Type something and hit enter

Cara Ampuh Mengatasi RAM Android Yang Cepat Penuh - Jika Anda merasa kinerja smartphone Anda melambat ataupun beberapa aplikasi seperti tidak bisa terbuka atau berhenti bekerja tiba-tiba, mungkin salah satu faktor penyebabnya bisa dikarenakan bahwa memori RAM Anda penuh. Kapasitas penyimpanan RAM menjadi sesak dan tidak mampu lagi bekerja secara penuh seperti biasanya.

Walaupun Anda sudah sering melakukan pengecekan dan penghapusan cache, namun tetap saja kinerja smartphone Anda hanya sebentar saja lancar, kemudian mengalami kemunduran kembali dalam proses kerjanya. Bisa saja ini karena RAM android Anda cepat penuh. Lalu bagaimana solusinya?
Cara Mengatasi RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Mengatasi RAM Smartphone Android Cepat Full

Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan RAM android yang cepat penuh ini.

1. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Banyak orang pada awalnya menginstal suatu aplikasi karena tertarik saja, bukan karena kebutuhan ataupun memerlukan aplikasi tersebut. Sehingga, ketika aplikasi tersebut sudah tidak begitu menarik lagi, maka aplikasi itu dibiarkan dan ditinggalkan begitu saja tanpa pernah digunakan lagi.

Jika aplikasi yang ada di smartphone Anda benar-benar tidak begitu penting buat Anda, sebaiknya hapus saja. Untuk apa mempertahankan aplikasi yang bahkan Anda tidak pernah sadar lagi keberadaan aplikasi tersebut. Itu hanya akan memenuhi ruang memori RAM Anda.

Untuk menghapus secara keseluruhan suatu aplikasi, agar tidak ada sisa-sisa file elektronik yang tertinggal. Jangan langsung menghapus begitu saja aplikasi tersebut. Sebelum melakukan penghapusan, sebaiknya Anda melakukan clear cache terlebih dahulu, bafu kemudian clear data dan baru menghapus secara permanen aplikasi tersebut sari smartphone Anda. Ini bertujuan, agar tidak ada lagi file-file ataupun data yang tersimpan meskipun aplikasi sudah di-delete dari smartphone Anda.

Baca juga: 5 Aplikasi Facebook Paling Ringan Serta Hemat Kuota dan RAM

2. Aplikasi RAM Manager

Mengunduh satu aplikasi RAM Manager bisa menjadi solusi Anda dalam mengelola ruang untuk memori RAM. Sewaktu-waktu bisa Anda aktifkan untuk melakukan pembersihan sampah-sampah elektronik yang terdapat dalam memori. Beberapa keunggulan RAM Manager umumnya yang utama yaitu membersihkan file-file tidak berguna agar memori RAM terasa lapang dam ringan kembali ketika digunakan.

Selain itu, biasanya dalam aplikasi ini terdapat pengingat untuk kestabilan penggunaan smartphone setiap hari. Anda juga dapat mengaktifkan mode multitasking untuk penggunaan beberapa aplikasi sekaligus sebagai pendukung untuk penggunaan yang lebih lancar.

3. Menggunakan Aplikasi Booster

Aplikasi booster juga biasa digunakan oleh para pengguna smartphone untuk membuang file-file yang tidak berguna di dalam android. Penggunaan aplikasi ini bisa dengan cepat untuk memusnahkan sampah-sampah elektronik hanya dengan 1 kali klik di dalam aplikasinya.

Kecepatan smartphone bisa bertambah saat itu juga setelah aplikasi booster diaktifkan. Ruang penyimpanan di dalam RAM akan lebih terbuka dan terdapat kelapangan untuk memperlancar kerja smartphone

4. Mengatur penyimpanan media

Tinjaulah secara berkala, misal sebulan sekali, memori penyimpanan internal smartphone Anda. Pindahkan file-file yang sanyang untuk dibuang, namun tidak terlalu penting untuk tetap berada di dalam smartphone Anda. Seperti foto-foto, video, file, dokumen, dan lain sebagainya.

Pindahkan ke PC atau jika smartphine Anda didukung oleh memori eksternal, pindahkan lah kesana. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi memori RAM yang cepat penuh.

Baca juga: 6 Smartphone Android Murah dengan RAM 3GB

5. Bersihkan Cache dan Data secara Berkala

Mungkin Anda tidak sadar, sampah elektronik atau yang biasa disebut cache akan semakin bertambah seiring Anda menggunakan smartphone Anda untuk keperluan sehari-hari, seperti download, searching, dsb. Ini berakibat pada menumpuknya sisq-sisa file yang membuat ruang pada memori RAM bertambah kian hari.

Hapuslah secara teratur cache ini, bisa dilakukan dengan cara manual ataupun dengan menggunakan aplikasi pembersih cache yang bisa Anda download di Playstore ataupun App Store

6. Kurangi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

Bagi Anda yang suka mengutak-atik wallpaper ataupun widget smartphone Anda, agar memiliki tampilan menarik dan stylish, sebaiknya batasi penggunaannya. Download dan instal yang hanya Anda perlukan saat ini, selebihnya tidak perlu tetap tersimpan di android Anda.

Biasa, dua aplikasi ini memiliki kapasitas yang besar ketika tersimlan di dalam memori RAM. Sehingga, sebaiknya bijaklah dalam menggunakannya. Demi kenyamanan Anda salam bersmartphone ria

7. Non Aktifkan Aplikasi yang Tak Bisa Diuninstall

Biasanya ketika Anda membeli smartphone, sudah banyak aplikasi bawaan pabrik yang terinstal di sana. Sebagian mungkin bisa Anda gunakan, namun sebagian lain malah tidak berguna untuk Anda. Namun dalam kenyataannya, untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak Anda butuhkan  bukanlah perkara yang mudah, Anda harus merelakan smartphone Anda untuk di root terlebih dahulu baru kemudian bisa menghapusnya. Sebagian akan merasa sayang jika harus melakukan proses root pada handphonenya.

Nah, untuk mensiasati hal tersebut, aplikasi yang tidak dapat di uninstal ini sebaiknya Anda nonaktifkan saja. Ini berguna agar aplikasi tersebut tidak bekerja dan membuat RAM Anda penuh.

Demikian cara ampuh mengatasi RAM android yang cepat penuh. Gunakanlah aplikasi sesuai kebutuhan Anda agar tidak menghambat dan memperlambat kinerja smartphone Anda.

Sumber foto: www.coolmuster.com