Type something and hit enter

Cara Mengetahui WA disadap dan Tips Mengatasinya - WhatsApp baru-baru ini mengumumkan bahwa  telah mengenkripsi layananya. Ini berarti pengguna memiliki versi terbaru dari aplikasi WhastsApp dengan menggunakan teknologi keamanan sederhana end to end sehingga mudah untuk mendeteksi WhatsApp yang di sadap. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai cara ampuh mengetahui WhatsApp di sadap dan beberapa tips untuk mengamankan percakapan WhatsApp.
Cara Mengetahui WA disadap dan Tips Mengatasinya

Cara Ampuh Mengetahui WhatsApp Disadap

Berikut adalah cara ampuh mengetahui whatsApps di sadap dengan layanan baru pada aplikasi WhatsApp:

 Apa Item Whatsapp Yang Disadap?

Setiap jenis media yang  dapat  berupa audio, file, video teks dan gambar pada WahtsApp dapat di sadap. Dengan adanya layanan baru di WhatsApp panggilan seperti pesan lainya yang dienkripsi sehingga pihak ketika tidak bisa mendengarkan tau bahkan menyadap jenis media lainnya.

Mengetahui  Whatsapp Yang Disadap

Langkah-langkah cara ampuh mengetahui whatsApp di sadap sangat sederhana. Jadi pengguna dapat menggunakan versi terbaru dari WhatsApp berupa layanan enkripsi aktif secara default. Terdapat cara lain untuk mengetahui apakah percakapan seseorang dienkripsi. Pengguna perlu menekan pada nama kontak dan percakapan dengan orang-orang di update WhatsApp  maka akan tampil sebagai diamankan dengan enkripsi end-to-end.

Melakukan chating dengan pengguna WhatsApp versi lama tidak akan dienkripsi. Pengguna dapat memverifikasi lebih lanjut, dengan menekan diamankkan denagn enkripsi end-to-end pesan dan dapat melihat kode QR serta digit sejumlah 60.

Simak juga: Cara Menyadap WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Kerja Layanan Baru

Pada dasarnya aplikasi WhatsApp melindungi pesan dengan kunci dan hanya penerima dan pengirim yang memiliki tombol khusus untuk membuka dan membacanya. Sebagai perlindungan tambahan, setiap pesan yang dikirim akan memiliki kunci yang unik.

Tips Mengamankan Percakapan Whatsapp Dari Penyadapan

cara agar whatsapp tidak disadap

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan percakapan WhatsApp  dari orang lain yang ingin menyadap:

1. Mengunci WhatsApp
WhatsApp mmmang tidak memiliki fitur khusus untuk mengunci, tetapi sapat di lakukan dengan aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi penguncian pada aplikasi WhatsApp. Jika kehilangan ponsel atau teman meminjam ponsel maka percakapan pribadi Anda terlindungi. Aplikasi yang dapat di gunakan untuk mengunci WhatsApp antara lain messenger & chat lock, secure chat dan lock for whatsApp.

2. Sembunyikan Foto WhatsApp di Gallery
WhatsApp akan membuat folder tersendiri dalam menampung foto dan video yang di kirim oleh teman. Cara memblok folder tersebut agar tidak muncul di gallery cukup mudah yaitu:
Instal aplikasi file manager dari playstore. Buka dan masuk ke folder WhatsApp tab media, tab lagi WhatsApps Image. Lalu buatlah file dengan nama .nomedia di dalam folder tersebut.

3. Hati-Hati Penipuan Melalui WhatsApp
Penipuan melalui WhatsApp sering kali terjadi. Oleh karena itu, batasilah orang yang di perbolehkan untuk mengetahui nomor telp, jangan memberikanya sembarangan. Selain itu juga perlu di ketahui agar tidak terjadi penipuan mengatas namakan orang yang menggunakan WhatsApp yang mengaku sebagai pejabat atau lainya.

Simak juga: Aplikasi Penyadap Percakapan Telepon dan Cara Menggunakannya

4. Non-Aktifkan Akun WhatsApp
WhatsApp menawarkan sejumlah langkah keamanan untuk memberikan control lebih besar terhadap pengguna akun jika ponsel tersebut di curi. Satu akun WhatsApp hanya dapat di gunakan pada satu perangkat saja dalam satu waktu.

Misal ada khasus ponsel yang di curia tau hilang, maka dapat di lakukan dengan mengunci kartu sim tersebut dengan meminta bantuan provider  kemudian meminta sim baru dengan nomor yang sama sebagai penggantinya. Aktifkan aplikais WhatAppsdengan sim pengganti tersebut pada perangkat yang baru.

5. Berhati-hati berkomunikasi di WhatsApp
WhatsApp emmang aplikais yang sangat baikuntuk melakukan chattingdengan teman. Tetapi harus waspada ketika melakukan percakapan, tetap menggunakan akal sehat dalam berkomunikasi. Jangan mengirimkan informasi sensitive seperti rekening bank, rincian kartu kredit, password website, Informasi paspor dan lainya yang dapat merugikan diri.

6. Hapus Percakapan
Jika tidak ingin orang lain membaca chatinggan, maka bisa di lakukan dnegan menghaspus chat. Caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp, kemudian klik salah satu akun yang inging Anda blok, Klik menu penggaturan yang ada di kanan atas lalu pilih more dan tab clear conservation.

7. WhatsApp Web
WhatsApp nbaru-baru ini meluncurkan  layanan web mereka. Layanan mirroring ini dapat bekerja melalui jaringan Wi-fi di browser desktop. Jika lupa log out dari WhatsApp web tersebut, maka orang lain bisa membukanya dan membaca isi chatingan. Jangan lupa untuk  log out  pada akun sesudah menggunakan WhatsApp Web.