Type something and hit enter

Cara mengatasi “Unfortunately the process app has stopped” di hp/smartphone Android - Bagi Anda, pengguna aktif smartphone dan Android, kecepatan dan ketepatan pengoperasian tombol dan signal internet harus selaras. Karena, jika pekerjaan mengharuskan Anda menyelesaikan pekerjaan saat itu juga, namun aplikasi yang Anda gunakan tiba-tiba berhenti dan keluar sendiri.

Ada beberapa aplikasi yang sering mengalami “Sayangnya aplikasi telah berhenti” diantaranya seperti BBM, WhatsApp, Google Play, Kamera, Galery, hingga permainan game online seperti sebut saja Clash Of Clans ataupun Mobile Legend yang sering sekali menghadapi dan mendapat permasalahan tersebut, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android.
mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti

Penyebab utama “Sayangnya aplikasi telah berhenti”

Sebelum masuk pada cara membenahi aplikasi yang tiba-tiba muncul tulisan “Sayangnya aplikasi telah berhenti” Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya,  seperti:

  • Menumpukknya File Cache. Sampah elektronik atau yanh biasa disebut cache dapat menjadi penghambat kelancaran jalannya aplikasi. Semakin menumpuknya cache, akan menganggu kinerja aplikasi tersebut
  • Aplikasi masih BETA  atau masih dalam tahap uji coba dan uji kelayakan. Aplikasi yang belum dirilis secara resmi, biasanya hanya digunakan untuk mengetes pasar pemakai aplikasi tersebut. Akan banyak masalah yang terjadi selama pemakaiannya yang akan menjadi catatan bagi developer aplikasi.
  • Aplikasi tidak sesuai atau tidak cocok di Android Anda. Beberapa versi android ada yang tidak menunjang suatu aplikasi. Jika dipaksakan untuk tetap memasang aplikasi tersebut, ini lah biasa yang menyebabkan aplikasi berhenti secara tiba-tiba
  • RAM Android yang sudah full. Memori RAM memang memiliki peranan penting dalam menyimlan berkas aplikasi. Jika RAM mengalami kepenuhan, maka kinerja smartphone akan terganggu dan melambat, sehingga akan berpengaruh pada aplikasi yang diinstal
  • Data aplikasi corrupt. Data yang berada pada suaty aolikasi bisa saja menjadi rusak oleh faktor tertentu sehingga menyebabkan aplikasi tidak dapat digunakan dan menutup sendiri ketika digunakan
  • Koneksi internet terputus. Hilangnya internet secara tiba-tiba, dapat menjadi kendala aplikasi tidak bekerja, bahkan aplikasi yang mengandalkan internet semenjak pertama kali dibuka, menolak untuk berjalan seperti biasanya
  • Hardware hp sudah usang dan tidak layak pakai. Hardware memang mempengaruhi segala aktivitas smartphone, jika sudah usang, aplikasi yang Anda instal pun akan ikut terpengaruh.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Game Android Close Tiba-tiba atau Keluar Sendiri

Mengatasi Masalah “Sayangnya aplikasi telah berhenti”

Lalu menyikapi permasalahan di atas, ada beberapa cara kerja dan cara mengatasi masalah tersebut. Berikut di bawah ini ulasan tersebut dan cara mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di Android,  yaitu:

Menumpuknya file cache

Anda bisa mulai membersihkan file Sampah pada Android Anda, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu pergi ke menu Pengaturan kemudian pilih menu Aplikasi lalu klik menu Terunduh dan berikutnya adalah Anda cukup cari aplikasi yang bermasalah dan file cachenya sudah penuh lalu cari opsi "Hapus Cache"

Update aplikasi

Jika hal ini yang terjadi, maka yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah Anda hanya perlu mengUpdate aplikasi yang terdapat peringatan “Sayangnya aplikasi telah berhenti” misalnya,  tulisam tersenut muncul ketika Adna sedang menggunakan aplikasi BBM, maka Anda perlu pergi ke pembaruan aplikasi pilih update lalu tunggu beberapa saat. Dan aplikasi Anda siap digunakan lagi

Restart Hp Android Anda

Dengan melakukan ini,  diharapkan Android Anda mendapat penyegaran kembali, dan memdinginkan Hp Anda yg panas dan tiba-tiba berhenti secara tiba-tiba.

Simak juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi RAM Android Yang Cepat Penuh

Flash 

Cara ini sebenarnya adalah cara paling terakhir yang bisa ditempuh dan sebenarnya sama sekali tidak direkomendasikan kepada Anda. Kenapa? Karena dengan melakukan Flash ulang atau Flashing kemungkinan besar Anda akan kehilangan sebagian atau bahkan keseluruhan data yang tersimpan.

Maka sebaiknya, jika memang jalan ini yang harus Anda ambil, ada baiknya Amda melakukan back up data. Maka dengan melakukan back up data, data Amda akan terselamatkan dan bisa tetap digunakan setelah Anda memFlash Android tersebut.

Koneksi internet terputus

Masalah koneksi internet terputus ini sebenarnya tergantung provider apa yang Anda gunakan. Karena masing-masing provider memiliki keunggulan dan kelemahan dalam berbagai segi. Misalnya provider A untuk harga lebih mahal namun ketahanan signal lebih bandel dan aman. Atau provide T untuk harga memang jauh lebih mirah dibandingkan yang lainnya,  namun jika terjadi hujan dan cuaca buruk, maka signalnya akan bermasalah.

Dan jika hal ini terjadi,  silahkan matikan terlebih dahulu koneksi data intermet Anda untuk beberapa saat. Jika sudaj,  hidupkan kembali. Semoga cara teraebut bisa membuat koneksi internet jadi lebih naik.

Demikiam tadi beberapa tips dan cara mengatsi “Sayangnya Aplikasi telah berhenti”. Semoga dapat memberikan informasi yang bisa menjadi referensi bagi Anda.