Type something and hit enter

Berikut ini adalah solusi aplikasi atau game Android tiba-tiba berhenti dan close sendiri atau force close. Apalagi jika lagi seru-serunya main game Mobile Legends lalu tiba-tiba close sendiri atau force close, tentu sangat menyebalkan bukan?

Aplikasi publik seperti Social & Messenger, Editor, dan Browser, berbeda dengan Aplikasi Game sehingga dapat dipastikan penyebab dari aplikasi keluar sendiri itu, antara lain terdapat file aplikasi yang rusak Smartphone terlalu Panas (Overheat), Ram penuh dan masih banyak lagi.

Cara mengatasi game Android close tiba-tiba atau keluar sendiri Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini.
Mengatasi Game Android Close Tiba-tiba atau Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Game Android Force Close atau Keluar Sendiri

Dengan mengetahui beberapa penyebab diatas maka saatnya Anda dapat mengatasinya sesuai dengan permasalahan yang sedang Anda hadapi. Ada beberapa tips cara mengatasi game Android close tiba-tiba atau keluar sendiri yang bisa Anda coba dan berikut tips – tipsnya.

1. Hapus Cache Game

Yang paling penting bagi smartphone Android Anda untuk tetap maksimal saat menjalankan permainan adalah dengan membersihkan file sampah atau file cache pada perangkat Android Anda. File sampah yang terakumulasi pada memori internal akan membuat kinerja smartphone menurun.

Selain itu, membersihkan file sampah juga akan membuat Game terlindungi dari force close dan macet tiba-tiba. Untuk menghapus file cache permainan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Masuk ke menu Settings, lalu tab pada Pengaturan Tambahan lalu menuju ke Manajemen Aplikasi setelah itu cari nama aplikasi game tersebut kemudian ketuk "Clear Cache".  Buka aplikasi game tersebut jika masih mengalami hal yang sama gunakan cara lain yang ada di bawah ini.

Simak juga: 5 Game Android Yang Bisa Menghasilkan Uang

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Selain membersihkan file sampah, Anda juga bisa menghapus data game Android Anda. Ini akan mengembalikan permainan ke posisi default, seperti memasang game baru. Tetapi, semua riwayat permainan dan file bookmark Anda akan kembali di posisi awal. Semua cache dan database juga akan dihapus.

Untuk melakukannya, berikut langkah – langkahnya:
Masuk ke menu Settings > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Nama”Aplikasi atua game” > Kemudian ketuk “ Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

3. Update Game

Pembaruan aplikasi game tidak hanya mendapatkan fitur terbaru, namun kerusakan atau bug pada aplikasi game juga akan diperbaiki. Untuk itu Anda perlu update di game Android Anda agar aplikasi game tidak keluar sendiri dan tidak menampilkan pesan pop up error.

4. Uninstall Game

Jika update game tetap tidak dapat mengatasi game Android yang keluar sendiri, maka lakukan uninstall pada aplikasi game tersebut. Kemudian Anda mendownload langsung melalui google play store.

Tapi sebelumnya, pastikan cache dan data game hilang semua sehingga proses download dan install berjalan lancar. Untuk menghapus aplikasi ini, lihat langkah-langkah di bawah ini.

Masuk ke menu Settings > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > " Nama Aplikasi "> Kemudian ketuk "Uninstall".

5. Matikan Smartphone Android

Matikan smartphone Android Anda, lalu keluarkan baterai, kartu SIM, dan kartu SD (Micro SD). Diamkan sebentar agar tidak ada daya masuk ke smartphone dan reboot Android Anda. Dengan cara ini, semoga Android Anda bisa normal dan bisa digunakan untuk bermain game dengan lancer.

Tips lainnya: 6 Cara Ampuh Mengatasi Lag di Android

6. Update Android OS

Jika OS Android Anda tidak kompatibel maka Anda harus memperbarui OS ke versi terbaru. Versi terbaru akan lebih aman dari versi lama. Minimum OS Android Anda sudah ada di Kitkat, Lollipop, Marshmallow, atau baru-baru ini.

7. Aktifkan Sambungan Internet

Jika game Anda sebelumnya keluar karena sambungan internet yang lambat maka Anda dapat memutuskan sambungan dan menyambung kembali koneksi internet Anda. Carilah lokasi dengan kualitas sinyal yang baik dan tidak terputus-putus. Jika ada area Wifi, coba hubungkan dengan Wifi yang ada, mungkin lebih cepat dari data internet Anda.

8. Factory Reset

Cara ini sangat beresiko karena ponsel Android Anda akan kembali ke pengaturan awal (Factory). Semua data aplikasi akan hilang, namun smartphone Android Anda akan sama seperti baru membeli.

Sebelum melakukan factory reset atau hard reset,  Cadangkan semua data dan file terlebih dahulu, Anda dapat menggunakan google drive untuk mebackup semua datanya. Untuk melakukan factory reset, silahkan lihat langkah-langkah di bawah ini.

Buka menu Settings > Addition > Create Backup and Reset > Kemudian tekan" Clear Application Data and Unblocked Applications ".