Type something and hit enter

Solusi mengatasi format video tidak bisa diputar/didukung pada hp/smartphone Android dan iPhone - Perkembangan smartphone pada saat sekarang ini, telah membuat para penggunanya mampu untuk melakukan banyak hal hanya dengan telpon selularnya. Berkenalan ataupun saling terhubung dengan orang-orang baru ataupun sudah lama tidam bertemu, bisa menggunakan sosial media yang sudan menjamur hingga ke desa-desa.
Cara Mengatasi Video Tidak Didukung di Android dan iPhone

Mencari informasi apapun sudah begitu sangat mudah dengan mengandalkan aplikasi browsing dengan hanha mengandalkan ketikan jari saja. Mengunduh musik, berkas-berkas yang diperlukan, aplikasi bahkan video pun sudah bisa dilakukan dengan mudah, dengan hanya bermodalkan sinyal dan jaringan internet.

Jika Anda berada jah dari kota dan tidak ada bioskop yang bisa memuaskan Anda untuk menonton film, atau Anda ingin mengunduh video-video lucu atau menarik untuk menjadi koleksi di memori smartphone, tentu hal itu sudah tidak sulit lagi. Banyaknya aplikasi ataupun situs-situs yang menawarkan untuk mendownload video secara gratis.

Mendowload film secara utuh dengan kualitas blue ray pun, sudah dapat dilakukan dengan mudah dengan hanya mengujungi website yang menyediakan nonton film secara streaming ataupun download.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

Namun apa jadinya jika Anda telah mendownload video, belum lagi bisa saja download video tersebut diselingi dengan internet lambat bahkan hilang. Atau bisa juga Anda mendowload suatu film dengan besaran data sama beratus-ratus MB atau bahkan sampai GB, malah tidak bisa diputar di smartphone Anda.

Ada pemberitahuan yang menjengkelkan bin greget ketika Anda ingin memutar video tersebut dengan tulisan, "Video tidak didukung" di android atau iPhone Anda. Pasti kekesalan sudah memuncak di kepala Anda, sudah korban waktu dan kuota hanya untuk mengunduh video yang tidak bisa diputar.

Bagaimana cara menjalankan format video yang tidak didukung di perangkat Android atau iPhone?

Jangan langsung membanting smartphone atau menghempas kemarahan Anda ke apapun. Karena bisa jadi bukan video atau smartphone Anda yang rusak, tapi ada hal lain yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Seperti adanya Codec ataupun Container.

Apa Codec dan Container itu?

Codec singkatan dari Code Decoder, atau biasa disebut dengan Compress-Decompress. Maksudnya adalah telah terjadi perubahan data dari file video asli dalam bentuk lain (compress) sedangkan ketika data video dicoba untuk dikembalikan ke bentuk semula (decompress)

Sedangkan container adalah sebuah format file yang dimiliki oleh setiap file yang telah dibuat, bisa berupa doc, 3gp, mp4, txt, mkv dan sebagainya. Masing-masing container pasti memiliki codec untuk mensinkronkan sebuah file atau video agar bisa digunakan dengan baik antara audio dan visualnya yang nantinya akan bisa Anda gunakan.

Penyebab Video Tidak Bisa Diputar

Biasanya, ketika video tidak bisa di putar di smartphone disebabkan karena antara codec dan container terjadi perbedaan proses. Sehingga container yang yang dimiliki oleh sebuah file video, tidak bisa diputar di video player smartphone Anda. Dalam beberapa kendala yang sering ditemui dalam hal terjadi trouble  pemutaran video, bisa juga visual dari video tersebut bisa diputar di smartphone Anda, namun tidak ada suara yang keluar dari video tersebut.

Inilah mengapa codec memiliki peranan penting dalam menjadikan proses sebuah file dapat dinikmati. Karena di dalam codec tersebut terdapat sebuah proses penyusunan audio dan visual hingga video bisa diputar. Namun bisa saja, file dengan container yang sama, salah satunya tidak bisa digunakan pada aplikasi video player sedangkan yang lainnya bisa. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembuatan codec sebuah video terdapat proses yang berbeda.

Jangan lewatkan: 8 Aplikasi Menggabungkan Foto Menjadi Video di Android

Menjalankan Video yang Tidak Didukung Oleh Android dan iPhone

menjalankan format video yang tidak didukung android dan iPhone
Seperti yang telah dijelaskan, sebuah file video tidak bisa diputar di video player yang terdapat di smartphone Anda karena masalah perbedaan codec yang tidak cocok. Codec video Anda tidak didukung oleh video player smartphone Anda.

Bagaimana solusinya?

Banyaknya aplikasi gratis video player yang terdapat di Play Store ataupun App Store, bisa Anda gunakan sebagai alternatif pemutaran video. Bisa jadi aplikasi tersebut dapat membaca codec video milik Anda yang tidak bisa dilakukan oleh video player bawaan smartphone Anda.

Demikian paparan tentang cara mengatasi video tidak didukung di android atau iPhone. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba serta menikmati video Anda.