Type something and hit enter

Cara Hemat Data dengan Aplikasi Youtube Go Buatan Google - Anda suka melakukan streaming ataupun menonton video dengan Youtube? Namun sering mengeluh karena paket kuota data cepat habis karena keasikan menggunakan aplikasi ini? Sekarang sudah ada cara hemat data dengan aplikasi Youtube Go buatan Google, lho?
perbedaan youtube biasa dengan Youtube Go

Youtube merupakan salah satu aplikasi berbagi video yang sangat populer saat ini. Banyak pengguna pemula maupun profesional telah membuat akun dan channel untuk kepentingan banyak hal, termasuk juga untuk pemasaran personal maupun bisnis. Kemudahan fitur yang diberikan oleh Youtube membuat aplikasi ini sangat digemari penggunanya.

Namun sayang, awal kemunculannya, aplikasi ini tidak menyediakan fitur save video. Walaupun seiring perkembangannya dari tahun ke tahun, akhirnya Youtube menyediakan fitur untuk menonton video secara offline.

Perkembangan Youtube juga tidak kalah menarik dari sekedar menonton video yang diupload oleh pengguna lain. Saat ini berkembang Vlog yang memungkinkan seseorang mendapat penghasilan hanya dengan mengunggah videonya. Google memang memanjakan penggunanya dengan memberikan peluang penghasilan melalui Google Adsens miliknya.

Baca juga: 8 Smartphone yang Bagus Untuk Vlogging

Pada tanggal 19 September bulan lalu, Head of Consumer Marketing Google Indonesia memperkenalkan aplikasi Youtube Go yang bisa di unduh secara gratis melalui Play Store.  Hal ini tentu sangat menggemberikan, karena sebenarnya aplikasi ini sudah setahun lalu ditunggu kehadirannya di Indonesia. Peluncuran pertamanya yang sukses di market India pada akhir tahun 2016, membuat aplikasi ini begitu antusias disambut kemunculannya.

Aplikasi Youtube Go ini memang dimaksudkan untuk meningkatkan performa Youtube di daerah yang memiliki kendala sinyal dan kecepatann internet yang tidak lancar. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang sama dengan aslinya, yaitu dapat digunakan untuk streaming video.

Perbedaan mencolok antara Youtube standar dan Youtube Go adalah

  • You Tube Go dibekali dengan fitur untuk menghemat paket data pada saat menonton atau melakukan streaming, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika paket kuota akan terkuras hanya karena keseringan menggunakan aplikasi ini.  Setidaknya tidak akan seboros ketika menggunakan Youtube standar.
  • Terdapat fitur yang dapat digunakan untuk membuat video menjadi preview video dalam bentuk slideshow, sehingga pengguna mendapatkan gambaran tentang video yang akan ditonton. Jadi, ketika Anda telah mendownload aplikasi ini dan membukanya, serta meng-klik salah satu video, Anda tidak akan serta melihat video langsung terputar. Namun Anda dapat memilih penayangan slideshow agar mendapatkan gambaran tentang video yang ingin diputar. Hebatnya lagi, saat Anda melakukan slideshow, hal ini bisa dilakukan meskipun data seluler Anda dimatikan. Dalam artian, Anda dapat melakukannya tanpa online.
  • Pada Youtube Go, Anda dapat melakukan pengunduhan yang bisa ditonton untuk kemudian waktu. Pada saat Anda memilih salah satu video untuk ditonton, Anda akan diberikan option untuk mendownload ataupun menonton secara langsung video yang ingin Anda lihat. Jadi, saat Anda tidak punya waktu untuk menontonnya, mengunduh video tersebut bisa menjadi alternatif menyenangkan. Sehingga tidak perlu bolak-balik untuk membuka video yang sama secara online.
  • Menggunakan Youtube Go membuat Anda dapat mengetahui ukuran atau besaran video yang akan diunduh. Sehingga untuk menghemat data, Anda dapat memilih mendownload ukuran video dengan kualitas rendah. Pilihan kualitas rendah tentu saja akan berpengaruh pada kualitas gambar yang akan ditampilkan. Namun semua itu diserahkan kembali kepada Anda untuk memilih. Karena Youtube Go sendiri memberikan beberapa pilihan ukuran video ketika melakukan download.
  • Pada Youtube Go, Anda juga akan disuguhi kemudahan berbeda dan menyenangkan, yakni berbagi video dengan teman Anda secara offline. Tentu saja hal utama yang harus Anda pastikan adalah teman Anda juga telah menginstal aplikasi Youtube Go ini. cara penggunaannya juga tidak susah. Pertama-tama Anda harus download dulu video yang ingin Anda bagi. Kemudian aktifkan bluetooth dan share dengan menggunakan fitur ini.
  • Bagi Anda yang mengkhawatirkan aplikasi ini akan memakan RAM memori, Anda salah besar. Aplikasi ini termasuk memiliki kapasitas yang rendah yakni hanya 8.27 MB. Sangat jauh berbeda dengan pendahulunya yang memiliki kapasitas hingga 24 MB.

Poin-poin di atas menunjukan penggunaan Youtube Go sangat cocok untuk Anda yang hobby streaming video namun tetap ingin hemat pulsa data.

Demikian cara hemat data dengan aplikasi Youtube Go buatan Google. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan informasi yang berguna untuk Anda.