDcard di Android tanpa PC atau Laptop

4. Duplicate Files Fixer

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Tanpa kita sadari terkadang file duplikat sering kali menghiasi memori internal kita baik berupa foto, video, musik dan lainnya. Hal ini mungkin terjadi saat kita melakukan copy file atau move file dari satu folder ke folder lainnya.

Jika jumlah file duplikat sangat banyak tentu hal ini akan membuat kapasitas memori internal semakin berkurang. Untuk mencari satu persatu file itu juga sangat merepotkan.

Oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan aplikasi Duplicate Files Fixer ini untuk memudahkan hal tersebut. Cara penggunaanya sangat mudah, tinggal ikuti petunjuknya.

5. CCLeaner

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Aplikasi yang satu ini pasti sudah sangat populer, khususnya di kalangan pengguna komputer. Nah, setelah sukses di kompuert, kini ccleaner juga hadir pada smartphone android.

Aplikasi ini sangat bisa diandalkan dalam membersihkan berbagai jenis file tidak penting, mulai dari temporary file, thumbnail, cache, hingga file APK yang tidak perlu atau tidak digunakan.

6. Cloud Storage

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Smartphone Android umumnya dilengkapi dengan cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box, Mediafire dan lainya.

Aplikasi ini tentu bisa dengan mudah di cari di play store. Nah, agar file yang Anda punya tidak memenuhi  memori internal, ada baiknya Anda simpan di berbagai cloud storage diatas.

Selanjutnya: 5 Cara Mudah Memperbaiki kartu Memori Rusak atau Tidak Terbaca di Android

7. Google Photos

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Sebagai pendamping aplikasi cloud storage, aplikasi Google Photos juga dapat dimanfaatkan. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk memindah foto-foto yang ada  di internal memori. Dengan begitu internal memori makin banyak sisa ruangnya.

8. SD Maid

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Aplikasi penghemat memori internal berikutnya adalah SD Maid. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi pembersih Android yang sangat tangguh dan bisa diandalkan dalam menghapus berbagai temporary file pada memori internal.

Selain itu juga terdapat fitur andalan Corpse Finder, yang dapat digunakan untuk mencari dan menghapus file atau folder yang digunakan sebelumnya oleh aplikasi yang sudah diuninstall.

Nah, itulah diatas beberapa aplikasi penghemat memori internal Android tanpa root, gratis yang dapat Anda gunakan, selamat mencoba.