Type something and hit enter

Cara un-root hp/smartphone Android tanpa menggunakan komputer/laptop - Pengguna smartphone Android sudah tidak asing lagi dengan root, yang membuat banyak hal dapat dilakukan setelah melakukan root.

Seperti menambah RAM dengan Greenify, membuang aplikasi bawaan (bloatware), melakukan kalibrasi baterai Android dan masih banyak lagi.

Yang perlu diperhatikan setelah root adalah sebagian smartphone  yang sudah diroot menyebabkan garansi smartphone hilang. Ada beberapa cara termudah un-root hp Android tanpa menggunakan pc/laptop, sehingga garansi smartphone dapat digunakan lagi. Pahami lebih lanjut tentang berbagai resiko dan kerugian root hp Android.
Cara Unroot Android tanpa menggunakan PC/Laptop

Cara Termudah Un-Root HP Android Tanpa Menggunakan PC/Laptop

Melakukan unroot pada hp Android dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa menggunakan aplikasi ataupun dengan menginstall kembali firmware asli hp.

SuperSU
Melakukan Unroot menggunakan aplikasi SuperSU sangatlah mudah, dengan dukungan beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Buka dan jalankan aplikasi SuperSU, kemudian buka menu Settings. Setelah itu scroll dan temukan menu Full unroot kemudian tap.
  2. Setelah itu Anda akan muncul dialog konfirmasi, kemudian tap Continue untuk melanjutkan proses unroot Android Anda.
  3. Tunggu hingga muncul pemberitahuan, selanjutnya restart Android Anda.
  4. Setelah HP Android menyala uninstall SuperSU.

Framaroot
Berikut langkah-langkah Unroot menggunakan aplikasi Framaroot yang harus dilakukan:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Framaroot, kemudian buka menu dropdown dan pada pilihan Root atau Unroot pilih Unroot.
  2. Setelah itu akan muncul 2 pilihan yaitu Borohir dan Barahir. Pilih salah satu, jika gagal coba yang satunya.
  3. Jika proses unroot berjalan tunggu hingga selesai, setalah selesai restart andoid Anda.

KingRoot
Berikut langkah-langkah Unroot menggunakan aplikasi Kingroot yang harus dilakukan:

  1. Buka dan jalankan Kingroot yang sudah diinstall pada Android
  2. Pilih Menu dan cari tombol Uninstall KingRoot lalu klik tomboltersebut
  3. Akan muncul pertanyaan saat akan melakukan unroot, jika Anda sudah yakin untuk menghapus Root, pilih Continue
  4. tunggu proses hingga selesai maka Android akan restart otomatis.

Kingo ROOT
Melakukan unroot dengan aplikasi Kingo root juga bisa dilakukan. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Buka aplikasi Kingo Root, pastikan Android telah terdeteksi root oleh Kingo ROOT
  • Pilih dan klik Remove Root, tunggu sekitar 5 menit
  • Jika Unroot berhasil maka akan muncul tulisan Remove ROOT Succeeded!
  • Restart Android dan check apakah sudah unroot apa belum.

Unroot Android dengan menu File Manager

File manager bawaan pada setiap smartphone Android juga bisa digunakan untuk mengUnroot smartphone Android. Dengan bantuan aplikasi ES File Exploler dengan kondisi smartphone Android aktif akses rooting. Berikut langkah-langkahnya:

  • Akses terlebih dahulu main drive pada smartphone Android Anda kemudian pilih “System” setelah itu pilih “bin” setelah masuk pilih “busy box” dan SU.
  • Jika tidak ditemukan bisa dengan cara masuk kembali ke sistem Folder kemudian pilih “Xbin” dan cari file “busybox” kemudian dihapus serta file “SU” yang juga dihapus.
  • Jika kedua file sudah dihapus sillahkan kembali ke sistem folder dan pilih app untuk kemudian hapus file “superuser.apk” dan segera restart HP Android Anda.

Unroot Android dengan menginstall Stock Firmware

Melakukan unroot dengan menggunakan stock firmware sangat mudah dan cukup ampuh untuk mengUnroot smartphone Android. Dengan mengembalikan firmware asli smartphone Android, secara default firmware menyediakan software bawaan secara keseluruhan dan akses Root pada samrtphone Android Anda pun akan hilang.

Menggunakan stcok firmware tidak memiliki kerumitan dan kelemahan, karena bekerja tanpa melihat apa jenis perangkat, ROM, kernel atau jenis recovery yang digunakan. Karena semua perangkat lunak yang diperlukan dalam satu paket sudah berada didalam firmware asli.

Satu-satunya bagian yang menjengkelkan adalah, bahwa setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan proses instalasi firmware, sehingga diperlukan riset untuk mengetahui cara melakukannya untuk smartphone dimiliki.

Serta mendownload file firmware yang khusus untuk merek ponsel, menggunakan USB Debugging, dan mungkin mendownload beberapa software PC tertentu.

Unroot dengan menginstal OTA update

Install OTA update merupakan cara termudah un-root hp Android tanpa menggunakan pc/laptop, cukup melakukan update firmware OS Android dengan update OTA (on the air). Status root menjadi unroot akan otomatis berubah ketika update OTA dilakukan.

Namun cara ini memiliki kekurangan karena harus menunggu  mendapatkan Update firmware OS Android yang tidak tahu kapan munculnya.