Type something and hit enter

Trik WA yang Mungkin Belum Diketahui Banyak Orang - WhatsApp, siapa sih yang belum kenal? Applikasi tidak beriklan ini sangat sederhana namun mampu merebut hati banyak orang.
Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tidak hanya mengirimkan pesan teks, WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim gambar, video, dokumen bahkan dapat digunakan untuk telepon dan video call.

Namun, dibalik kesederhanaan WhatsApp ada beberapa trik dan tips untuk menjadikannya lebih menarik dan berguna. Adapun trik WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Membuat huruf tebal (bold)

Ketika bercakap-cakap, terkadang ingin sebuah teks diperjelas dengan membuat huruf yang tebal. Sehingga, lawan chatting fokus pada poin yang dibicarakan atau digunakan untuk penekanan intonasi. Untuk membuat huruf tebal dalam WhatsApp dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Tambahkan tanda * di awal dan di akhir kata/kalimat yang ingin ditebalkan tanpa menambahkan spasi setelah tanda *.
  • Contohnya adalah *Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui*.
  • Maka, kata/kalimat yang inginkan ditebalkan sudah menjadi tebal. Jika belum, perhatikan spasinya dan samakan dengan contoh agar berhasil.

Simak dulu: Cara Mudah Membuka WhatsApp yang Diblokir Teman

2. Membuat huruf miring (italic)

Demikian juga dengan huruf yang dicetak miring, seperti nama ilmiah, istilah asing dan yang lainnya. Penulisannya dapat digunakan dengan huruf miring (italic) sehingga lawan chatting bisa lebih paham maksud pembicaraan.

Adapun cara untuk membuat huruf miring (italic) dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Tambahkan tanda underscore/garis bawah (_) di awal dan di akhir kata/kalimat yang ingin dimiringkan tanpa menambahkan spasi setelah tanda underscore/garis bawah (_).
  • Contohnya adalah  _Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui_.
  • Maka, kata/kalimat yang diinginkan miring  sudah menjadi miring. Jika belum, perhatikan spasinya dan samakan dengan contoh agar berhasil.

3. Membuat teks yang dicoret (Strikethrough)

Agar tulisan terlihat dicoret karena mungkin isi percakapan ada yang perlu direvisi dan terlihat jelas, Anda dapat menggunakan tampilan huruf yang dicoret.

Adapun cara-caranya dapat dijelaskan sebagai beriukut.

  • Tambahkan tanda tilde (~)di awal dan di akhir kata/kalimat yang ingin diberi coretan tanpa menambahkan spasi setelah tanda tilde (~).
  • Contohnya adalah ~Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui~.
  • Jika sudah, maka kata/kalimat yang diinginkan tercoret telah selesai tercoret. Jika belum, perhatikan spasinya dan samkan dengan contoh agar berhasil.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Tanda Centang di WhatsApp

4. Memakai jenis font/huruf sesuai keinginan

Bosan dengan font standar yang ditawarkan WhatsApp? Tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan applikasi fontsy yang mampu mengubah font bawaan menjadi beragam font yang unik dan sesuai keinginan.

Applikasi ini dapat diperoleh di playstore dan menginstallnya. Jika sudah, maka tuliskan pesan menggunakan font sesuai keinginan dalam applikasi tersebut. Lalu, paste ke kolom penulisan di WhatsApp. Maka, tampilan font akan berubah menjadi unik dan tidak standar lagi.

5. Menggunakan emot icon suka-suka

Jika lelah atau malas terus-menerus membuka tutup kolom emot icon dalam keyboard, ada baiknya menggunakan shortcut emot icon yang jika dikirimkan dapat berubah menjadi emot icon layaknya sisipan dari keyboard. Beberapa contoh shortcut emot icon yang dapat digunakan adalah:

  • (:*) menjadi emot cium/kiss.
  • (y) menjadi emot jempol.
  • (>_<) menjadi emot jengkel.

6. Mengirim foto tanpa mengurangi kwalitas foto

Ketika mengirim foto lewat WhatsApp, biasanya resolusi foto dikurangi secara otomatis. Namun, tidak perlu khawatir karena mengirim foto dengan menu dokumen bisa membuat resolusi tidak berkurang.

Caranya, pada keyboard tulis pesan, pilih sisipkan, kemudian ada pilihan ‘dokumen’, ‘kamera’, ‘galeri’, dan lainnya. Pilih ‘dokumen’ kemudian pilih foto yang diinginkan untuk di kirim. Maka, tekan tombol kirim dan foto akan diterima dalam resolusi yang sama.

Lainnya: Cara Menggunakan 2 Aplikasi WhatsApp Dalam 1 Android Tanpa Root

7. Membuat obrolan penting selalu di atas

Memiliki banyak grup WhatsApp kadang membuat beberapa percakapan pribadi atau obrolan dalam grup lain menjadi tenggelam akibat banyaknya obrolan yang masuk.

Namun, untuk tiga grup paling penting atau obrolan dengan orang paling penting dapat disiasati dengan menggunakan fungsi pin.

Demikian beberapa trik WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui, semoga berguna untuk kelancaran, kemudahan dan lebih menarik lagi ketika berkomunikasi melalui WhatsApp.