Type something and hit enter

Cara menyembunyikan IP Address pada smartphone Android - Pernahkah berpikir  kenapa alamat IP sangat berharga? Atau, pernahkah mendengar seorang teman tiba-tiba kehilangan chip Game Poker Pro-Id-nya atau saldonya berkurang? Nah, ini dapat terjadi karena ada seseorang yang membobol akunnya. Sedangkan cara membobol akun seseorang dapat berasal dari alamat IP.

Sehingga, sangat penting untuk tahu cara menyembunyikan alamat IP di Smartphone Android.
IP address atau alamat IP yang biasa disebut sebagai internet protocol address dalam komputer atau perangkat komunikasi, merupakan bilangan binar yang dimulai dari 32 hingga 128 bit dan digunakan untuk rekognisi server perangkat komputer ataupun perangkat komunikasi dalam jaringan internet, seperti smartphone Android.
Cara menyembunyikan IP Address pada smartphone Android

Alamat IP dapat digambarkan seperti suatu alamat untuk mengirim paket kepada seseorang, sehingga perlu diketahui alamatnya dengan jelas agar paket dapat dikirimkan dengan tepat. Jadi, alamat IP harus dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak baik dan berniat menyalahgunakan alamat tersebut.

Adapun cara menyembunyikan alamat IP di smartphone Android sangat banyak ragamnya. Mulai dari cara sederhana yang tidak berbayar, hingga cara lebih rumit yang harus membayar untuk mengamankannya. Semua cara memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, serta memiliki peruntukan untuk kebutuhan yang berbeda.

Baca juga: Cara Sederhana Mengetahui IP Address HP Android

Cara menyembunyikannya dapat dengan menggunakan server proxy berbasis website yang sering dipilih karena sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan cara mengunjunginya saja. Contohnya adalah hidemyass, proxyserver, proxysite dan situs lain yang dapat digunakan dengan nyaman tanpa berbayar. Ada juga dengan menggunakan server SSH (secure shell) yang perlu mendaftar dahulu sebelum menggunakannya.

Selain itu, ada juga cara untuk menyembunyikan alamat IP di smartphone Android dengan menggunakan server VPN (Virtual Private Network) yang pemakaiannya mirip dengan server ssh. Dan jika ingin benar-benar menutupi alamat IP, dapat menggunakan applikasi orbot.

Applikasi ini dapat digunakan untuk mengakses website berbahaya yang dapat menjebol data di smartphone Android atau perangkat lainnya.

Sebagai wacana untuk menyembunyikan alamat IP dengan detail melalui applikasi beserta caranya, dapat dicontohkan sebagai berikut.

1. Menggunakan jasa applikasi tidak berbayar untuk menyembunyikan alamat IP

Contohnya dengan menggunakan applikasi safeIp yang berguna untuk menyembunyikan alamat IP dari smartphone Android. Selain itu, applikasi ini dapat digunakan untuk membuka website yang diblokir, mengecoh hacker yang ingin masuk ke alamat IP serta sangat berguna untuk kenyamanan dan ketenangan ketika browsing dan bermain game online.

Cara untuk menggunakan applikasi ini, pertama-tama harus mengunduh dengan applikasi safeIp di playstore, kemudian memasangnya dan masuk ke applikasi tersebut. Setelah masuk, maka muncul pilihan untuk memilih IP negara yang berbeda, disarankan untuk memilih negara 'Australia-Sydney' dengan alasan IP tersebut paling maksimal kecepatannya.

Jika telah selesai maka pilih connect atau sambungkan. Sehingga smarthphone Android siap digunakan tanpa khawatir alamat IP-nya diketahui oleh orang lain.

Lainnya: 5 Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah, 100% WORK!

2. Menggunakan jasa applikasi pengubah alamat IP

Contoh dari cara untuk mengubah alamat IP di smartphone Android  adalah dengan memanfaatkan applikasi Hotspot Shield VPN Proxy Free. Pertama-tama unduh applikasi di playstore kemudian pasang dan buka. Setelah itu pilih 'Yes, Protect My Connection' dan akan muncul pop up permission dari hotspot shield VPN Proxy Free.

Setelah itu pilih 'I trust this application' dan pilih 'OK'. Selanjutnya applikasi akan otomatis mengatur semua pengaturan jaringan dan jika sudah selesai, pilih 'I got it'. Maka smartphone Android sudah siap digunakan dengan aman.

Demikian cara menyembunyikan alamat IP di smartphone Android, sehingga pengguna dapat memakai dengan aman dan nyaman tanpa khawatir data-data penting yang tersimpan di smartphone Android diintip orang.