Type something and hit enter

Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau Laptop - Partisi SDcard adalah pembagian dari penyimpanan massal atau memori menjadi subdivisi yang terisolasi. Membuat partisi pada SDcard untuk menghemat lebih banyak ruang pada penyimpanan memori internal.

Selain itu, partisi bisa mempercepat sistem operasi Android dengan margin yang besar. Untuk mengetahui bagaimana cara partisi SDcard di Android tanpa PC, menggunakan Aplikasi AParted Anda bisa mengikuti tutorial berikut.
Cara partisi SDcard di Android tanpa PC atau Laptop

Cara partisi SDcard di Android tanpa PC, Menggunakan Aplikasi AParted

Membuat partisi kartu SD adalah membaginya menjadi dua atau lebih drive. Dengan menggunakan aplikasi AParted  (SD Card Partition), Anda dapat mempartisi kartu SDCard Anda melalui perangkat Android dengan tanpa PC.

Jika Anda ingin mempartisi kartu SD Anda melalui perangkat Android tanpa PC, Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara partisi SDcard di android tanpa PC, menggunakan aplikasi AParted di bawah ini.

Bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Ponsel Android yang telah diroot dengan slot SD Card
  • SD Card
  • Akses Internet untuk menginstal aplikasi AParted untuk partisi SD Card
  • Setelah selesai, lakukan proses mencadangkan backup data, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Membuat Partisi Pada  SD Card Anda

Setiap OS memiliki preferensi  sendiri untuk sistem file. Sebagian besar kartu memori ada dalam format FAT32, bila Anda ingin menggunakannya dengan Windows dan MAC. Tapi karena kita juga ingin menggunakan SD card ini sebagai memori penyimpanan internal, kita harus memformat partisi SD card menjadi ext2 (filesystem populer untuk Linux). kami akan membuat dua partisi pada kartu SD Ponsel Android .

Bagian setengah dari kartu SD akan dalam format ext2, yang akan digunakan sebagai memori internal kita. Dan separuh lainnya akan ada dalam format FAT32, jadi kita bisa menggunakannya sebagai kartu SD biasa untuk menyimpan foto dan video, dan file lainnya.

Baca juga: Cara Super Cepat Mengirim File dari Android ke PC dengan SHAREit

Langkah- langkah Partisi SD Card di Android Tanpa PC
Untuk mempermudah tutorial ini, saya akan menggunakan kartu 2GB. Pada partisi 1 gunakan Format 1 GB untuk partisi FAT32 dan  partisi 2 sebesar  1GB untuk ext2.

Ikutilah langkah Partisi SD Card di bawah ini:

  • Sebelum membuat perubahan pada SDCard Anda, pertama-tama masuk ke pengaturan dan Unmount SD Card.
  • Instal aplikasi partisi AParted dan buka. Ini akan meminta izin root, dan berikan izin itu.
  • Sekarang, untuk membuat partisi, tekan tab Bagian 1, centang "Format" dan pilih FAT32. Sedangkan untuk ukuran partisi , tentukan jumlah ruang penyimpanan yang ingin Anda alokasikan sebagai penyimpanan file pada kartu memori seperti foto dan video. Kemudian mengalokasikan setengah, yaitu 1GB, tapi Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan Anda.
  • Selanjutnya, tekan tanda plus hijau dan jendela Part 2 akan muncul. Kemudian centang "Format" dan pilih ext2 (Anda juga bisa memilih ext3 atau ext4, tapi jika tidak tahu apa fungsinya, sebaiknya memilih ext2 ).
  • Kemudian selanjutnya mengalokasikan penyimpanan ruangan yang besar untuk Partisi 2 yang berfungsi sebagai memori internal. Memori internal pada SD Card yang dipartisi ini dapat digunakan untuk menginstal aplikasi Android.
  • Setelah selesai, tekan tombol "Apply Changes" lalu konfirmasikan dengan menekan tombol OK. Dalam hitungan detik, akan memformat SD card di dua partisi yang berbeda.
  • Untuk mengkonfirmasi bahwa partisi berhasil atau tidak, buka pengaturan Penyimpanan pada ponsel Anda akan melihat ukuran kartu SD Anda dikurangi setengahnya. Tapi perlu di kethui jika Anda tidak bisa melihat partisi ext2.

Baca juga: Berbagai Resiko dan Kerugian Root HP Android

Mengapa Menggunakan Aplikasi Terpisah Untuk Membuat Partisi SDcard?

Beberapa tutorial di web, yang menyarankan menggunakan aplikasi desktop PC seperti mini partition tool untuk membuat partisi SDcard di ponsel android Anda. Dengan menggunakan alat partisi di desktop, kita perlu mengeluarkan SDcard dari ponsel, kemudian memasukkannya ke komputer dan mengulang proses yang sama lagi. Proses partisi SD card menggunkan aplikasi PC ini tidak efektif.

Dengan menggunakan aplikasi Aparted, anda bisa mendapatkan hasil yang sama dalam waktu yang cepat dan dengan sedikit usaha. Aplikasi ini bekerja dengan baik untuk membuat partisi SDcard di androis tanpa menggunakan PC . Tetapi jika Anda menghadapi masalah, Anda bisa menggunakan mini partition tool di PC Anda.