Type something and hit enter

Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak atau Tidak Berfungsi - Layar touchscreen sangat berperan penting dalam penggunaan gawai. Kadang-kadang tanpa kita sadari layar touchscreen iPhone menjadi tidak berfungsi. Sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari, misalnya layar sentuh (touchscreen) iPhone bergerak sendiri atau Anda mencoba menyentuh layar iPhone seperti swipe atau tap pada layar tapi justru tidak terjadi apa-apa.
Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak

Kemungkinan layar iPhone anda sedang bermasalah sehingga tidak hisa merespon sentuhan. Walaupun layar sentuh iPhone Anda tidak merespon, tapi anda masih bisa menggunakan tombol lain seperti Power, Volume atau Home maka Anda bisa mencoba memperbaikinya terlebih dahulu di rumah dengan beberapa cara di bawah ini.

Yang perlu Anda ketahii adalah beberapa penyebab touchscreen iPhone rusak bisa karena faktor hardware maupun software. Masing-masig memiliki cara tersendiri untuk memperbaikinya.

Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak yang pertama adalah denganmembersihkan layar.
Layar touchscreen iPhone yang Anda miliki mungkin terlalu sering digunakan dan jarang dibersihkan sehingga banyak partikel kotoran dari tangan yang menghalangi touchscreen untuk bekerja maksimal.

Minyak dari makanan, benda-benda lengket, tangan yang tidak bersih bisa menjadi penyebab touchscreen iPhone tidak merespon sentuhan karena terhalang kotoran. Lepaskan terlebih dahulu hard case, screen protector atau bumper iPhone. Kemudiam lepaskan casing atau pengaman layar iPhone.

Gunakan kain halus untuk bersihkan layar iPhone dengan cara mengusapkan kain halus tersebut dari atas ke bawah perlahan-lahan hingga tidak ada cairan, kotoran, atau makanan di layar touchscreen iPhone. Pastikan tangan, atau pena yang akan digunakan pada touchscreen iPhone dalam keadaan kering atau tidak basah saat menggunakannya.

Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak yang kedua adalah dengan melakukan restart atau hard reboot pada iPhone. Cara hard restart atau hard reboot iPhone tergantung dari model iPhone yang Anda gunakan. Cukup tekan tombol Home dan Power secara bersamaan beberapa detik hingga muncul logo Apple.

Atau untuk iPhone 7 dan model diatasnya Anda bisa menekan tombol Volume Down dan Power sekaligus beberapa detik hingga muncul logo Apple. Setelah restart iPhone dilakukan, kemungkinan touchscreen iPhone sudah kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: 3 Cara Instal 2 Aplikasi WhatsApp di iPhone

Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak yang ketiga adalah dengan membersihkan file junk, cache atau aplikasi yang tidak perlu. Salah satu penyebab touchscreen iPhone tidak merespon sentuhan bisa disebabkan oleh kapasitas penyimpanan iOS yang sudah penuh atau hampir hampir penuh. Cara mengecek kapasitas penyimpanan iPhone adalah melalui menu aplikasi Settings kemudian buka menu General, lalu Storage & Usage, ke  Manage Storage.

Ketika menemui space penyimpanan yang hampir penuh, ini bisa disebabkan oleh file junk dan cache dari  beberapa aplikasi iPhone yang Anda gunakan.  File junk dan cache bisa dibersihkan melalui setting masing-masing aplikasi. Apabila tidak terdapat space penyimpanan( ruang kosong) sekitar ratusan MB atau kalau perlu hingga satu GB, maka Anda harus menghapus beberapa aplikasi iOS yang sudah tidak digunakan lagi untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Beberapa aplikasi kadang berhenti tiba-tiba saat digunakan, sehingga memhuat layar touchscreen macet. Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak yang keempat adalah dengan update aplikasi tersebut. Tetapi setelah Anda melakukan update di App Store dan masih saja tidak merespon sentuhan maka Anda harus menghapus aplikasi iPhone tersebut.

Jika masih saja mengalami kegagalan fungsi touchscreen, maka anda bisa melakukan reset total melalui tombol iTunes. Jangan lupa, sebelum melakukan hard reset pastikan semua data telah tersimpan dalam icloud, karena setelah hard reset dilakukan semua data pada gawai anda akan hilang.

Layar touchscreen iPhone yang pecah karena terjatuh, maka Cara Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak hanyalah dengan menggantinya. Touchscreen pecah tidak akan bisa memfungsikan ataupun meresepon sentuhan yang ada. Anda bisa membeli touchscreen dan menggantinya sendiri di rumah.

Masih juga tidak berhasil memperbaiki Touchscreen iPhone Rusak?  Maka segeralah menghubungi Call Center Apple Indonesia atau menanyakan lebih lanjut ke Servis Center Resmi Apple terdekat di kota Anda. Mungkin anda tidak perlu Perbaiki Touchscreen iPhone Rusak jika masih memiliki garansi, Anda hanya perlu mengklaim garansi ke toko resmi Apple dimana Anda membelinya.